Review Kelebihan dan Kekurangan Realme C35

Berbicara tentang smartphone terjangkau, seri C dari Realme wajib masuk sebagai salah satu lini paling digemari di Indonesia. Realme C35 misalnya, sukses menarik perhatian sejak pertama kali diluncurkan dengan tampilan yang eye-catching.

Realme C35
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme C35
  • Rilis April 2022
  • Layar 6.6 inci IPS LCD
  • Chipset Unisoc Tiger T616 (12 nm)
  • GPU Mali-G57 MP1
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB, 4/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (macro), 0.3 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 2.150.000 - 2.350.000
Selengkapnya : Spesifikasi Realme C35 dan Harganya
Tertarik memilihnya sebagai daily driver tahun ini? Ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Realme C35

Realme C35 dibanderol dengan harga 2 jutaan dan menawarkan beberapa kelebihan berikut.

Desain Trendi

Bagi pencinta smartphone berdesain premium, tentu kehadiran Realme C35 sangat memikat. Pasalnya, ponsel ini membawa desain bodi flat dengan akses tipis dan kekinian. Realme menyebut desainnya dengan Dynamic Glowing Design dan diklaim sebagai ponsel paling tipis dan ringan dalam seri C lho.

Dua variasi warna yang dihadirkan Realme C35 untuk kalian adalah Glowing Green dan Glowing Black yang sama-sama terlihat mewah.

Layar Full HD Plus

Realme C35 menghadirkan tampilan unggul dengan ukuran layar 6.6 inci. Resolusinya sudah Full HD Plus (1080 x 2408 piksel) sehingga menjamin visualisasi yang memuaskan. Tak cukup sampai di situ saja, ada klaim kepadatan layar hingga 401 ppi dan mendukung kecerahan hingga 600 nits yang artinya tidak perlu ragu soal visibilitasnya.

Menariknya lagi, selain disebut sebagai smartphone paling tipis dan paling ringan di C Series Realme, ponsel yang satu ini juga menjadi ponsel Realme pertama di seri ini yang sudah mendukung tampilan Full HD Plus. Sangat istimewa bukan?

Baterai Badak

Kelebihan selanjutnya yang patut diacungi jempol adalah soal ketahanan daya. Realme C35 mengemas daya baterai 5.000 mAh yang tergolong badak di kelasnya. Ia bisa bertahan seharian penuh dengan penggunaan standar sehingga dapat diandalkan untuk tugas harian dengan nyaman.

Untuk mendampingi kapasitas daya baterai besar tersebut, Realme membekali Realme C35 dengan teknologi fast charging 18W.

Kamera Utama 50 MP

Ingin punya smartphone dengan kamera utama beresolusi besar? Maka Realme C35 dapat menjawab keinginan kalian. Di bagian punggungnya, tersemat sensor utama 50 MP yang siap mengabadikan momen berharga dengan jelas dan solid. Untuk kamera pendampingnya, Realme menyertakan sensor makro 2 MP dan depth 0.3 MP. Beberapa fitur unggulannya meliputi PDAF, HDR, dan kemampuan video recording hingga 1080p pada 30 fps.

Sementara untuk keperluan selfie atau pun video call, Realme C35 menyuguhkan resolusi kamera depan 8 MP yang masih banyak ditemui di kelasnya.

Ruang Penyimpanan Lapang

Realme C35 juga turut menyuguhkan kelebihan berupa lapangnya ruang penyimpanan. Hal ini termasuk penting mengingat kapasitas penyimpanan sebuah smartphone seringkali menjadi pertimbangan utama ketika ingin membeli smartphone baru. Kalian akan mendapatkan kapasitas RAM 4 GB yang dipasangkan bersama memori internal 64 GB atau 128 GB. Jika masih kurang, Realme C35 punya slot microSDXC yang bisa dimanfaatkan untuk ekspansi penyimpanan eksternal.

Kekurangan Realme C35

Berada di segmen entry-level, tentu saja Realme C35 punya beberapa kekurangan yang mesti kalian pertimbangkan, yakni sebagai berikut.

Ditenagai Chipset Kalah Saing

Kekurangan pertama yang harus kalian pertimbangkan adalah Realme C35 masih ditenagai oleh chipset kalah saing dari pesaingnya. Pada sektor dapur pacunya kalian akan menemukan chipset Unisoc T616 yang memiliki CPU Octa-core dengan kecepatan maksimum di angka 2.0 GHz yang dibangun melalui proses manufaktur 12 nanometer.

Belum Mendukung Fitur NFC

Hadirnya fitur NFC pada sebuah smartphone menjadi salah satu pertimbangan penting dalam memilih sebuah daily driver. Pasalnya, fungsi dari fitur ini memang sangat membantu kegiatan sehari-hari untuk transmisi data bebas kontak. Kalian bisa melakukan top up atau hanya sekedar cek saldo e-money dengan mudah menggunakan fitur NFC. Sayangnya, Realme belum menyediakan NFC pada Realme C35 sehingga kekurangan ini wajib dipertimbangkan kembali.

Sistem Operasi Belum Update

Sebagai smartphone baru yang diluncurkan tahun 2022, Realme C35 seharusnya sudah menawarkan sistem operasi baru minimal Android 12 untuk memudahkan update sistem bagi pengguna setianya. Namun pada kenyataannya, Realme C35 hadir dengan OS Android 11 saja yang berarti fitur dan aksesnya masih versi lama. Apakah kekurangan yang satu ini bisa kalian toleransi?

Tidak Memiliki Kamera Ultrawide

Meskipun kamera utama Realme C35 hadir dengan resolusi besar, namun setup kameranya masih kurang memuaskan bagi sebagian pengguna. Pasalnya, kombinasi tiga kamera belakang Realme C35 dinilai gimmick karena yang paling memuaskan hanya sensor utamanya saja. Realme juga tidak menyertakan kamera ultrawide pada perangkat ini yang membuatnya agak kalah saing dengan para rivalnya.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Realme C35 yang wajib kalian ketahui. Terlepas dari empat kekurangannya, kelebihan Realme C35 masih bisa ‘menutupi’ poin minusnya sehingga ponsel cantik yang satu ini dapat dikatakan worth it to buy.