Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16k

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Oppo A16k
Tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk smartphone baru. Oppo memiliki segudang pilihan yang bisa kalian pilih di rentang harga 2 jutaan, salah satunya yakni Oppo A16k.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo A16k
  • Rilis Mei 2022
  • Layar 6.52 inci IPS LCD
  • Chipset Mediatek Helio G35 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide)
  • Kamera Depan 5 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4230 mAh
  • Harga Rp 2.200.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo A16k dan Harganya
Penasaran dengan Oppo A16k? Simak informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A16k berikut.

Kelebihan Oppo A16k

Sederet spesifikasi Oppo A16k memang dihadirkan sama persis dengan A16e. Namun kalian tak perlu bingung memilihnya, cukup cermati keunggulan yang ditawarkan oleh Oppo A16k berikut ini.

Desain Simpel dan Bodi Ringkas

Kelebihan pertama Oppo A16k tentu saja ada pada desain dan ergonomisnya yang juara. Meski tidak se-wah para kompetitornya, Oppo memilih untuk menyertakan desain yang sama pada A16k dan A16e. Keduanya memang sama-sama memiliki rangka bodi 3D melengkung dan menggunakan material polikarbonat.

Oppo A16k merupakan salah satu smartphone ringan dan tipis di kelasnya dengan bobot hanya 175 gram dan ketebalan bodi secara keseluruhan 7.85 mm saja. Tidak perlu ragu soal ketahanan bodinya karena ponsel yang satu ini telah mengantongi sertifikasi rating IPX4 sehingga tahan terhadap percikan air.

Layar Lebar Dilapisi Gorilla Glass 3

Selain dalam hal desain, perangkat ini juga memiliki layar lebar yang berukuran sama dengan Oppo A16e. Ya, Oppo A16k mengusung layar LCD IPS dengan ukuran 6.52 inci yang masih beresolusi HD Plus (720 x 1600 piksel). Tak ketinggalan Oppo menyertakan fitur eye care sehingga menjamin kenyamanan mata penggunanya meskipun digunakan dalam waktu yang lama. Fitur ini akan menjaga mata tidak cepat lelah karena emisi cahaya biru dari layar sudah berukurang.

Layar Oppo A16k mengklaim tingkat kecerahan layar hingga 480 nits dan membawa dukungan color gamut NTSC hingga 71%. Menariknya lagi, kalian tidak perlu khawatir soal ketahanan layar terhadap goresan karena Oppo telah melapisinya dengan Corning Gorilla Glass 3. Cukup lengkap bukan?

Kapasitas Penyimpanan Besar

Nah, kalau yang satu ini adalah kelebihan Oppo A16k yang paling membedakannya dengan A16e. Pasalnya, di Indonesia Oppo A16e hanya hadir dengan varian penyimpanan RAM 3GB dan memori internal 32GB saja. Sementara Oppo A16k menyuguhkan konfigurasi penyimpanan yang lebih jumbo dengan kapasitas RAM 4GB dan dipasangkan bersama memori internal hingga 64GB.

Karena kapasitas penyimpanan yang lebih besar ini, kalian dapat menyimpan berbagai file dan menjalankan aplikasi secara bersamaan dengan lebih smooth. Apalagi Oppo A16k juga menawarkan slot microSD yang bisa menampung ekspansi eksternal ponsel hingga 1 TB. Kombinasi ini tentu lebih disukai dan termasuk kelebihan yang membuat Oppo A16k tampak lebih menarik di mata pengguna Android.

Baterai Awet

Oppo A16k membawa baterai berukuran 4.230 mAh yang notabene memang bukan paling besar di kelasnya. Namun Oppo sendiri menjamin kapasitas tersebut mampu menemani aktivitas seharian karena optimalisasi dapur pacu dan resolusi rendah layarnya.

Bagi kalian yang sering mengisi ulang daya sebelum tidur dan khawatir ponsel menjadi overcharged, Oppo A16k menawarkan solusinya dengan menyediakan fitur Optimizing Night Charging. Fitur ini akan membantu memutuskan arus listrik dari charger ke ponsel jika daya baterai sudah terisi sebanyak 80%. Sangat praktis dan memudahkan, ya?

Kekurangan Oppo A16k

Kelebihan yang telah dipaparkan di atas tentu sudah bisa jadi tolok ukur untuk menentukan minat kalian akan tetap memilih Oppo A16k atau tidak sebagai daily driver yang sesuai dengan kebutuhan. Namun agar lebih yakin, pertimbangkan pula beberapa kekurangan Oppo A16k di bawah ini.

Spesifikasi Kamera Kurang Menarik

Bagi penggemar fotografi mobile, konfigurasi kamera Oppo A16k akan mengecewakan. Pasalnya di bagian depan perangkat ini hanya menyediakan kamera selfie 5MP sementara di bagian punggungnya tersemat kamera utama beresolusi 13MP. Meski keduanya diklaim punya kemampuan video recording hingga 1080p pada 30fps, tentu kombinasinya masih kalah saing dibandingkan dengan para kompetitornya yang berani menawarkan kamera bersetup triple atau bersensor lebih besar.

Chipset Kurang Luwes

Kehadiran kapasitas memori penyimpanan besar pada Oppo A16k sayangnya tidak diimbangi dengan chipset kekinian yang lebih bertenaga. Pada sektor dapur pacu Oppo A16k terdapat Helio G35 besutan MediaTek yang tidak akan mampu dibebani kinerja tinggi atau gim online berat. Oleh sebab itu, ponsel yang satu ini kurang cocok bagi kalian yang mendambakan performa kebut.

Tidak Ada Fast Charge

Sama seperti saudaranya, Oppo A16k juga ternyata belum mengusung teknologi pengisi daya cepat. Untuk mengisi full battery, kalian harus menunggu setidaknya 2 jam sehingga kurang efisien untuk smartphone masa kini.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A16k yang menjadi salah satu jagoan Oppo untuk seri entri. Apakah kalian tetap tertarik menjadikan ponsel cantik yang satu ini sebagai daily driver?

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn