Review Kelebihan dan Kekurangan Poco F4 GT

Berikut uraian kelebihan dan kekurangan Poco F4 GT
Jika kalian mencari smartphone anyar powerful yang tidak menguras kantong, maka Poco F4 GT adalah pilihan yang tepat.

HP Poco
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Poco F4 GT
  • Rilis Juli 2022
  • Layar 6.67 inci AMOLED 120Hz HDR10+
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
  • GPU Adreno 730
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 12/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 20 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4700 mAh, Fast charging 120W
  • Harga Rp 9.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Poco F4 GT dan Harganya
Perangkat ini membawa tagline “The Ultimate Power” untuk menggaet pengguna yang menginginkan kinerja optimal dari daily driver.

Xiaomi membanderol Poco F4 GT di Indonesia dengan harga XXXX. Dari ponsel jagoannya yang satu ini, kalian akan mendapatkan kelebihan dan kekurangan sebagai berikut.

Kelebihan Poco F4 GT

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Poco F4 GT mengunggulkan sektor dapur pacu karena diotaki chipset flagship. Namun tentu saja ada lebih banyak kelebihan yang dibawanya, diantaranya adalah 6 kelebihan di bawah ini.

Layar AMOLED 120 Hz

Xiaomi menyematkan panel AMOLED dengan ukuran 6.67 inci yang memiliki resolusi 1080 x 2400 piksel alias Full HD Plus pada Poco F4 GT. Rentang layar yang lapang tersebut diiringi dengan kerapatan piksel tinggi hingga 395 ppi dan rasio aspek 20:9. Secara teknis, ia menawarkan kecepatan refresh hingga 120 Hz dan touch sampling rate yang mencapai angka 480 Hz. Dengan kata lain kalian tak perlu ragu soal kualitas display Poco F4 GT.

Soal tampilan visualnya, layar Poco F4 GT sudah mendukung rentang warna luas DCI-P3 dan disebut-sebut bisa mencapai kedalaman 1 milyar warna. Masih kurang puas? Xiaomi bahkan memberikan dukungan HDR10+ dan melapisi layarnya dengan Gorilla Glass Victus sehingga kalian bisa menggunakannya dengan nyaman dimanapun dan kapanpun.

Desain Premium

Poco F4 GT mengusung desain premium yang tampak sangat futuristik. Dengan unibody yang kokoh, perangkat ini memiliki dimensi 162.5 x 76.7 x 8.5 mm yang nyaman di genggaman. Xiaomi menggunakan material aluminium pada frame Poco F4 GT dan material kaca pada panel belakangnya sehingga menambah kesan flagship. Menariknya lagi, pada sisi bodinya tedapat dua pop-up trigger alias tombol tambahan yang sangat multifungsi.

Jeroan Mumpuni

Pada bagian pembuka telah dijelaskan bahwa Poco F4 GT menawarkan performa kuat di kelasnya. Hadirnya kinerja yang menjanjikan tersebut dikarenakan Poco F4 GT diotaki salah satu chipset gesit dari Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 1. Tak disangkal, SoC 5G yang membawa CPU 8 inti dengan kecepatan maksimum 3.0 GHz ini bisa menangani tugas harian tanpa kendala.

Snapdragon 8 Gen 1 juga memiliki komponen pengolah grafis GPU Adreno 730 yang bekerja lebih efisien dari pendahulunya. Seluruh proses yang dilakukan oleh chip ini berjalan melalui fabrikasi 4 nanometer dengan klaim hemat daya dan kencang. Tertarik menjajalnya?

Kapasitas Penyimpanan Jumbo

Jeroan yang kuat tentu saja belum lengkap tanpa dukungan ruang penyimpanan yang memadai. Tenang saja, dalam hal ini Poco F4 GT menyediakan dua pilihan konfigurasi yang terdiri atas kombinasi RAM 8 GB dan memori internal sebesar 128 GB, serta varian RAM 12 GB yang dipasangkan bersama memori internal 256 GB. Karena sudah menggunakan tipe penyimpanan RAM LPDDR5 dan UFS 3.1, jangan khawatir soal kecepatan proses baca tulis atau multitaskingnya.

Baterai Besar dan HyperCharge 120W

Di balik bodi kokohnya, Poco F4 GT mengemas baterai besar 4.700 mAh yang dijamin awet dan tahan lama untuk menemani aktivitas. Xiaomi memberikan dukungan teknologi Smart 120 Watt HyperCharge dengan klaim kemampuan super kebutnya untuk mengisi ulang daya full battery hanya dalam waktu kurang dari 20 menit.

Sensor Kamera Unggul

Perangkat ini juga tak ingin kalah saing dalam hal spesifikasi kamera. Kalian dapat mengandalkan sensor utama 64 MP yang disandingkan bersama kamera ultrawide 8 MP dan kamera makro 2 MP. Sementara kamera depannya hadir dengan resolusi 20 MP.

Poco F4 GT unjuk kebolehan dalam hal kelengkapan fitur dengan menghadirkan dukungan Night Mode, PDAF, Dual-LED Flash, hingga kemampuan rekaman video dengan resolusi maksimal 4K pada 30 atau 60 frame per detik.

Kekurangan Poco F4 GT

Statusnya sebagai ponsel kelas atas tidak membuat Poco F4 GT lepas dari kekurangan. Mari membahas beberapa poin penting yang menjadi kekurangannya.

Berbobot Berat

Poco F4 GT adalah salah satu smartphone kekinian yang tidak mengikuti tren slim and thin, melainkan fokus kepada material yang tampak kokoh. Inilah yang sekaligus menjadikannya memiliki bobot mencapai 210 gram sehingga kurang cocok bagi kalian yang tidak menyukai HP bongsor atau smartphone yang tidak bisa digunakan dengan nyaman di satu genggaman tangan.

Masih Menggunakan Side-fingerpint

Sangat disayangkan smartphone kelas atas seperti Poco F4 GT masih menggunakan tipe sensor fingerprint di bagian samping. Padahal para rivalnya sudah mengandalkan sensor in-display fingerprint yang lebih modern dan efisien.

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Poco F4 GT. Jika berminat meminangnya, kalian harus merogoh kocek senilai 8 jutaan saja.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn