Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A23

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A23
Sedang mencari HP andalan berbekal budget 3 juta? Maka Samsung Galaxy A23 bisa jadi salah satu opsi utama. Smartphone 4G ini membawa sejumlah kelebihan yang membuatnya tampak menonjol dan bersaing ketat di segmen menengah.

Samsung Galaxy A23
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A23
  • Rilis Maret 2022
  • Layar 6.6 inci PLS LCD 90Hz
  • Chipset Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 5 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 3.500.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A23 dan Harganya
Kendati demikian, jangan lupa untuk mempertimbangkan kekurangannya agar kalian tidak salah pilih. Mari ketahui kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A23 berikut untuk mengenal perangkat ini lebih jauh.

Kelebihan Samsung Galaxy A23

Ada sejumlah serangkaian fitur dan spesifikasi unggulan yang menjadikan Samsung Galaxy A23 tampak sangat menggoda. Beberapa poin yang menjadi kelebihannya adalah sebagai berikut.

Performa Mantap

Kelebihan pertama yang menjadikan Samsung Galaxy A23 sangat worth it buy adalah dapur pacunya yang diotaki oleh Snapdragon 680 besutan Qualcomm. SoC 4G yang populer di smartphone mid-range ini punya klaim kinerja yang unggul dengan CPU Octa-core mantap. Performanya dapat diandalkan dengan clock speed maksimum hingga 2.4 GHz dan memiliki komponen pengolah grafis GPU Adreno 610.

Karena dapat menangani multitasking berat, Samsung Galaxy A23 tentu didukung oleh kapasitas penyimpanan yang lapang. Di Indonesia perangkat ini hadir dengan konfigurasi RAM 6 GB yang dipasangkan bersama memori internal 128 GB. Samsung mengkombinasikannya dengan RAM Plus hingga 6 GB dan kalian masih bisa menambah ruang eksternal melalui microSD hingga 1 TB. Sangat lengkap bukan?

Kamera Quad dengan OIS

Perangkat ini juga membawa kelebihan berupa setup empat kamera belakang yang mendukung hobi fotografi. Jajaran lensa kameranya dipimpin oleh kamera utama 50 MP dan ditemani oleh kamera ultrawide 5 MP, kamera makro 2 MP, dan depth sensor 2 MP. Sementara kamera depannya punya resolusi standar 8 MP saja.

Kelebihan Samsung Galaxy A23 tidak hanya terletak pada kombinasi kameranya yang mantap. Ada pula penstabil gambar OIS atau Optical Image Stabilization untuk membuat hasil konten jauh lebih solid karena tidak goyah. Bahkan, Samsung mengklaim detail video yang akan kalian dapatkan lebih halus meskipun berada di tempat minim cahaya. Resolusi rekaman video yang diklaim oleh Samsung Galaxy A23 mencapai 4K pada 30 fps sehingga sayang untuk dilewatkan.

Baterai Besar dan Fast Charge

Samsung Galaxy A23 masuk dalam jajaran smartphone unggul mengenai ketahanan daya. Pasalnya, ada kapasitas daya besar 5.000 mAh yang bisa bertahan hingga 2 hari lamanya tanpa buru-buru mengisi ulang. Samsung tentunya sudah menyertakan dukungan teknologi fast charging 25W pada perangkat ini sehingga tak perlu risau mengenai kecepatan input saat mengisi ulang daya.

Konektivitas dan Sensor Lengkap

Perangkat ini membawa konektivitas lengkap dan deretan sensor yang mendukung perannya sebagai daily driver. Mulai dari port audio jack 3.5 mm stereo, dukungan fitur NFC, hingga sensor side-mounted fingerprint telah tersedia pada Samsung Galaxy A23. Kelengkapan sensor lain seperti sensor gyro, virtual cahaya, hingga geomagnetic sensor dan lainnya siap digunakan secara maksimal.

Bodi Kompak

Samsung Galaxy A23 disebut memadukan desain minimalis dan kekinian. Bodinya tampak ramping dengan warna klasik yang terkesan premium sehingga cocok untuk kalian pencinta smartphone eye-catching. Pilihan warnanya tersedia dalam variasi Peach, Blue, dan Black yang masing-masing bernuansa seamless.

Membawa finishing agak glossy, smartphone cantik yang satu ini memiliki rangka bodi flat yang nyaman digenggam dengan bobot 195 gram dan ketebalan 8.4 mm.

Kekurangan Samsung Galaxy A23

Kurang lengkap rasanya jika membahas kelebihan tanpa mengetahui kekurangannya. Oleh sebab itu beberapa kekurangan Samsung Galaxy A23 di bawah ini wajib untuk dikulik kembali.

Masih Menggunakan Panel PLS TFT

Dibanderol 3 jutaan, sangat disayangkan Samsung Galaxy A23 masih menggunakan panel PLS TFT. Meski resolusinya sudah Full HD Plus (1080 x 2408 piksel) dengan ukuran layar 6.6 inci, tentu saja kualitasnya masih kalah dengan panel AMOLED yang lebih tajam dan hemat daya. Apalagi saat ini sudah banyak tersedia pilihan smartphone anyar yang menawarkan spesifikasi layar lebih oke di harga yang sama.

Speaker Mono

Samsung menyertaan teknologi Dolby Atmos dan output audio stereo yang bisa dinikmati melalui headset pada perangkat ini. Namun untuk speakernya sendiri, Samsung Galaxy A23 hanya dibekali speaker tunggal atau mono sehingga kualitas audionya kurang ‘nendang’ untuk mendengarkan suara tanpa jack audio.

Tanpa IP Rating

Bagi kalian yang memperhatikan ketahanan bodi, tentu akan kecewa ketika mengetahui bahwa Samsung Galaxy A23 belum mengantongi IP Rating. Artinya, Samsung tidak menjamin ketahanan debu atau pun air pada perangkat ini sehingga harus ekstra hati-hati menggunakannya di ruangan terbuka.

Terlepas dari tiga kekurangan Samsung Galaxy A23, perangkat ini punya banyak kelebihan yang menjadikannya sangat affordable untuk dimiliki. Sudah siap menjajal performa unggul Samsung Galaxy A23?

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn