Kelebihan dan Kekurangan Poco X5 Pro 5G

Gambar Poco X5 Pro 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Poco X5 Pro 5G
  • Rilis Juni 2023
  • Layar 6.67 inci AMOLED 120Hz Dolby Vision HDR10+
  • Chipset Qualcomm SM7325 Snapdragon 778G 5G (6 nm)
  • GPU Adreno 642L
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 108 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast-charging 67W
  • Harga Rp 3.800.000-4.300.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Poco X5 Pro 5G dan Harganya
Pada kuartal pertama tahun 2023, POCO merilis produk terbaru dalam POCO X series, yaitu POCO X5 dan POCO X5 Pro, dengan fokus pada performa tinggi, daya tahan baterai, dan konfigurasi kamera yang canggih.

POCO X5 5G pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 24 Februari 2023. Meskipun begitu, banyak yang penasaran tentang kehadiran POCO X5 Pro 5G saat peluncuran. Namun, informasi resmi dari POCO Indonesia belum mengonfirmasi keberadaan POCO X5 Pro 5G.

POCO X5 Pro 5G akhirnya diumumkan lima bulan setelahnya, tepatnya pada 27 Juni 2023, bersamaan dengan seri POCO 5G lainnya. Kehadiran POCO X5 Pro 5G ini menarik perhatian karena mendapat antusiasme yang tinggi dari para penggemar.

Sebagai sub-brand dari Xiaomi, POCO selalu mengedepankan nilai lebih pada setiap produknya. Spesifikasi unggul dengan harga yang terjangkau menjadi ciri khas, bahkan seringkali produk POCO menawarkan fitur lebih baik dibandingkan ponsel kelas atas.

Kali ini, Tim Ponselhub akan membahas secara mendalam kelebihan dan kekurangan POCO X5 Pro 5G, varian yang lebih canggih dari POCO X5 standar. Ponsel ini berada di kategori harga menengah atau mid-range. Berikut adalah tabel yang merinci poin-poin kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan.

Kelebihan POCO X5 Pro 5G

Dari segi pemilihan chipset yang bertenaga, peningkatan fitur pada kamera dibanding generasi sebelumnya, hingga konektivitas yang canggih, hampir semua aspek POCO X5 Pro 5G dapat dianggap sebagai yang terbaik. Ayo, kita simak poin-poin keunggulan berikut ini!

Kualitas Layar Sebanding dengan Ponsel Flagship

Dalam hal kualitas layar, POCO X5 Pro 5G menunjukkan prestasi yang luar biasa. Ponsel ini beralih dari teknologi IPS LCD ke panel AMOLED, memberikan pengalaman visual yang lebih memukau. Layar yang dipasang mendukung tampilan 1 miliar warna 10-bit, meningkatkan kepuasan dalam menonton konten.

Layar POCO X5 Pro 5G telah mendapatkan sertifikasi HDR seperti Dolby Vision dan HDR10+, menghadirkan visual yang lebih kaya dan mendalam saat menikmati konten HDR di platform seperti YouTube.

Dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dan aspek rasio 20:9, layar ini menawarkan ketajaman sekitar 395 ppi. POCO juga memperkaya pengalaman visual dengan refresh rate 120 Hz, menghasilkan pergerakan layar yang sangat mulus dibandingkan dengan standar 60 Hz.

Desain punch hole sebagai tempat kamera depan membantu mengurangi bezel, meningkatkan pengalaman beraktivitas di ponsel secara menyeluruh. Bagi penggemar gim kompetitif, layar POCO X5 Pro 5G menawarkan touch sampling rate hingga 240 Hz, memungkinkan pengguna untuk merespons dengan lebih cepat.

Agar mata tidak cepat lelah pada tingkat kecerahan rendah, layar ponsel ini mendukung fitur PWM Dimming hingga 1920 Hz, mengurangi flicker yang sering muncul pada tingkat kecerahan rendah.

Untuk kecerahan, POCO X5 Pro 5G dapat mencapai tingkat tipikal hingga 500 nit dan puncak hingga 900 nit. Pengujian oleh GSM Arena mengkonfirmasi klaim ini dengan meraih 912 nit dalam mode otomatis dan 491 nit dalam mode slider dimaksimalkan.

POCO X5 Pro 5G juga mendukung empat mode refresh rate yang berbeda (30 Hz, 60 Hz, 90 Hz, dan 120 Hz). Untuk efisiensi daya, layar secara otomatis beralih ke 60 Hz saat layar statis, kembali ke 120 Hz saat berinteraksi dengan antarmuka. Mode 30 Hz terutama terasa saat menggunakan always on display dan saat menerima notifikasi.

Kinerja Unggul dengan Snapdragon 778G

POCO X5 Pro 5G menawarkan performa yang luar biasa berkat kehadiran chipset Snapdragon 778G yang mendukung jaringan 5G dan dibangun dengan fabrikasi 6 nm TSMC. Chipset ini merupakan pilihan umum untuk ponsel kelas menengah, memberikan performa gim terkini dengan koneksi jaringan yang stabil.

Snapdragon 778G memiliki tiga klaster, termasuk klaster prime core dengan satu unit Kryo 670 Prime (Cortex A78) berjalan pada frekuensi 2.4 GHz, klaster high performance Kryo 670 Gold (Cortex A78) pada frekuensi 2.2 GHz, dan klaster hemat daya Kryo 670 Silver (Cortex 55) dengan kekuatan 1.9 GHz. Chipset ini menggunakan set instruksi ARMv8.4-A, memiliki TDP (Thermal Design Power) sebesar 5 W, dan dilengkapi dengan pengolah grafis Adreno 642L (490 MHz).

Kehadiran Snapdragon 778G di POCO X5 Pro 5G merupakan peningkatan yang signifikan dari Snapdragon 695 yang digunakan pada POCO X4 Pro sebelumnya.

Hasil pengujian GSM Arena menunjukkan POCO X5 Pro 5G mencapai skor Geekbench 5 yang tinggi, yakni 781 poin pada single core dan 2930 poin pada multi-core. Skor ini menempatkannya sejajar dengan beberapa ponsel kelas menengah lainnya seperti Samsung Galaxy A52s 5G, Samsung Galaxy A53 5G, dan realme 10 Pro.

Dalam pengujian AnTuTu v9, POCO X5 Pro 5G meraih skor mencolok sebesar 531.398 poin, mengungguli POCO X4 Pro sebagai generasi sebelumnya.

Ponsel ini dilengkapi dengan sistem pendinginan yang handal untuk menghindari throttling dan overheating. Dalam uji CPU Throttling Test oleh GSM Arena selama 60 menit, POCO X5 Pro 5G berhasil mempertahankan kinerja terendah sebesar 90% dari performa puncak. Hal ini menunjukkan kemampuannya untuk menjalankan gim berat dalam waktu lama tanpa mengalami panas berlebih atau penurunan performa.

Pada uji coba Genshin Impact dengan pengaturan Medium pada 30 FPS, POCO X5 Pro 5G menunjukkan performa memuaskan tanpa adanya frame drop. Meskipun tidak mencapai frame rate 60 FPS, tetapi gameplay tetap lancar saat menjelajahi dunia terbuka. Untuk meningkatkan frame rate, pengguna dapat menyesuaikan pengaturan grafis sesuai keinginan.

Fitur Kamera yang Komprehensif

Di tengah tren pemangkasan fitur fotografi oleh sebagian produsen untuk mengatasi biaya di masa kelangkaan chipset, POCO X5 Pro 5G tetap menonjol dengan fitur kamera yang lengkap. Ponsel ini dibekali tiga kamera belakang dengan resolusi utama 108 MP (wide-angle), sensor 8 MP (ultrawide), dan kamera 2 MP (makro).

Perekaman video 4K pada 30 FPS dan perekaman 1080p pada 60 FPS menjadi fitur yang dihadirkan oleh perangkat ini. Meskipun tidak secara khusus disebutkan pada spesifikasi GSM Arena, ulasan dari sumber yang sama menegaskan adanya fitur always-on stabilization pada setiap mode perekaman.

Kamera utama menggunakan sensor 108 MP Samsung ISOCELL HM2 dengan ukuran 1/1.52 inci, yang sebelumnya juga digunakan pada POCO X4 Pro. Kamera ultrawide memanfaatkan sensor Samsung S5K4H7 ISOCELL Slim, sementara kamera makro 2 MP OmniVision 02B10 dengan aperture f/2.4 mampu mengambil foto close-up pada jarak 4 cm.

Kamera depannya dilengkapi dengan sensor OmniVision OV16A1Q beresolusi 16 MP dan ukuran sensor 1/3.06 inci, menggunakan filter quad bayer dengan fixed focus.

Hasil foto menunjukkan kualitas yang memuaskan dengan rentang dinamis yang baik dalam kondisi pencahayaan sulit. Mode malam memberikan eksposur yang memadai dengan tingkat noise yang rendah, sementara kamera ultrawide menunjukkan kinerja yang solid.

Baterai Tahan Lama dengan Fast Charging Cepat

POCO X5 Pro 5G dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh, standar untuk ponsel modern. Kapasitas baterai ini sebanding dengan pendahulunya, POCO X4 Pro.

Menurut POCO, ponsel ini dapat bertahan hingga 28 jam untuk pemakaian telepon, 14 hari pada mode siaga, 20 jam untuk pemutaran video, dan 21 jam untuk membaca dokumen. Pengujian benchmark PC Mark 3.0 memberikan skor ketahanan baterai sekitar 12 jam 15 menit, menunjukkan bahwa ponsel dapat bertahan sepanjang hari dengan berbagai aktivitas.

GSM Arena memberikan endurance rating 113 jam untuk POCO X5 Pro 5G, sebanding dengan Samsung Galaxy A53 5G. Menariknya, POCO X3 Pro, pendahulu dari seri ini, memiliki endurance rating yang sedikit lebih rendah yaitu 112 jam, meskipun memiliki kapasitas baterai lebih besar (5.160 mAh).

Meskipun sedikit lebih boros dibandingkan POCO X4 Pro dengan skor 119 jam, POCO X5 Pro 5G menunjukkan kinerja daya yang baik. Pengujian PC Mark 3.0 menunjukkan bahwa POCO X4 Pro dapat bertahan lebih lama selama 16 jam 57 menit.

POCO X5 Pro 5G juga dilengkapi dengan fast charging 67 W, termasuk charger dalam paket penjualan. Proses pengisian dari 0 hingga 100% hanya memerlukan waktu 50 menit, lebih cepat daripada POCO X3 Pro dengan fast charging 33 W yang memerlukan waktu 1 jam 8 menit.

Konektivitas Komprehensif

POCO X5 Pro 5G menawarkan konektivitas yang sangat lengkap, termasuk infrared port yang berfungsi sebagai remote universal untuk mengendalikan perangkat seperti TV dan AC. Kesamaan ini dengan pendekatan Xiaomi, perusahaan induk POCO, yang juga memprioritaskan keberadaan port infrared dalam sebagian besar produknya.

Konektivitas NFC juga hadir di POCO X5 Pro 5G, memungkinkan pengguna untuk mentransfer data antar perangkat dengan mudah saat berada dalam jarak dekat. Ini membuka kemungkinan untuk melakukan transaksi seperti pengecekan saldo eMoney atau eToll tanpa harus menggunakan ATM atau kasir minimarket.

Selain itu, POCO X5 Pro 5G mendukung Wi-Fi 6, memberikan pengalaman internet yang lebih cepat. Ini menjadi langkah pertama bagi seri POCO X untuk mendukung Wi-Fi 6, menggantikan dukungan Wi-Fi 5 pada POCO X4 Pro dan POCO X3 Pro sebelumnya.

Desain Yang Elegan dan Tahan Air

Desain POCO X5 Pro 5G menampilkan kesan elegan tanpa perlu mencolok, tetapi tetap mempertahankan identitas khas sebagai ponsel POCO. Desain ini berbeda dari POCO X3 Pro yang menonjolkan modul kamera bulat di tengah-tengah bodi.

Pada POCO X5 Pro 5G, modul kamera memiliki bentuk persegi yang umum, menampung tiga kamera dan lampu LED Flash. Uniknya, terdapat elemen visual berupa kotak persegi yang membentang dari modul kamera, menampilkan tulisan "POCO". Seperti kebanyakan ponsel POCO, varian warna kuning tetap menjadi opsi yang ikonik.

Selain warna kuning, terdapat juga varian hitam dan biru. Pada varian biru, modul kamera memiliki paduan warna yang serasi dengan seluruh bodi, memberikan tampilan yang menarik. Opsi ini cocok bagi pengguna yang menginginkan variasi desain yang lebih unik daripada modul kamera yang umumnya berwarna hitam.

POCO X5 Pro 5G juga tahan terhadap percikan air, dengan sertifikasi IP53. Hal ini menjadikannya cocok untuk digunakan di daerah dengan curah hujan tinggi, sehingga ponsel tetap dapat bertahan meski terkena tumpahan air minum atau hujan gerimis.

Kualitas Audio Premium dengan Stereo Speaker

POCO X5 Pro 5G memberikan pengalaman audio premium yang memuaskan, menjadi pilihan smartphone dengan kualitas visual dan audio yang optimal. Ponsel ini telah memenuhi standar kualitas tinggi dengan sertifikasi Dolby Vision dan Dolby Atmos.

Dengan konfigurasi stereo speaker, POCO X5 Pro 5G mampu menghasilkan suara imersif. Keunikan terletak pada penggunaan dua speaker, tidak hanya melibatkan earpiece sebagai kanal audio kedua, tetapi juga menampilkan speaker grille yang terletak di bagian atas.

Penggunaan mode peningkatan Dolby Atmos secara default memberikan pengalaman audio yang signifikan dengan peningkatan bass, volume, dan kejernihan suara yang matang. Ponsel ini meraih skor suara yang sangat baik dengan angka -24.9 LUFS.

Harga Terjangkau yang Menggoda

Salah satu daya tarik utama dari POCO X5 Pro 5G adalah harganya yang terjangkau. Di pasar global, ponsel ini dirilis dengan harga mulai dari 299 dolar AS atau sekitar Rp4,5 juta.

Di pasar Indonesia, harga POCO X5 Pro 5G tergolong sangat murah. Ponsel ini dibanderol mulai dari Rp3 jutaan, membuatnya menjadi pilihan menarik. Harga ini membuat POCO X5 Pro 5G menjadi pesaing serius bahkan bagi POCO X5 5G yang juga dijual dengan harga Rp3 jutaan. Meskipun tidak persis sama, tetapi harganya mendekati.

Untuk pasar Indonesia, POCO X5 Pro 5G dijual dengan harga Rp3.799.000 untuk varian RAM 6 GB dan penyimpanan 128 GB. Sementara varian RAM 8 GB dengan penyimpanan 256 GB dijual dengan harga Rp4.299.000. Harga ini sangat menggoda mengingat spesifikasi tinggi yang ditawarkan oleh ponsel ini.

Kekurangan POCO X5 Pro 5G

Sayangnya, seperti halnya produk lainnya, POCO X5 Pro 5G juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, di antaranya:

Tidak Tersedia Slot Memori Eksternal

Meskipun POCO X5 Pro 5G menawarkan opsi penyimpanan internal yang luas, yaitu 128 GB dan 256 GB pada standar UFS 2.2, sayangnya, ponsel ini tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal. Keterbatasan ini dapat menjadi kendala bagi pengguna yang menginginkan fleksibilitas untuk menambahkan ruang penyimpanan eksternal atau mentransfer kartu memori dari perangkat sebelumnya.

Bobot Bodi Agak Berat dan Belum Android 13

Dibandingkan dengan beberapa pesaingnya, POCO X5 Pro 5G memiliki bobot bodi yang agak berat, mencapai 181 gram. Meskipun tidak menjadi masalah besar, beberapa pengguna mungkin lebih memilih ponsel yang lebih ringan.

Selain itu, ponsel ini diluncurkan dengan Android 12, sedangkan beberapa pesaingnya, seperti realme 10 Pro+, telah dirilis dengan Android 13. Meskipun tidak menjadi kekurangan yang kritis, memiliki versi Android terbaru bisa menjadi nilai tambah dalam hal fitur dan keamanan.

MIUI 14 yang Lebih Ringan Tetapi Tetap Ada Iklan

POCO X5 Pro 5G membawa antarmuka MIUI 14 yang diklaim lebih ringan dan dioptimalkan untuk meningkatkan performa perangkat. Meskipun demikian, tetap ada keberadaan iklan atau bloatware, yang dapat menjadi hal yang mengganggu bagi sebagian pengguna.

Meskipun iklan ini mungkin dapat diterima mengingat harga yang kompetitif, bagi beberapa pengguna, pengalaman tanpa iklan mungkin dianggap lebih positif.

Kesimpulan

Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, POCO X5 Pro 5G menjadi penerus yang pantas untuk seri POCO X. Keunggulan "value for money"-nya sangat terasa, menghadirkan performa tinggi dan fitur kamera yang canggih.

Meskipun ada sedikit kekurangan, seperti bobot bodi yang agak berat dibandingkan pesaingnya, hal ini tidak terlalu mengganggu kenyamanan pengguna. Absennya slot memori eksternal juga dapat diatasi dengan penyimpanan internal yang luas (128 GB dan 256 GB) serta dukungan penyimpanan cloud.

Secara keseluruhan, POCO X5 Pro 5G menawarkan kombinasi yang mengesankan antara harga terjangkau, performa tinggi, dan fitur kamera yang menarik, menjadikannya pilihan menarik di pasar smartphone.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn