Kelebihan dan Kekurangan iPhone 15 Pro

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan iPhone 15 Pro
Gambar iPhone 15 Pro
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi iPhone 15 Pro
  • Rilis Oktober 2023
  • Layar 6.1 inci LTPO Super Retina XDR OLED 120Hz HDR10 Dolby Vision
  • Chipset Apple A17 Pro (3 nm)
  • GPU Apple GPU (6-core graphics)
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/1 TB, 8/512 GB, 8/256 GB, 8/128 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 12 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 12 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 3274 mAh, Fast-charging PD2.0
  • Harga Rp 21.000.000-32.000.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi iPhone 15 Pro dan Harganya
iPhone 15 Pro menandai langkah lebih maju dibandingkan dengan model reguler dan Plus dari iPhone 15, meskipun masih berada di bawah varian Pro Max. Keempat anggota keluarga iPhone 15 ini resmi diluncurkan secara global pada 13 September 2023.

Pada pandangan awal, perubahan pada iPhone 15 series mungkin terlihat minim jika dibandingkan dengan model sebelumnya. Desainnya terus mempertahankan ciri khasnya yang sudah dikenal, tetapi jangan biarkan penampilannya menipu Anda.

iPhone 15 Pro membawa sejumlah peningkatan yang belum pernah ditemui sebelumnya di produk-produk Apple. Ini mencakup penggunaan material yang lebih ringan dan tahan lama, peningkatan performa yang signifikan, dan adopsi jenis port pengisian daya yang baru. Untuk mendapatkan gambaran cepat, mari kita lihat beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan.

Keberadaan iPhone 15 series di pasar global sekali lagi menegaskan posisinya sebagai salah satu pemimpin dalam industri ponsel global. Walaupun demikian, hal tersebut tidak berarti bahwa iPhone 15 Pro bebas dari kekurangan.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli iPhone 15 Pro, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Detail mengenai keunggulan dan kelemahan iPhone 15 Pro dapat Anda temukan di bawah ini.

Kelebihan Apple iPhone 15 Pro

Bagi mereka yang berminat mendapatkan manfaat dari iPhone 15 Pro, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu kelebihan-kelebihan yang membuatnya terlihat menarik. Berikut adalah beberapa aspek yang membuat iPhone 15 Pro begitu menggoda.

Adopsi USB Type-C yang Dinantikan

iPhone 15 Pro mengakhiri era penggunaan port Lightning, sebuah langkah signifikan mengingat mayoritas flagship lain telah beralih ke USB-C. Meskipun desain reversible dari port Lightning mudah digunakan, kini iPhone 15 Pro mematuhi mandat Uni Eropa dengan menggunakan port USB Type-C.

Perubahan ini membuka peluang baru bagi pengguna, seperti kemampuan untuk mengisi daya menggunakan charger Android tanpa masalah. Contohnya, saat baterai iPhone 15 Pro menipis ketika sedang bekerja di depan MacBook, Anda dapat langsung menghubungkannya tanpa perlu mencari kabel tambahan.

Keberadaan port USB Type-C 3.0 membawa keuntungan besar, terutama dalam merekam video ProRes dan menyimpannya langsung ke perangkat eksternal seperti SSD. Ini merupakan perubahan revolusioner, mempertimbangkan ukuran besar file video ProRes yang mungkin melebihi kapasitas penyimpanan internal sebesar 1 TB.

Bagi pengguna iPhone 15 Pro yang fokus pada fotografi, USB Type-C 3.0 membuka peluang untuk memanfaatkan fitur Capture One. Anda dapat dengan mudah memotret foto ProRaw dan mentransfernya secara langsung ke perangkat Mac atau MacBook, memberikan pengalaman yang mulus dan efisien.

Fungsi USB-C 3.0 pada iPhone 15 Pro memberikan kemampuan multi-tasking dengan menampilkan isi layar smartphone ke monitor eksternal dengan resolusi 4K pada 60 FPS. Kecepatan transfer data yang tinggi hingga 10 Gb per detik dapat dicapai, tergantung pada jenis kabel yang digunakan.

Prestasi Tinggi dengan Apple A17 Pro dan Kapasitas RAM yang Luas

iPhone 15 Pro membawa perubahan signifikan dalam sektor performa dengan mengadopsi chipset terbaru, Apple A17 Pro. Berbeda dengan sejumlah chipset sebelumnya yang menggunakan nama "Bionic," Apple A17 Pro menawarkan teknologi terbaru yang belum pernah diperkenalkan sebelumnya.

Chipset ini memiliki kemampuan untuk menjalankan gim konsol secara langsung, termasuk gim populer seperti Resident Evil 4 Remake, Resident Evil Village, Death Stranding, dan Assassins Creed Mirage yang baru. Performa tinggi Apple A17 Pro memungkinkan pemutaran gim-gim AAA ini tanpa mengandalkan cloud atau remote play.

Apple A17 Pro, dengan spesifikasi yang mengesankan, menampilkan 19 miliar transistor dalam fabrikasi 3 nm TSMC yang sangat efisien dalam hal daya.

Meskipun hanya terdiri dari enam inti prosesor (hexa-core), chipset ini berhasil merebut peringkat tertinggi di Nano Review pada Oktober 2023 dengan rating 98 (A+). Keenam prosesor tersebut terdiri dari empat unit performance core berkecepatan 3.78 GHz dan enam inti hemat daya berkecepatan 2.11 GHz.

Chipset ini juga menghadirkan GPU yang disinyalir 20 persen lebih cepat dari pendahulunya, dengan dukungan ray tracing secara hardware. GPU pada Apple A17 Pro mengalami desain ulang paling drastis dalam sejarah chipset Apple, menawarkan kinerja grafis yang lebih tinggi.

Selain itu, kehadiran mesin saraf (neural engine) dengan 16-core dan kemampuan transfer data hingga 10 Gb per detik melalui protokol USB 3.2 Gen 2 menambahkan keunggulan pada iPhone 15 Pro. Kapasitas RAM juga mengalami peningkatan menjadi 8 GB LPDDR5 dari sebelumnya 6 GB pada iPhone 14 Pro.

Dengan hasil tes yang mengesankan, iPhone 15 Pro memperoleh nilai tinggi dalam berbagai alat benchmark, seperti AnTuTu v10 dengan 1.566.329 poin, Geekbench 6 dengan 2922 poin (single core) dan 7172 poin (multi-core), serta 3DMark dengan 3712 poin (Wild Life Extreme) dan 6525 poin (Solar Bay).

iPhone 15 Pro bahkan mengungguli sejumlah perangkat Android dengan Snapdragon 8 Gen 2 dalam nilai multi-core Geekbench 6.

Performa iPhone 15 Pro juga menunjukkan ketahanan yang baik dalam pengujian APSI Bench, mempertahankan hingga 85 persen dari performa total, dan pada pengujian 3D Mark Wildlife Stress selama 20 menit, masih mempertahankan 76 persen kinerja maksimal.

Dengan performa yang sangat baik ini, iPhone 15 Pro diharapkan mampu menjalankan gim AAA dengan lancar. Meski demikian, kita masih perlu menunggu hingga gim-gim tersebut di-port ke iOS pada tahun 2024.

Sementara itu, hasil pengujian pada gim berat di Apple Store menunjukkan bahwa iPhone 15 Pro mampu menjalankan berbagai gim, termasuk Genshin Impact, dengan baik, bahkan dengan dukungan ray tracing dan Metal FX.

Inovasi Fitur pada iOS 17

Sistem operasi iOS 17, yang digunakan pada iPhone 15 Pro, membawa berbagai inovasi yang dirancang untuk membuat pengalaman pengguna lebih personal dan intuitif. Apple menekankan peningkatan fitur-fitur yang secara aktif digunakan oleh pengguna sehari-hari, menciptakan antarmuka yang lebih diperhatikan.

Salah satu fitur terbaru yang menarik adalah Contact Posters, memungkinkan pengguna menampilkan wajah atau avatar dalam bentuk poster besar saat menerima panggilan telepon. Hal ini memberikan dimensi lebih pada pengalaman komunikasi visual.

Fitur Live Voicemail adalah inovasi lain yang menampilkan teks atau subtitle dari suara voicemail yang diterima. Pengguna dapat tetap memahami pesan tanpa perlu mendengarkan suara, sangat berguna saat berada dalam situasi rapat atau lingkungan yang memerlukan keheningan.

Aplikasi pesan (Message) juga diperbarui dengan adanya Live Sticker, memungkinkan pengguna mengubah gambar menjadi stiker hanya dengan beberapa ketukan. Selain itu, pengguna dapat memberikan notifikasi saat mereka tiba di tujuan dengan cepat dan mudah.

Fitur NameDrop meningkatkan kemampuan AirDrop dengan memungkinkan pengguna saling bertukar konten dan informasi kontak hanya dengan mendekatkan dua perangkat Apple dan melakukan gestur yang sama.

Selain fitur-fitur tersebut, iOS 17 juga membawa berbagai peningkatan seperti prediksi kata yang lebih akurat pada autocorrect, fitur StandBy yang mengubah layar menjadi smart display saat di-charge, dan fitur FaceTime yang mendukung reaksi video.

Antarmuka Baru dengan "Dynamic Island"

Seri iPhone 15 menghadirkan desain kamera depan dual punch hole pada seluruh varian, termasuk iPhone 15 reguler, Plus, Pro, dan Pro Max. Desain ini didukung oleh antarmuka yang unik bernama "Dynamic Island."

Dynamic Island adalah inovasi Apple untuk menyamarkan kamera depan dengan cara mengintegrasikannya dalam pengalaman sehari-hari.

Sebagai contoh, saat baterai iPhone sedang low, aksen visual berbentuk lonjong akan muncul dari arah kamera depan untuk memberikan notifikasi bahwa perangkat perlu di-charge. Aksen visual ini juga digunakan untuk memberitahu pengguna kapan harus berbelok saat menggunakan Maps.

Dynamic Island memberikan dinamika dan kesenangan pada berbagai notifikasi, seperti panggilan telepon, notifikasi aplikasi, aktivasi NFC, konfirmasi transaksi, mode pesawat, hitung mundur timer, dan lainnya. Fitur ini menjadi populer hingga diadopsi oleh beberapa merek Android seperti realme dan itel, menunjukkan pengaruhnya di industri ponsel seluler.

Tombol Action yang Berguna

Meskipun bukan perubahan besar, penambahan tombol Action pada iPhone 15 Pro membawa kepraktisan tambahan dalam penggunaan sehari-hari. Sebelumnya, iPhone hanya memiliki tombol mute atau switch ring/silent.

Namun, kini tombol tersebut tidak hanya dapat dipetakan untuk mengaktifkan mode senyap, tetapi juga dapat dikonfigurasi untuk berbagai perintah lainnya.

Pengguna dapat dengan mudah mengaitkannya dengan fungsi seperti mengaktifkan mode fokus, membuka aplikasi kamera, menyalakan lampu LED Flash, merekam voice memo, menggunakan kaca pembesar, mengakses fitur aksesibilitas, atau membuka shortcut yang telah ditentukan.

Sistem Kamera Tingkat Pro

iPhone 15 Pro terus mengukuhkan reputasinya sebagai perangkat fotografi kelas dunia dengan sistem kamera tingkat pro yang mengesankan. Kamera utama 48 MP pada perangkat ini menghadirkan peningkatan signifikan dari generasi sebelumnya.

Spesifikasi kamera utama mencakup bukaan f/1.8, panjang fokus 24 mm, ukuran sensor 1/1.28 inci, dan ukuran piksel individu sebesar 1.22 ┬Ám. Dilengkapi dengan dual pixel PDAF dan sensor shift OIS, kamera ini menawarkan kemampuan fotografi yang luar biasa.

Dua kamera pendampingnya juga memberikan kontribusi besar, dengan sensor telefoto 12 MP (f/2.8) dan sensor ultrawide 12 MP (f/2.2) dengan bidang pandang 120 derajat. iPhone 15 Pro juga dilengkapi dengan sensor LiDAR Scanner Time of Flight, tidak hanya untuk efek bokeh yang memukau, tetapi juga untuk pengukuran jarak yang akurat di dunia nyata.

Kamera ini dapat digunakan tidak hanya untuk fotografi sehari-hari tetapi juga sebagai alat pendukung dalam mengukur jarak dan mencocokkan perabotan ruangan, menunjukkan fleksibilitas luar biasa.

Dalam hal teknologi, iPhone 15 Pro menggunakan metode stacking foto yang memadukan resolusi 48 MP dan 12 MP, memberikan hasil foto default sebesar 24 MP yang menunjukkan detail yang lebih baik. Kemampuan kamera ini sangat terlihat pada kondisi malam hari, di mana pencahayaan minim diubah menjadi gambar yang cerah dan memukau.

Fitur perekaman video iPhone 15 Pro tetap unggul dengan dukungan resolusi 4K hingga 60 FPS pada kamera utama. Fitur Cinematic mode memungkinkan pengguna menghasilkan efek bokeh yang dinamis pada video, sementara fitur perekaman ProRes memenuhi kebutuhan para videografer profesional.

Ditambah dengan video spasial yang memungkinkan pengguna merasakan momen dalam dimensi 3D, iPhone 15 Pro mempertahankan posisinya sebagai pemimpin di ranah fotografi dan videografi mobile.

Layar Super Retina XDR OLED dengan Bezel Tipis dan Bodi Titanium

iPhone 15 Pro menampilkan layar Super Retina XDR OLED LTPO berukuran 6,1 inci dengan resolusi 1179 x 2556 piksel. Layar ini mendukung teknologi ProMotion 120 Hz untuk pengalaman visual yang lebih halus, dengan laju penyegaran dua kali lipat dari layar konvensional pada 60 Hz.

Layar perangkat ini memiliki kecerahan tipikal hingga 1000 nit dan kecerahan HBM hingga 2000 nit, mempertahankan standar kualitas visual yang tinggi. Dalam pengujian GSM Arena, iPhone 15 Pro menunjukkan kecerahan yang luar biasa, mencapai 1786 nit dalam mode Auto dan 845 nit dalam pengaturan manual, melampaui beberapa pesaingnya.

Lebih jauh, layar iPhone 15 Pro memberikan tampilan yang lebih luas berkat bezel yang lebih tipis, hanya berukuran 1,55 mm dibandingkan dengan 2,17 mm pada model sebelumnya. Perubahan ini memberikan kesan visual yang lebih modern dan futuristik.

Selain itu, iPhone 15 Pro menggunakan bahan material baru untuk bodi, yaitu titanium, yang tidak hanya kokoh tetapi juga lebih ringan. Pergantian ini menghasilkan pengurangan bobot sebanyak 19 gram, membuatnya lebih nyaman digenggam dengan bobot keseluruhan 187 gram.

Konektivitas Unggulan dengan Chip UWB Generasi Ke-2

iPhone 15 Pro membawa konektivitas terdepan dengan menyematkan chip UWB generasi ke-2. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan darurat tanpa mengandalkan jaringan seluler atau internet. Meskipun fitur Emergency SOS ini belum tersedia di semua negara, terutama di Indonesia, pengguna di beberapa negara maju dapat memanfaatkannya.

Selain itu, iPhone 15 Pro dilengkapi dengan cip Ultra Wideband generasi ke-2, meningkatkan jangkauan konektivitas antar perangkat hingga tiga kali lipat. Fitur Precision Finding memungkinkan pengguna menemukan lokasi satu sama lain dengan presisi tinggi, bahkan dalam kerumunan.

Chip ini juga mendukung protokol Wi-Fi 6E, memberikan kecepatan internet dua kali lipat melalui pita 6 GHz. Hal ini sangat berguna untuk lingkungan smart home yang padat dengan perangkat yang terhubung ke jaringan yang sama.

iPhone 15 Pro juga unggul dalam fitur pengisian daya. MagSafe dapat memberikan daya hingga 15 W, sementara pengisian nirkabel Qi mendukung daya 7,5 W. Pengisian daya reguler diklaim membutuhkan waktu 30 menit untuk mencapai 50 persen.

Secara inovatif, seri ini juga memperkenalkan pengisian terbalik menggunakan kabel dengan daya 4,5 W, memperkaya pengalaman pengguna dalam hal konektivitas dan pengisian daya.

Kekurangan Apple iPhone 15 Pro

Tak hanya penting mempertimbangkan kelebihan suatu produk, namun perlu juga mengetahui kekurangannya. Berikut beberapa kekurangan dari iPhone 15 Pro yang perlu Anda pertimbangkan:

Kurangnya Inovasi Desain

iPhone 15 Pro masih mempertahankan desain yang tidak jauh berbeda dari pendahulunya, menunjukkan kurangnya inovasi dalam hal estetika. Meskipun kualitas materialnya meningkat dengan penggunaan bodi titanium, namun bagi beberapa konsumen, desain yang familiar mungkin terasa monoton.

Tidak Tersedia Fitur Touch ID

Meskipun Face ID telah terbukti efektif, beberapa pengguna masih menginginkan pilihan untuk menggunakan Touch ID, terutama dalam situasi di mana pengenalan wajah tidak praktis, seperti penggunaan masker wajah yang umum pada masa pandemi.

Ukuran Penyimpanan Awal yang Terbatas

Meskipun iPhone 15 Pro menawarkan berbagai opsi penyimpanan, namun ukuran penyimpanan awalnya masih relatif kecil dengan 128 GB. Beberapa pengguna mungkin menginginkan opsi awal yang lebih besar, terutama dengan pertumbuhan ukuran file media dan aplikasi saat ini.

Tidak Ada Peningkatan pada Fitur Pengisian Daya Nirkabel Meskipun memiliki pengisian daya nirkabel MagSafe yang efisien, iPhone 15 Pro tidak membawa peningkatan signifikan dalam hal kecepatan pengisian daya nirkabel, masih tetap pada 15 W. Beberapa pesaing mungkin menawarkan pengisian daya nirkabel lebih cepat.

Keterbatasan Penggunaan Fitur Satelit

Meskipun memiliki fitur konektivitas satelit untuk pesan darurat, sayangnya, fitur ini tidak tersedia di beberapa negara, termasuk Indonesia. Selain itu, layanan Emergency SOS hanya gratis selama dua tahun pertama, dengan biaya berlangganan untuk tahun-tahun berikutnya.

Kapasitas Baterai yang Tidak Meningkat Signifikan

Kapasitas baterai iPhone 15 Pro hanya sedikit meningkat dibandingkan model sebelumnya, yang mungkin menjadi kekurangan bagi pengguna yang mengharapkan lonjakan daya tahan baterai yang lebih besar.

Isu Pengisian Daya dan Kabel USB-C 2.0

Terdapat isu pengisian daya yang unik, seperti pengisian daya power bank saat dihubungkan, dan isu terkait penggunaan kabel USB-C 2.0 yang disertakan di dalam boks penjualan. Kecepatan transfer data yang terbatas pada kabel tersebut juga dapat menjadi hambatan.

Kesimpulan

Apple iPhone 15 Pro membawa sejumlah inovasi yang cukup signifikan dibandingkan dengan model-model sebelumnya. Perubahan penting termasuk dukungan untuk port pengisian USB-C, kemampuan ray tracing berbasis hardware, dan desain layar dengan bezel tertipis yang pernah ada pada iPhone.

Meskipun menghadirkan sejumlah kelebihan, seperti performa tinggi, kemampuan kamera tingkat profesional, dan konektivitas jempolan, iPhone 15 Pro juga memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya adalah kapasitas baterai yang tidak mengalami peningkatan signifikan, keterbatasan pada kecepatan pengisian daya nirkabel, dan isu terkait kabel USB-C 2.0.

Dengan perilisan global pada September 2023, diperkirakan iPhone 15 Pro akan tersedia di Indonesia pada bulan November 2023 dengan harga sekitar Rp19 jutaan, mengikuti kebijakan harga sebelumnya. Meskipun demikian, penilaian terhadap iPhone 15 Pro tetaplah subjektif dan tergantung pada preferensi serta kebutuhan individual pengguna.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn