Review Kelebihan dan Kekurangan Poco F4

Berikut uraian kelebihan dan kekurangan Poco F4
HP Poco
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Poco F4
  • Rilis Juli 2022
  • Layar 6.67 inci AMOLED 120Hz HDR10+ Dolby Vision
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 870 5G (7 nm)
  • GPU Adreno 650
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB, 8/128 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 20 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4500 mAh, Fast charging 67W
  • Harga Rp 5.200.000 - 5.700.000
Selengkapnya : Spesifikasi Poco F4 dan Harganya
Poco F4 meramaikan persaingan smartphone mid-range dengan spesifikasinya yang sulit untuk ditolak. Resmi hadir pada pertengahan tahun ini, kalian bisa meminang Poco F4 berbekal budget 5 jutaan saja lho!

Namun ada baiknya untuk menelusuri lebih jauh kelebihan dan kekurangan Poco F4 terlebih dahulu agar tidak menyesal memilihnya sebagai perangkat harian terbaru.

Kelebihan Poco F4

Tampak sangat menjanjikan, berikut ini deretan kelebihan Poco F4 yang membuat banyak pengguna semakin penasaran.

Layar AMOLED Lapang 120 Hz

Siapa nih pencinta AMOLED? Panel dengan kualitas warna solid dan nyaman dipandang ini menjadi panel yang dicari-cari oleh mayoritas pengguna smartphone. Nah, dari Poco F4 kalian akan disuguhkan layar AMOLED lapang berukuran 6.67 inci yang tentunya sudah beresolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel).

Display Poco F4 membawa kecepatan refresh tinggi hingga 120 Hz dan touch sampling rate 360 Hz yang membuatnya mampu menavigasikan konten di atas layar dengan halus tanpa lag mengganggu. Menurut klaimnya, layar perangkat ini bahkan dapat mencapai kecerahan hingga 1300 nits dan juga membawa dukungan Dolby Vision. Masih belum cukup juga? Spesifikasi layarnya semakin mengesankan karena telah didukung oleh HDR10+ serta dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5.

Kombinasi Kamera Mantap

Poco F4 dapat berperan sebagai alat potret andalan untuk mengabadikan berbagai momen berharga penggunanya. Bagaimana tidak karena salah satu ponsel jagoan Xiaomi ini ternyata memiliki kombinasi kamera mantap. Mewarisi notch dari pendahulunya, kalian akan menemukan kamera selfie beresolusi 20 MP di bagian depan.

Sorotan sektor fotografinya juga ada pada setup triple kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP (aperture f/1.79) lengkap dengan OIS dan PDAF, kamera ultrawide 8 MP (aperture f/2.2) dengan sudut pandang 119 derajat, serta kamera makro beresolusi 2 MP (aperture f/2.4). Bagi kalian yang merupakan content creator, Poco F4 menawarkan resolusi video tinggi pada kamera utama yang bisa mencapai 4K pada kecepatan 60 frame per detik.

Baterai Besar dan Fast Charging 67W

Kelebihan selanjutnya beralih ke sektor daya baterainya yang dikemas dalam kapasitas 4.500 mAh. Dengan baterai besar ini, Poco F4 siap menemani aktivitas kalian seharian penuh jika digunakan dengan intensitas sedang.

Xiaomi memberikan dukungan teknologi pengisi daya cepat yang tidak kalah hebat dari para rivalnya. Daya Poco F4 mampu diisi dari 0 – 100% dalam waktu kurang dari 1 jam berkat fast charging 67 Watt yang telah disertakan. Sangat efisien bukan?

Performa Kencang

Poco F4 adalah salah satu dari ponsel 5G yang hadir diotaki Snapdragon 870 besutan Qualcomm. Oleh sebab itu tak heran dapur pacunya yang kencang menjadi salah satu sorotan yang sayang untuk dilewatkan. Chip tersebut membawa CPU Octa-core dengan clock speed hingga 3.2 GHz dan pengolah grafis GPU Adreno 650 melalui proses fabrikasi 7 nm. Soal multitasking atau menjalankan gim berat sudah pasti Poco F4 mampu menanganinya dengan baik.

Ruang Penyimpanan Jumbo

Poco F4 hadir di Indonesia dengan dua varian konfigurasi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan budget. Antara RAM LPDDR5 6 GB atau 8 GB, ia dipasangkan bersama memori internal UFS 3.1 sebesar 128 GB atau 256 GB. Kecepatan baca tulisnya membuat perangkat ini semakin disenangi oleh kawula muda yang cenderung menginginkan HP gesit dan berkapasitas luas.

Speaker Stereo

Tidak lengkap rasanya spesifikasi Poco F4 jika belum menjamin output suara yang nendang. Karena Xiaomi sangat mengerti akan hal ini, maka hadirnya speaker stereo pada Poco F4 dijamin akan membuat pengguna setianya terutama para player akan merasa puas. Dengan dual speaker, aktivitas seperti menonton konten favorit atau bermain game menjadi lebih menyenangkan dibanding smartphone lainnya yang masih mengandalkan mono speaker.

Kekurangan Poco F4

Sudah jadi rahasia umum bahwa Xiaomi kerap menghadirkan smartphone berharga terjangkau dengan spesifikasi unggul. Namun ingat pula bahwa kalian juga harus mempertimbangkan beberapa kekurangan Poco F4 berikut ini.

Tidak Ada Slot MicroSD

Nah, kekurangan yang satu ini menjadi riskan bagi pengguna yang seringkali menyimpan banyak file penting. Sayangnya Poco F4 tidak menyediakan slot microSD sehingga kalian tidak bisa melakukan ekspansi penyimpanan secara eksternal. Jika membutuhkan kapasitas lebih, maka beberapa opsi yang dapat digunakan adalah cadangan online atau hapus manual ruang penyimpanan.

Tidak Ada Jack Audio 3.5 mm

Meskipun terdengar sepele, namun masih banyak yang mengharapkan hadirnya jack audio pada smartphone baru mereka. Poco F4 tidak menyediakan port yang satu ini sehingga kalian harus beralih pada ear bud tanpa kabel.

Itulah kelebihan dan kekurangan Poco F4, ponsel 5G idaman dari Xiaomi. Sudah siap menjajal performanya?

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn