Review Kelebihan dan Kekurangan iPhone SE 2022

Apple iPhone SE (2022) adalah anggota generasi ke tiga dari Apple untuk seri iPhone SE. Perangkat yang satu ini dibanderol lebih murah dari smartphone Apple lainnya di tahun ini, yakni di harga 8 jutaan saja.

Apple iPhone SE (2022)
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi iPhone SE (2022)
  • Rilis Maret 2022
  • Layar 4.7 inci Retina IPS LCD
  • Chipset Apple A15 Bionic (5 nm)
  • GPU Apple GPU (4-core graphics)
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB, 4/128 GB, 4/256 GB
  • Kamera Belakang 12 MP (wide)
  • Kamera Depan 7 MP
  • Baterai Li-Ion 2018 mAh, Fast charging 20W
  • Harga Rp 8.400.000 - 10.200.000
Selengkapnya : Spesifikasi iPhone SE (2022) dan Harganya
Sebagian dari kalian mungkin sudah menargetkan iPhone SE (2022) yang membawa peningkatan spesifikasi dari pendahulunya. Namun sebelum memilihnya sebagai daily driver terbaru, mari simak beberapa kelebihan dan kekurangan Apple iPhone SE (2022) berikut.

Kelebihan iPhone SE (2022)

Semakin hari popularitas Apple semakin tinggi sehingga tak heran banyak yang menjadikan iPhone sebagai perangkat andalan untuk tugas harian. Beberapa kualitas Apple iPhone SE (2022) terangkum dalam beberapa kelebihannya berikut ini.

Ditenagai Chipset A15 Bionic Apple

Selain jajaran seri iPhone 13, perangkat ini juga ditenagai oleh prosesor anyar dari Apple, yakni A15 Bionic. Tentu saja flagship Apple erat kaitannya dengan inovasi maka tidak heran jika CPU Hexa-core dengan fabrikasi 5 nm ini menjamin performa gahar. Kinerjanya lancar jaya berkat komponen chip yang punya clock speed hingga 3.22GHz.

Chipset A15 Bionic membuat iPhone SE (2022) memiliki dukungan jaringan 5G. Selain itu, neural engine 16 inti dan GPU 4 inti pada SoC ini menjadi dukungan yang paling penting untuk menghadirkan fitur dan performa baru pada perangkat ini mulai dari kecepatan proses yang lebih optimal hingga dukungan rendering yang lebih kencang.

Pada iPhone SE (2022), jeroannya berkombinasi dengan kapasitas penyimpanan yang tak kalah lega. Apple menyediakan RAM 4GB dengan memori internal yang bervariasi antara 64GB, 128GB, dan 256GB. Kalian bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan budget.

Bodi Kompak dan Mini

Ponsel yang satu ini punya layar IPS LCD yang memiliki rentang ukuran 4.7 inci. Display yang tidak terlalu besar ini cocok bagi kalian yang tidak tertarik pada persaingan layar lebar smartphone masa kini. Meskipun resolusinya masih HD Plus (750 x 1334 piksel) saja, namun kerapatan layar iPhone SE (2022) tergolong ciamik karena berada di angka 326 ppi.

Untuk standar warna yang memanjakan mata dan kenyamanan dalam melihat konten, iPhone SE (2022) mendukung DCI-P3 dan HDR10. Menariknya lagi, ponsel ini disebut-sebut sebagai smartphone perdana Apple yang bermaterial aluminium carbon free.

Soal ergonomis, iPhone SE (2022) tentu sangat kompak dengan dimensi 138.4 x 67.3 x 7.3 mm yang secara keseluruhan membawa bobot 144 gram. Apple memberikan proteksi glass di bagian depan dan belakang dan sudah mengantongi sertifikasi IP67 untuk menjamin ketahanannya dari air dan debu.

Fitur Kamera Lengkap

Tidak dapat disangkal bahwa kualitas jepretan dari kamera iPhone memang menawan. Dari iPhone SE (2022) kalian akan memperoleh dukungan fitur lengkap karena neural engine A15 Bionic membuatnya memiliki beberapa kemampuan mumpuni mulai dari Photographic Style hingga Smart HDR 4.

Menurut klaimnya, kamera utama iPhone SE (2022) mendukung perekaman video hingga resolusi 4K pada 60 frame per detik. Tak hanya itu saja, pada seluruh kameranya terdapat penstabil video sehingga cocok bagi kalian yang hobi membuat konten video.

Memiliki Touch ID

Jika ada di antara kalian yang kecewa dengan iPhone anyar tanpa sistem biometric Touch ID, hal itu tidak berlaku pada iPhone SE (2022). Pasalnya ponsel yang satu ini dibekali Touch ID yang berada pada tombol Home sehingga lebih efisien dan disukai. Sensor fingerprint Touch ID pada iPhone memang lebih simple karena membuka kunci ponsel dengan mudah meski Apple juga menyediakan Face ID.

Kekurangan iPhone SE (2022)

Setelah membicarakan kelebihan iPhone SE (2022), tentu tidak adil rasanya jika tidak membahas pula mengenai kekurangan perangkat ini. Pertimbangkan hal-hal di bawah ini sebelum memboyong iPhone SE (2022) di retail kesayangan kalian.

Resolusi Kamera Tergolong Kecil

Apple memang menawarkan fitur dan teknologi menawan yang dapat membantu penggunanya mengabadikan momen dengan lebih mudah. Namun sayangnya resolusi kamera pada iPhone SE (2022) ini masih tergolong kecil. Kamera utamanya memiliki resolusi 12MP standar sementara kemera depannya hanya 7MP saja.

Desain Monoton

Sudah jadi rahasia umum bahwa Apple cenderung menghadirkan desain iPhone yang relatif sama dengan pendahulunya. Hal ini tentu menjadi pertimbangan penting bagi pengguna masa kini yang lebih memilih desain yang variatif. Dengan harga 8 jutaan namun sisi desainnya itu-itu saja tentu iPhone SE (2022) sulit bersaing karena kurang stylish.

Perangkat ini punya keunggulan yang lebih cocok untuk kalian yang mementingkan aspek fungsionalitas daripada tampilan. Mulai dari kinerja kebut hingga bodi iPhone SE (2022) yang pas untuk dimasukkan ke dalam saku pantas menjadikannya sebagai pilihan yang worth it to buy.