Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A33 5G

Samsung semakin gencar melakukan upgrade smartphone terbarunya untuk semua segmen. Bagi kalian penggemar ponsel mid-range, ada Samsung Galaxy A33 5G yang siap dipilih sebagai daily driver terbaru tahun ini.

Samsung Galaxy A33 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A33 5G
  • Rilis April 2022
  • Layar 6.4 inci Super AMOLED 90Hz
  • Chipset Exynos 1280 (5 nm)
  • GPU Mali-G68
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB, 8/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 13 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 4.700.000 - 5.500.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A33 5G dan Harganya
Punya harga banderol 4 jutaan, ada sejumlah kelebihan yang membuatnya pantas untuk dipilih. Selain itu, ada pula beberapa kekurangan yang tidak kalah penting untuk dibahas. Yuk, ketahui kelebihan dan kekurangannya berikut.

Kelebihan Samsung Galaxy A33 5G

Rilis pada April 2022 lalu, Samsung Galaxy A33 5G membawa deretan kelebihan berikut ini.

Desain Kekinian dan Bodi Kuat

Samsung Galaxy A33 5G tampak menonjolkan aspek desain dengan panel belakang flat sehingga nyaman digunakan. Ia mengusung finishing matte yang menjadikan bodi perangkat tidak rentan terhadap sidik jari atau pun noda. Selain itu Samsung Galaxy A33 5G masuk dalam jajaran smartphone ringan dan ramping dengan ketebalan hanya 8.1 mm saja dan bobot 186 gram.

Meskipun menggunakan material polikarbonat, Samsung Galaxy A33 5G ternyata telah mengantongi sertifikasi IP67. Artinya perangkat ini dijamin tahan pada kedalaman air hingga 1m selama 30 menit dan tahan pula terhadap debu. Ada empat variasi warna Awesome yang dihadirkan pada Samsung Galaxy A33 5G, yakni Awesome Blue, Awesome Peach, Awesome Black, dan Awesome White.

Layar AMOLED Full HD Plus

Harga banderolnya yang di atas 3 juta tentu menuntut perangkat ini untuk membawa spesifikasi display yang memuaskan. Dibandingkan dengan pendahulunya, Samsung Galaxy A33 5G lebih memanjakan mata karena menggunakan panel AMOLED beresolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel).

Layar kaya warna ini mengusung rentang ukuran 6. 4 inci yang memiliki kecepatan refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz untuk aktivitas scrolling yang semakin nyaman. Apalagi ada klaim kecerahan maksimum hingga 800 nit yang secara praktis menjamin visibilitasnya saat digunakan di dalam maupun di luar ruangan.

Konfigurasi Kamera Mantap

Gemar memotret berbagai objek dan momen? Tenang, Samsung Galaxy A33 5G adalah salah satu jagoan dalam bidang fotografi. Ya, Samsung telah menyematkan setup quad-camera di bagian punggungnya yang dipimpin oleh sensor utama 48 MP dengan aperture f/1.8 dan sudah didukung OIS atau Optical Image Stabilization.

Kamera utama tersebut didampingi oleh kamera ultrawide 8 MP dengan sudut pandang hingga 123 derajat, kamera makro 5 MP, dan depth sensor 2 MP. Sementara untuk keperluan selfie dan video call Samsung Galaxy A33 5G menawarkan kamera depan beresolusi 13 MP. Menurut klaimnya, kamera utama Samsung Galaxy A33 5G bisa merekam video dengan resolusi hingga 4K pada 30 frame per detik lho.

Jaminan Update OS

Siapa nih yang enggan gonta-ganti smartphone dalam waktu yang lama? Kabar baik untuk kalian karena Samsung Galaxy A33 5G sudah dijamin bisa update OS hingga empat kali! Dirilis dengan menggunakan OS Android 12, artinya kalian tetap bisa menjajal fitur dan tampilan baru hingga Android 16. Tak lupa Samsung juga menjamin update patch keamanan selama 5 tahun. Menarik bukan?

Baterai Awet

Kelebihan selanjutnya yang menjadi kesukaan mayoritas pengguna Android adalah kapasitas baterai awet yang dikemasnya. Samsung Galaxy A33 5G memiliki baterai 5.000 mAh yang memang tergolong standar di kelasnya. Namun hal ini termasuk unggul karena mampu menemani aktivitas hingga 2 hari lamanya dengan penggunaan regular.

Performa Mantap

Ponsel yang satu ini diotaki oleh Exynos 1280 yang membawa CPU Octa-core dengan proses manufaktur 5 nanometer. Ia dapat menangani proses grafis dengan baik dan bermain game berat dengan maksimal sehingga bisa diandalkan untuk berbagai tugas harian. SoC 5G buatan Samsung ini dikombinasikan dengan RAM 6/8 GB dan memori internal sebesar 128/256 GB. Selain itu, tersedia pula RAM Plus hingga 8GB dan slot microSD yang dapat menampung hingga 1 TB.

Kekurangan Samsung Galaxy A33 5G

Meski spesifikasinya tidak downgrade, ponsel yang satu ini tetap memiliki beberapa kekurangan yang harus diperhatikan.

Fast Charge Hanya 25W

Rasanya sulit untuk mengalahkan para kompetitornya di segmen mid-range dengan hanya menyediakan dukungan teknologi pengisi cepat 25W. Tentu saja hal ini akan berpengaruh terhadap kecepatan isi ulang daya dibandingkan dengan perangkat lainnya yang sudah memiliki fast charge hingga 44W atau bahkan 120W.

Slot Hybrid

Kekurangan selanjutnya yang dibawa oleh Samsung Galaxy A33 5G adalah tipe slot hybrid. Artinya, Samsung meminta kalian untuk memilih antara dual SIM atau single SIM dan slot microSD.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A33 5G yang wajib kalian ketahui. Jangan sampai salah pilih ponsel baru untuk menemani aktivitas seharian ya. Semoga tulisan ini dapat membantu kalian.