Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Xcover 5

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Xcover 5
Apakah kalian termasuk pekerja industri yang menghabiskan waktu sebagian besar di lapangan? Kalau begitu Samsung Galaxy Xcover 5 adalah pilihan daily driver yang affordable.

Samsung Galaxy Xcover 5
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 5
  • Rilis Maret 2022
  • Layar 5.3 inci PLS IPS
  • Chipset Exynos 850 (8nm)
  • GPU Mali-G52
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB
  • Kamera Belakang 16 MP
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Ion 3000 mAh, Fast charging 15W
  • Harga Rp 4.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 5 dan Harganya
Ya, Samsung memang menargetkan para pekerja lapangan atau kalian yang gemar menghabiskan waktu di outdoor karena ketahanan bodinya yang terjamin. Mari mengenal lebih jauh kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Xcover 5 berikut.

Kelebihan Samsung Galaxy Xcover 5

Hadir dengan spesifikasi khas ponsel tahan banting, Samsung Galaxy Xcover 5 membawa beberapa kelebihan sebagai berikut.

Ketahanan Bodi Tangguh

Bukan smartphone biasa, Samsung Galaxy Xcover 5 memadukan kekuatan bodi dengan ergonomis yang juara di kelasnya. Ponsel dengan harga banderol 4 jutaan ini memiliki lebar 71.6 mm dan ketebalan 9.2 mm sehingga sangat pas untuk masuk ke dalam saku. Bobotnya hanya 172 gram saja sehingga terasa ringan untuk dibawa kemana-mana.

Menariknya lagi, Samsung menyertakan perangkat ini dengan sertifikasi standar militer MIL-STD-810H sehingga mampu bertahan di tengah kondisi medan yang ekstrim sekalipun dan tahan retak meski jatuh dari ketinggian 1.5 meter. Samsung Galaxy Xcover 5 juga dijamin ketahanannya dari debu, kotoran, ataupun air karena dibekali dengan sertifikasi IP Rating IP68.

Memiliki XCover Key

Tidak ingin repot mengoperasikan handphone saat sedang bekerja di luar ruangan? Tenang, Samsung Galaxy Xcover 5 membawa fitur XCover Key untuk memudahkan pengguna. Fungsinya merangkap sebagai akses satu kali sentuh ke berbagai aplikasi yang sering kalian pakai. Saat sedang butuh aplikasi scan barcode atau QR code misalnya, XCover Key dapat membantu membuka aplikasi dengan mudah.

Tidak hanya itu saja, fitur efisien yang satu ini juga bisa berfungsi sebagai Walkie-talkie dan menjalankan Samsung Knox Capture. Sangat multiguna kan?

Layar Responsif

Ungkapan ‘kecil-kecil cabai rawit’ sangat pas untuk menggambarkan Galaxy Xcover 5. Pasalnya, meskipun berbodi mini, layar perangkat ini sangat responsif. Samsung memilih untuk menyematkan panel PLS TFT yang dijamin merespon sentuhan tangan dengan lebih sensitif. Ukuran layarnya memiliki bentang 5.3 inci dengan resolusi HD Plus (720 x 1480 piksel).

Kendati menggunakan sarung tangan, layar Galaxy Xcover 5 masih bisa merespon sentuhan karena membawa teknologi yang diberi nama Glove Touch sehingga sangat efisien untuk akses cepat ketika bekerja. Sedangkan untuk proteksinya, Samsung melapisi display Galaxy Xcover 5 dengan Corning Gorilla Glass. Masih ragu dengan kualitasnya?

Performa Andal

Kelebihan selanjutnya yang ditawarkan oleh Galaxy Xcover 5 adalah dapur pacu mumpuni. Performanya tentu saja termasuk andal karena ditenagai oleh chipset buatan Samsung sendiri, yakni Exynos 850. SoC kuat tersebut memiliki CPU delapan inti dengan kecepatan maksimum di angka 2.0 GHz dan bekerja sama dengan komponen kartu grafis GPU Mali-G52.

Kinerja perangkat ini dibantu oleh kapasitas RAM 4 GB yang disandingkan dengan memori internal sebesar 64 GB. Jangan risau jika membutuhkan ruang tambahan karena ada slot microSD khusus untuk ekspansi penyimpanan eksternal.

Baterai Awet dan Tahan Lama

Samsung menyertakan daya baterai 3.000 mAh pada Galaxy Xcover 5 yang memang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan competitor di segmennya. Namun jangan dulu kecewa karena jeroan Galaxy Xcover 5 sudah membawa proses manufaktur 8 nanometer, tentu efisiensi dayanya bisa diandalkan. Apalagi Samsung juga mengklaim bahwa smartphone yang satu ini bisa bertahan hingga 56 jam lamanya lho.

Sementara untuk mengisi daya, Galaxy Xcover 5 punya dukungan teknologi fast charge 15W dan konektor POGO pin.

Tersedia NFC

Sebagai salah satu jagoan Samsung, tentu saja Galaxy Xcover 5 tidak ketinggalan dalam hal menyediakan fitur terkini. Kalian bisa memanfaatkan fitur NFC kapan saja untuk berbagai kebutuhan mulai dari transfer data hingga pembayaran tanpa sentuh.

Kekurangan Samsung Galaxy Xcover 5

Beberapa kekurangan yang perlu kalian pertimbangkan jika memilih Galaxy Xcover 5 adalah sebagai berikut.

Spesifikasi Kamera Kalah Saing

Samsung Galaxy Xcover 5 sepertinya tidak cocok untuk kalian yang mendambakan ponsel fotografi. Secara total, adadua kamera yang disematkan Samsung pada perangkat ini yang mencakup kamera 16MP di bagian punggung dan 5MP sebagai kamera selfie. Keduanya sama-sama kurang maksimal dan sulit untuk unggul dibandingkan para kompetitornya yang sudah menawarkan setup triple atau bahkan quad-camera beresolusi besar.

Tidak Memiliki Sensor Fingerprint

Smartphone yang satu ini tidak menawarkan sensor biometric berupa fingerprint sehingga kalian harus menggunakan opsi lain untuk buka kunci ponsel seperti face unlock. Hal ini tentu saja sedikit merepotkan untuk sebagian pengguna apalagi untuk yang terbiasa mengandalkan sensor sidik jari sebagai sistem keamanan kunci smartphone.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Galaxy Xcover 5 yang wajib digaris bawahi. Terlepas dari dua kekurangan tersebut, kelebihan Galaxy Xcover 5 membuatnya sangat worth it to buy untuk daily driver para pekerja industri dengan mobilitas tinggi.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn