Review Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14 Pro

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan iPhone 14 Pro
Jika enggan merogoh kocek terlalu dalam untuk menjajal performa apik dari iPhone 14 Series, maka iPhone 14 Pro adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, spesifikasi iPhone 14 Pro dihadirkan kurang lebih sama dengan model Pro Max dalam bentuk layar yang lebih kecil.

HP iPhone
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Apple iPhone 14 Pro
  • Rilis Oktober 2022
  • Layar 6.1 inci LTPO Super Retina XDR OLED, 120Hz, HDR10 Dolby Vision
  • Chipset Apple A16 Bionic (4 nm)
  • GPU Apple GPU (5-core graphics)
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB, 6/256 GB, 6/512 GB, 6/1 TB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 12 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide), TOF 3D LiDAR scanner (depth)
  • Kamera Depan 12 MP (wide), SL 3D (depth/biometrics sensor)
  • Baterai Li-Ion 3200 mAh, Fast charging
  • Harga Rp 20.000.000 - 31.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Apple iPhone 14 Pro dan Harganya
Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan perangkat ini? Simak informasi lengkapnya dalam tulisan ini.

Kelebihan iPhone 14 Pro

Dengan bahasa desain yang terlihat tidak banyak berubah, iPhone 14 Pro menawarkan beberapa kelebihan berikut ini.

Layar ProMotion 120 Hz

Layar iPhone 14 Pro mengusung beberapa peningkatan signifikan dari suksesornya, iPhone 13 Pro. Dengan bezel yang lebih ramping dan resolusi meningkat yakni 2.556 x 1.179 piksel, perangkat ini hadir di rentang ukuran 6.1 inci. Tampilannya dijamin tajam dan smooth karena Apple membekali display cantik ini dengan kerapatan piksel 460 ppi dan high refresh rate 120 Hz. Ia membawa fitur-fitur seperti warna True Tone, HDR, dan Haptic Touch.

Meskipun rasio kontrasnya masih 2.000.000:1 seperti iPhone 13 Pro, namun layar iPhone 14 Pro jelas lebih terang dan nyaman digunakan di luar pada siang hari karena mode sunlight-nya menawarkan tingkat kecerahan maksimum 2.000 nits.

Selain bisa mencapai kecepatan refresh hingga 120 Hz, layar ProMotion pada smartphone ini bisa diperlambat hingga 1 Hz. Kemampuan tersebut sangat berguna untuk menghemat daya terutama pada saat memanfaatkan tampilan selalu aktif atau AoD.

Setup Kamera Mumpuni

Upgrade terbesar yang ditemui pada iPhone 14 Pro adalah penambahan sensor kameranya. Apple menyematkan kamera utama quad-pixel beresolusi 48 MP sehingga bisa menghasilkan jepretan yang solid. Selain itu terdapat fitur baru seperti telephoto 2x untuk total empat opsi zoom. Seluruh peningkatan kinerja fotografinya hadir berkat Photonic Engine.

Selain kamera utama yang telah ditingkatkan, iPhone 14 Pro menyuguhkan kamera ultrawide 12 MP dan kamera telephoto 12 MP. Sementara di bagian depan tersemat kamera TrueDepth 12 MP. Apple telah meningkatkan Mode Sinematik untuk mendukung rekaman video beresolusi 4K pada kecepatan 30 frame per detik.

Chipset A16 Bionic Baru

Smartphone ini menggunakan chipset A16 Bionic baru dari Apple Silicon yang dibangun melalui proses fabrikasi 4 nanometer. Ia memiliki CPU 6-core, pengolah grafis alias GPU 5-core, neural engine 16-core, dan satu miliar transistor lebih banyak dengan total 16 miliar.

Berbeda dengan chipset A15 Bionic yang juga digunakan pada model iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, kali ini chip A16 Bionic menawarkan prosesor sinyal gambar baru dan lebih banyak efisiensi daya.

Dengan chipset ini, iPhone 14 Pro mampu melakukan multitasking yang mulus dan memiliki kemampuan pengeditan video lebih cepat bahkan untuk rekaman 4K ProRes. Inilah yang membuatnya semakin digemari oleh para konten kreator.

Ruang Penyimpanan Jumbo

Apple menyediakan kapasitas penyimpanan jumbo pada seri iPhone 14. Menariknya, iPhone 14 Pro punya variasi memori internal yang sama dengan model Pro Max sehingga kalian dapat memilih sesuai budget dan kebutuhan.

Dengan RAM lebih besar dari pendahulunya, yakni 6 GB, iPhone 14 Pro memiliki konfigurasi memori internal variatif antara 128 GB, 256 GB, 512 GB, hingga 1 TB sebagai kapasitas paling besar. Kalian pilih yang mana nih?

Build Quality Terjamin

Seperti model Pro Max, iPhone 14 Pro juga mengusung build quality yang terjamin dengan frame bermaterial stainless streel dan Apple Ceramic Shield sebagai jaminan ketahanannya. Selain itu, seluruh anggota iPhone 14 Series telah dibekali sertifikasi rating IP68 untuk perlindungan terhadap debu dan air.

Daya Baterai Tahan Lama

Dilansir dari berbagai sumber, perangkat ini membawa baterai berkapasitas 4.323 mAh, kapasitas yang cukup untuk menemani aktivitas seharian. Menurut klaimnya, ponsel ini bisa bertahan untuk pemutaran video streaming hingga 20 jam, pemutaran video hingga 23 jam, dan pemutaran audio hingga 75 jam.

Kekurangan iPhone 14 Pro

Meskipun terlihat sangat menjanjikan sebagai daily driver pilihan tahun ini, ada beberapa bagian dari iPhone 14 Pro yang menjadi kekurangannya. Yuk, pertimbangkan kekurangan iPhone 14 Pro berikut ini.

Tidak Ada Peningkatan Fast Charge

Siapa sangka iPhone 14 Pro ternyata hanya menyediakan pengisi daya yang relatif lamban di kelasnya. Kalian hanya bisa mengandalkan charger 20W, pengisi daya nirkabel MagSafe 15W, dan charger nirkabel Qi 7.5W. Lagi-lagi Apple enggan menyertakan USB-C sehingga kalah saing dari Android rivalnya.

Paket Penjualan Minimum

Apple berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon sehingga box penjualan pun dihadirkan sekecil mungkin dengan paket penjualan yang juga terbatas. Hal ini berimbas pada absennya charger yang dijual terpisah oleh Apple sehingga kalian harus mengeluarkan budget lebih untuk membeli charger jika baru pertama kali menggunakan iPhone.

Nah, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan iPhone 14 Pro di atas, apakah kalian sudah yakin memilihnya untuk menggantikan smartphone lama?

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn