Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A13

Salah satu jagoan Samsung dari seri A tahun ini adalah Samsung Galaxy A13. Harga jualnya yang berada di rentang 2 jutaan membuat pengguna Android sejati merasa penasaran hal-hal apa saja yang menjadikan perangkat ini layak untuk dipilih.

Samsung Galaxy A13
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A13
  • Rilis Maret 2022
  • Layar 6.6 inci PLS LCD
  • Chipset Exynos 850 (8nm)
  • GPU Mali-G52
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/128 GB, 6/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 5 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 15W
  • Harga Rp 2.500.000 - 2.700.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A13 dan Harganya
Beberapa poin mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A13 di bawah ini wajib untuk kalian ketahui lebih lanjut.

Kelebihan Samsung Galaxy A13

Memang tidak mudah bagi Samsung Galaxy A13 untuk mengalahkan para pesaing di kelasnya. Namun deretan kelebihan di bawah ini bisa kalian jadikan referensi untuk membandingkan Samsung Galaxy A13 dengan opsi smartphone lainnya.

Layar Full HD Plus

Komponen display tidak boleh terlewat dari perhatian saat akan membeli smartphone baru. Kabar baiknya, Samsung Galaxy A13 mengusung tampilan Full HD Plus (1080 x 2408 piksel) dengan kepadatan piksel 400 ppi. Alhasil, visualisasinya dijamin sangat nyaman dan tajam.

Layar 6.6 inci ini turut dilapisi oleh pelindung Corning Gorilla Glass 5 sehingga tahan terhadap retak atau goresan hingga 1.2 meter. Selain itu, ada sertifikasi Widevine L1 yang membuatnya bisa menampilkan akses konten platform streaming Netflix pada resolusi Full HD Plus atau menonton konten favorit di Amazon Prime Video. Menarik, ya?

Setup Kamera Unggul

Kelebihan selanjutnya yang akan ditemui pada perangkat ini adalah hadirnya setup kamera unggul di bagian punggung. Meski harganya hanya 2 jutaan saja, ternyata konfigurasi kameranya tergolong lengkap dengan sensor utama 50 MP yang didampingi oleh kamera ultrawide 5 MP, kamera makro 2 MP, dan sensor depth 2 MP. Sementara kamera selfienya menawarkan resolusi 8 MP yang termasuk standar di kelasnya.

Hadirnya quad-camera pada Samsung Galaxy A13 membuktikan bahwa ponsel yang satu ini sangat worth it to buy bagi kalian penggemar fotografi. Baik kamera depan maupun kamera belakangnya, Samsung Galaxy A13 punya klaim kemampuan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080 piksel pada 30 frame per detik.

Baterai Berkapasitas Jumbo

Samsung Galaxy A13 mengemas daya baterai berkapasitas besar yang memiliki ketahanan hingga 2 hari. Baterai 5.000 mAh pada smartphone ini mampu menemani aktivitas seharian jika digunakan dengan intensitas regular.

Ruang Penyimpanan Lapang dan RAM Plus

Samsung Galaxy A13 menawarkan kapasitas penyimpanan yang tidak sempit untuk kalian yang anti terhadap lag atau lemot ketika membuka banyak aplikasi sekaligus. Ya, di Indonesia ponsel yang satu ini tersedia dalam pilihan RAM 4/6 GB. Ia mempunyai dukungan RAM Plus hingga 6 GB sehingga performanya sangat efisien dan lancar.

Untuk kapasitas penyimpanan internal, Samsung Galaxy A13 memiliki ruang sebesar 128 GB yang masih bisa pula diperluas dengan ekspansi eksternal melalui slot microSD. Kalian dapat menambah kapasitasnya hingga 1 TB lho!

Hadir dengan Android 12

Sistem operasi Android juga tak kalah penting untuk diperhatikan ketika membeli ponsel anyar. Untungnya Samsung mengerti akan hal ini sehingga kalian sudah bisa menjajal fitur dan tampilan terbaru yang lebih oke dari Android 12 pada Samsung Galaxy A13. Selain itu, user interface-nya juga dinilai sangat nyaman berkat One UI 4.1 Samsung yang lebih fresh.

Menggunakan Triple Slot SIM

Samsung Galaxy A13 adalah salah satu ponsel kekinian yang masih menggunakan Triple SIM Slot Trype atau tiga slot kartu. Artinya, kalian bisa menggunakan dual SIM sembari menyematkan microSD sekaligus, tidak seperti slot hybrid.

Kekurangan Samsung Galaxy A13

Setelah membahas mengenai kelebihannya, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa poin yang menjadi kekurangan Samsung Galaxy A13 berikut ini.

Layar PLS Berponi

Layar lebar beresolusi Full HD+ dari Samsung Galaxy A13 rupanya harus mengorbankan tipe panel yang digunakan. Kalian tidak bisa mengharapkan warna solid dari panel AMOLED karena ponsel ini hanya menggunakan PLS TFT saja. Ia pun masih menggunakan tipe layar Infinity-V alias layar berponi yang kurang oke dibandingkan rivalnya dengan layar punch-hole. Lebih parahnya lagi, Samsung tidak menawarkan kecepatan refresh layar di atas 60 Hz dari Galaxy A13 sehingga kalah telak di kelasnya.

Chipset Kurang Powerful

Selanjutnya yang harus dipertimbangkan dengan matang terutama untuk yang gemar bermain game adalah mengenai dapur pacu. Samsung Galaxy A13 diotaki oleh Exynos 850 yang memiliki CPU Octa-core dengan kecepatan maksimum 2.0GHz melalui proses manufaktur 8nm. Chipset ini kurang bertenaga untuk memainkan game berat dengan grafik tinggi. Apalagi Samsung juga telah menyematkan chipset yang sama pada smartphone lebih murah miliknya seperti Galaxy M12.

Dua kekurangan Samsung Galaxy A13 di atas masih bisa ditoleransi karena poin kelebihannya memang cukup menggoda. Overall, smartphone cantik ini cocok untuk yang membutuhkan daily driver tahan lama berlayar besar.