Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A96

Berikut uraian kelebihan dan kekurangan Oppo A96
Oppo A96 memang pantas masuk dalam deretan smartphone laris manis dari Oppo tahun ini. Dengan harga banderol 4 jutaan, perangkat ini tergolong menarik perhatian.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo A96
  • Rilis Juni 2022
  • Layar 6.59 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 680 4G (6 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 4.300.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo A96 dan Harganya
Pasalnya, Oppo menjanjikan spesifikasi cukup menawan dengan beberapa peningkatan dari suksesornya. Mari menilik lebih jauh kelebihan dan kekurangan Oppo A96 sebelum memilihnya sebagai daily driver.

Kelebihan Oppo A96

Oppo A96 menargetkan para anak muda yang menyukai ponsel berdesain modis. Kendati mengunggulkan sektor desain, namun spesifikasi teknisnya juga tak kalah unggul kok. Yuk, ketahui kelebihan Oppo A96 ini.

Layar Full HD+

Tak dapat dipungkiri bahwa layar dengan resolusi Full HD Plus masih jadi pertimbangan yang cukup penting ketika memilih smartphone baru. Oppo A96 pun ikut meramaikan persaingan spesifikasi display unggulan di segmen ini dengan layar Full HD Plus (1080 x 2412 piksel) berukuran 6.59 inci. Disertai kerapatan piksel 409 ppi, layar perangkat ini juga membawa dukungan gamut warna DCI-P3 100% yang berguna untuk menghasilkan tampilan unggul.

Layar Oppo A96 juga mengadopsi rasio layar ke bodi sebesar 90.80% yang tentunya tergolong besar. Ia mengusung adaptasi refresh rate 5 tingkatan yang didukung hingga 90 Hz dan touch sampling rate hingga 180 Hz. Tak cukup sampai di situ saja, Oppo juga mengklaim bahwa layarnya kuat serta tahan dari goresan kecil atau noda karena sudah diberi kaca pelindung berupa PC dan papan PMMA.

Kamera Beresolusi Besar

Sejak perdana peluncuran seri A milik Oppo, sensor fotografi jadi fokus utama yang sayang untuk dilewatkan. Hal tersebut juga berlaku untuk Oppo A96 yang membanggakan kamera utama beresolusi besar hingga 50 MP. Disusun dalam modul persegi panjang, sensor utamanya bersanding dengan kamera 2 MP yang berfungsi sebagai depth sensor.

Sementara di bagian depan, terlihat punch-hole yang menjadi wadah bagi kamera selfie dengan resolusi 16 MP. Baik kamera depan maupun belakang perangkat ini diklaim bisa merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 fps.

Desain Oppo Glow

Oppo A96 juga menawarkan desain trendi dan kekinian dengan konsep desain Oppo Glow yang anti goresan dan tidak mudah kotor oleh noda debu atau lainnya. Desainnya terlihat trendi dan matte dengan dua pilihan warna menawan yang sulit untuk ditolak. Kalian bisa memilih antara varian Starry Black dan Pearl Pink yang sama-sama tampak menarik.

Build Quality Terjamin

Untuk menyeimbangkan desain cantik tersebut, Oppo A96 menawarkan build quality jempolan pula. Perangkat ini berdimensi 164.4 x 75.7 x 8.4 mm dengan bobot secara keseluruhan 191 gram. Agak lebih besar dari pendahulunya memang, namun masih tergolong solid dan memiliki ergonomis yang baik.

Perangkat ini memang dirancang tahan lama dengan 6 uji ketahanan jatuh, radiasi, tahan lingkungan, air, dan bahkan tahan gangguan sinyal. Oppo membekalinya dengan sertifikasi rating IPX4 untuk jaminan kekuatan bodi yang tahan percikan air serta sertifikasi rating IP5X yang artinya tahan terhadap debu.

Mendukung Ekspansi RAM

Salah satu fitur paling disukai dari smartphone masa kini adalah dukungan ekspansi RAM yang bisa memperbesar RAM agar multitasking dan aktivitas lainnya menjadi lebih gesit. Pada Oppo A96 kalian sudah bisa menikmati fitur tersebut dengan RAM utama sebesar 8 GB dan kemampuan ekspansi RAM hingga 5 GB. Artinya, total kapasitas RAM yang didapatkan dari perangkat ini adalah 13 GB.

Ruang RAM yang jumbo pada Oppo A96 dipasangkan bersama memori internal hingga 256 GB yang termasuk jumbo di kelasnya. Jika masih kurang, kalian bisa memanfaatkan slot microSD yang bisa menampung hingga 1 TB.

Baterai Besar

Kelebihan Oppo A96 selanjutnya adalah baterai besar berkapasitas 5.000 mAh yang sudah pasti bisa menemani aktivitas seharian penuh. Ia didukung oleh teknologi SuperVOOC 33 Watt dari Oppo untuk isi ulang daya tanpa menghabiskan waktu yang lama.

Kekurangan Oppo A96

Apakah ponsel cantik yang satu ini sangat menarik bagi kalian? Sebelum semakin terpikat dengan kelebihan Oppo A96, pertimbangkan beberapa kekurangannya berikut ini yuk.

Layar Belum AMOLED

Para pencinta AMOLED tentu akan lekas kecewa setelah mengetahui panel yang digunakan pada Oppo A96 bukan AMOLED. Ya, Oppo memutuskan untuk menyematkan IPS LCD yang notabene merupakan downgrade dari pendahulunya.

Chipset Kalah Saing

Kekurangan selanjutnya ada pada chip yang digunakan oleh Oppo A96, yakni Snapdragon 680. Meski tergolong memiliki performa baik, para kompetitornya di rentang harga 4 jutaan sudah mengandalkan dapur pacu lebih mumpuni. Selain itu, kalian bahkan bisa menemukan dengan mudah ponsel lebih murah dengan prosesor yang sama.

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A96, salah satu jagoan A Series yang cukup menggoda. Apakah perangkat ini masih jadi incaran kalian?

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn