Review Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14 Pro Max

Apple meluncurkan iPhone 14 Series dengan model iPhone 14 Pro Max sebagai varian paling tingggi sekaligus paling mahal. Perangkat ini bisa kalian pinang berbekal budget mulai dari 21 jutaan.

HP iPhone
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Apple iPhone 14 Pro Max
  • Rilis Oktober 2022
  • Layar 6.7 inci LTPO Super Retina XDR OLED 120Hz HDR10 Dolby Vision
  • Chipset Apple A16 Bionic (4 nm)
  • GPU Apple GPU (5-core graphics)
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB, 6/256 GB, 6/512 GB, 6/1 TB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 12 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide), TOF 3D LiDAR scanner (depth)
  • Kamera Depan 12 MP (wide), SL 3D (depth/biometrics sensor)
  • Baterai Li-Ion 4323 mAh, Fast charging
  • Harga Rp 22.000.000 - 33.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Apple iPhone 14 Pro Max dan Harganya
Untuk rentang harga yang pricey tersebut, pertimbangkan beberapa hal yang menjadi kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan iPhone 14 Pro Max

Banyak yang menanti kehadiran perangkat ini karena penasaran dengan upgrade yang dilakukan oleh Apple pada iPhone tahun ini. Mulai dari komponen layar hingga jeroan, iPhone 14 Pro Max menyuguhkan kelebihan berikut.

Layar Tajam ProMotion 120 Hz

Salah satu sorotan yang paling disukai pada iPhone 14 Pro Max adalah layar ProMotion yang diwarisi dari pendahulunya. Dengan layar OLED Super Retina XDR 6.7 inci, display iPhone 14 Pro Max memiliki resolusi 2796 x 1290 piksel dan kerapatan hingga 460 ppi. Selain tampilan yang tajam, kalian dapat menikmati animasi yang halus di atas layar dengan kecepatan layar 120 Hz sehingga tidak perlu ragu soal navigasinya.

Inovasi yang ditemui pada layar iPhone 14 Pro Max adalah Dynamic Island sehingga rentang pandang layarnya lebih nyaman. Selain itu, layar iPhone 14 Pro Max juga menawarkan fitur Always on Display untuk membantu kalian membaca notifikasi penting secara efisien. Dengan kecerahan tipikal 1.000 nits dan kecerahan puncak 2.000 nits, dijamin layarnya akan memberi visibilitas yang baik sepanjang hari.

Jeroan Powerful

Bagian hardware adalah kelebihan iPhone 14 Pro Max yang patut diacungi jempol. Apple telah menyematkan chip A16 Bionic terbarunya yang tentu saja menawarkan peningkatan kinerja lebih mulus. Selain kemampuan multitasking yang lebih baik, fitur-fitur penting seperti fotografi dan pengeditan video pun menjadi lebih mantap.

Bagaimana tidak karena chip tersebut diatur dalam konfigurasi enam inti CPU yang terbagi menjadi dua inti kinerja dan empat inti efisiensi. Sementara GPU-nya hadir dalam lima core dan Neural Engine 16 inti yang diklaim bekerja 7% lebih gesit.

Seluruh komponennya bekerja melalui proses fabrikasi 4 nanometer dengan total 16 miliar transistor. Dengan kata lain, kerja jeroan iPhone 14 Pro Max dapat dengan mudah menyaingi para rivalnya di kelas yang sama.

Penyimpanan Lapang

Apple membekali iPhone 14 Pro Max dengan RAM besar LPDDR5 6 GB yang ditingkatkan dari tahun lalu. Konfigurasinya dikombinasikan dengan memori internal yang bervariasi antara 128 GB, 256 GB, 512 GB, hingga 1 TB. Tentunya semakin besar kapasitas memori internal yang dipilih maka semakin mahal harga banderolnya ya.

Peningkatan Sensor Kamera

Kamera iPhone 14 Pro Max menawarkan setup triple kamera belakang yang terdiri dari sensor utama, kamera ultrawide, dan sensor telephoto. Kali ini Apple menyematkan sensor utama 48 MP dengan aperture f/1.78 yang memanfaatkan pixel-binning. Artinya, terdapat resolusi ekstra yang bisa menangkap lebih banyak detail jepretan sebelum pada akhirnya menghasilkan potret 12 MP.

Kamera utama perangkat ini dilengkapi dengan kamera ultrawide 12 MP dengan aperture f/1.8 yang lebih lebar dari sebelumnya dan kamera telephoto beresolusi 12 MP. Sementara di bagian depan iPhone 14 Pro Max memiliki kamera 12 MP dengan aperture f/1.9 yang lebih lebar sehingga memungkinkan cahaya bisa masuk lebih banyak hingga 38%.

Daya Tahan Baterai Mengesankan

Seperti biasa, Apple tidak mengungkapkan kapasitas daya iPhone terbaru yang diluncurkan. Namun terdapat klaim bahwa baterai perangkat ini menjanjikan 29 jam pemutaran video sehingga dapat diandalkan sebagai daily driver.

Kekurangan iPhone 14 Pro Max

Meskipun disebut-sebut sebagai ponsel idaman, masih ada beberapa kekurangan iPhone 14 Pro max yang wajib kalian pertimbangkan. Mari ketahui lebih lanjut apa saja kekurangan perangkat ini.

Desain Monoton

Sudah jadi rahasia umum bahwa Apple selalu mewarisi konsep desain dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Hal yang sama juga terjadi pada iPhone 14 Pro Max yang membawa desain yang kurang fresh. Secara keseluruhan, Apple menghadirkan desain yang tampak sama dengan iPhone 13 Pro Max tahun lalu. Bagi kalian yang tidak terlalu mempertimbangkan perihal estetika desain ponsel, tentu hal ini bukan masalah.

Tidak Disertakan Pengisi Daya

Misi Apple untuk mengurangi jejak emisi karbon memang terlihat baik dan penting. Namun hal ini berimbas pada pengisi daya yang tidak disertakan Apple dalam paket penjualan iPhone 14 Pro Max. Artinya, pengguna baru iOS harus dengan suka rela mengeluarkan budget lebih untuk membeli pengisi daya secara terpisah. Selain itu, tidak ada peningkatan kecepatan isi ulang yang disertakan sehingga kalian harus puas dengan pengisi daya 20W, charger wireless MagSafe hingga 15W, atau pengisi daya Qi 7.5W.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone 14 Pro Max kali ini. Pastikan untuk mempertimbangkan setiap kelebihan dan kekurangan di atas agar kalian tidak menyesal setelah memilihnya ya.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn