Review Kelebihan dan Kekurangan Realme 10

Realme 10 resmi diperkenalkan pada November 2022 lalu dengan harga banderol Rp 2 jutaan saja. Harus diakui lembar spesifikasinya sangat menarik sehingga tak heran Realme 10 sangat laris manis di pasar smartphone Indonesia.

HP Xiaomi
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme 10
  • Rilis November 2022
  • Layar 6.4 inci Super AMOLED 90Hz
  • Chipset MediaTek MT8781 Helio G99 (6nm)
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/128 GB, 8/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 2.500.000 - 3.200.000
Selengkapnya : Spesifikasi Realme 10 dan Harganya
Nah, bagi kalian yang ingin membelinya dalam waktu dekat, jangan lupa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan Realme 10 berikut ini.

Kelebihan Realme 10

Sebagai penantang ulung di range menengah, tentu saja Realme 10 wajib membawa kelebihan yang memikat. Penasaran? Ini dia deretan kelebihan Realme 10 yang akan kalian dapatkan.

Desain Trendi

Tanpa mengetahui spesifikasinya dan hanya menilik desainnya saja, tentu mayoritas pengguna smartphone setuju dengan mengatakan desain Realme 10 sangat eye-catching. Bukan sembarang HP kelas menengah, Realme 10 hadir dengan konsep desain Light Particles untuk menampilkan warna perangkat yang berbeda-beda dari berbagai sudut pandang.

Berbodi ramping dan ringan, diketahui Realme 10 punya ketebalan hanya 7.95 mm saja dan bobot 177 gram. Dengan kata lain ponsel ini menjamin ergonomi penggunanya dengan baik.

Panel AMOLED Full HD Plus

Kelebihan selanjutnya ada pada sektor layar dengan berpanel AMOLED Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) yang berukuran 6.4 inci. Realme menjanjikan laju penyegaran dan input sentuh yang lancar jaya dari perangkat ini dengan angka refresh rate hingga 90 Hz dan touch sampling rate mencapai 360 Hz.

Tak hanya itu saja, display Realme 10 juga memiliki dukungan Widevine L1 sehingga dapat digunakan untuk streaming berbagai konten favorit di platform seperti Netflix dengan asyik. Soal ketahanan layar, Realme melapisi layar HP ini dengan Gorilla Glass 5 dari Corning.

Chipset Kencang

Realme 10 menghadirkan performa kebut dari chip gaming yang terbenam di dapur pacunya. Kalian bisa mengandalkan MediaTek Helio G99 yang dikenal unggul dan hemat daya untuk HP kelas menengah dengan proses fabrikasi 6 nanometer. Dari 8 inti CPU yang dibawanya, ia menawarkan clock speed hingga 2.2 GHz. Sementara untuk proses grafis yang lancar jaya ditangani oleh GPU Mali G57 MC dengan frekuensi 950 MHz.

Ruang Penyimpanan Lapang

Chipset kencang pada Realme 10 tentu saja harus diiringi dengan kehadiran ruang penyimpanan lapang agar dapat menyokong performanya secara maksimal. Nah, dari perangkat ini kalian dapat memilih varian RAM antara 4/8 GB yang dipasangkan bersama memori internal sebesar 128/256 GB. Agar kinerjanya semakin luwes, Realme pun menyertakan dukungan RAM ekspansi hingga 8 GB.

Baterai Awet

Realme 10 juga memiliki kelebihan dari sektor dayanya yang punya kapasitas besar 5.000 mAh. Berbekal daya besar tersebut, ia mampu menemani aktivitas kalian seharian penuh tanpa buru-buru mengisi daya disertai Ultra Saving Mode. Realme pun tak lupa memberikan dukungan teknologi fast charging 33 Watt untuk mengisi ulang daya dalam waktu singkat.

50 MP Kamera

Realme 10 menyuguhkan konfigurasi kamera yang dipimpin oleh sensor utama 50 MP. Realme tidak lupa menyertakan fitur andalannya seperti Mode Street Fotography 2.0, Night Mode, Ultra Steady Video, hingga Panoramic View dan lainnyya. Kalian juga dapat mengandalkan kamera depannya yang punya resolusi 16 MP saat swafoto atau video call.

Kekurangan Realme 10

Meskipun tak dapat dipungkiri kelebihan Realme 10 sangat menggoda, jangan lupa untuk mempertimbangkan beberapa kekurangannya berikut ini.

Tidak Ada Kamera Ultrawide

Tidak semua orang menyukai kamera utama beresolusi besar. Sebagian pengguna Android juga memiliki pertimbangan tersendiri dalam memilih spesifikasi kamera ponsel, seperti kelengkapan konfigurasi atau fitur yang dibawanya. Sayang sekali Realme 10 hanya dapat menonjolkan kamera utama beresolusi besar saja karena tidak diiringi oleh kehadiran kamera sekunder penting seperti kamera utrawide.

Karena itulah Realme 10 belum bisa diandalkan apabila kalian ingin memotret dengan sudut pandang lebar. Padahal para pesaingnya sedang berlomba-lomba menawarkan setup kamera lebih lengkap lho.

Speaker Masih Mono

Realme kembali harus mengecewakan penggunanya yang berharap akan hadirnya speaker stereo pada Realme 10. Faktanya, HP yang satu ini hanya membawa speaker tunggal yang ditempatkan di bawah bodinya. Padahal sudah banyak ponsel Rp 2 jutaan yang memiliki keunggulan speaker stereo untuk output audio yang lebih baik.

Kendati demikian, Realme mengobati kekecewaan pengguna setianya dengan menghadirkan sertifikasi Hi-Res untuk mengoptimalkan volume speaker. Kalian juga masih bisa menikmati audio sepuasnya secara privat dengan mudah di ruang publik karena Realme 10 membawa port audio jack 3.5 mm.

Itulah sederet kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Realme 10. Soal speaker stereo dan kamera ultrawide yang masih absen pada perangkat ini tentu saja dapat ditoleransi apabila kalian fokus kepada selling point berupa baterai badak, performa unggul, hingga visualisasi layar yang memuaskan.

Realme 10
Rilis : November 2022
8/128 GB - Rp 3.200.000
4/128 GB - Rp 2.500.000
Beli disini

Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk harga terupdate selengkapnya, kunjungi halaman daftar harga HP Realme terbaru.

Disclaimer - Ponselhub.com tidak menjamin informasi pada halaman ini 100% akurat. Baca selengkapnya

Beli di Shopee
Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn