Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno8 Pro 5G

Berikut uraian kelebihan dan kekurangan Oppo Reno8 Pro 5G
Oppo Reno 8 Pro 5G merupakan satu dari empat anggota Reno 8 Series yang baru saja diluncurkan oleh Oppo. Untuk meminang perangkat ini, kalian harus menyiapkan budget setidaknya 9 jutaan.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno8 Pro 5G
  • Rilis Agustus 2022
  • Layar 6.7 inci AMOLED 120Hz HDR10+
  • Chipset MediaTek Dimensity 8100-Max (5 nm)
  • GPU Mali-G610 MC6
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4500 mAh, Fast charging 80W
  • Harga Rp 10.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno8 Pro 5G dan Harganya
Jika kalian bertanya-tanya apakah Oppo Reno 8 Pro 5G worth it menggantikan daily driver lama, ketahui lebih dahulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Oppo Reno 8 Pro 5G

Hadir membawa serta sebutan ‘Pro’, tentu spesifikasi Oppo Reno 8 Pro 5G diharapkan lebih menggiurkan dari model regularnya. Tenang saja, mulai dari tampilan hingga jeroan, ponsel yang satu ini sudah siap jadi pilihan. Mari membahas selengkapnya mengenai kelebihan Oppo Reno 8 Pro 5G.

Desain Kece dan Ramping

Bosan dengan desain smartphone yang itu-itu saja? Oppo Reno 8 Pro 5G siap memberikan feel baru sebagai smartphone kekinian dengan membawa desain kece dan ramping yang lebih menawan dari pendahulunya.

Oppo Reno 8 Pro 5G memang memiliki rangka bodi yang nyaman digunakan dengan ketebalan hanya 7.3 mm saja dan bobot 183 gram. Ponsel ini menawarkan dua opsi warna Glazed premium yang terlihat anggun, yakni Glazed Black dan Glazed Green.

Layar AMOLED 120 Hz

Sebagai smartphone yang dibanderol relatif mahal, tentu saja spesifikasi display Oppo Reno 8 Pro 5G harus maksimal. Kali ini Oppo menyematkan layar AMOLED berukuran 6.7 inci yang mengusung resolusi Full HD Plus (1080 x 2412 piksel). Panel yang menjadi favorit hampir seluruh pengguna smartphone ini dibekali high refresh rate hingga 120 Hz dan touch sampling rate hingga 360 Hz. Alhasil, aktivitas harian mulai dari scrolling hingga gaming pun terasa lancar jaya.

Apalagi Oppo juga menyertakan dukungan color gamut DCI-P3 100% dan kedalaman warna hingga 1.07 milyar warna sehingga kalian tak perlu ragu soal kualitas visualnya. Salah satu kelebihan dari panel AMOLED ini adalah lebih hemat daya dan warna yang sedap dipandang. Melalui layarnya, Oppo Reno 8 Pro 5G juga menyertakan sensor sidik jari in-display yang responsif.

Chipset 5G

Oppo Reno 8 Pro 5G masuk dalam jajaran smartphone 5G kekinian yang powerful. Dapur pacunya diisi oleh chipset Dimensity 8100-Max yang merupakan SoC premium besutan MediaTek. Oppo melakukan kustom pada prosesor AI dan mengkombinasikan kinerjanya dengan cip NPU Mari Silicon X sehingga baik itu multitasking maupun kerja fotografinya terbilang oke.

MediaTek Dimensity 8100-Max membawa 8 inti CPU dengan kecepatan maksimum 2.85 GHz dan mengandalkan kartu grafis GPU Mali-G610 MC6. Ia juga membawa komponen modem internal 5G dan prosesor gambar Imagiq 780 melalui proses fabrikasi 5 nanometer.

Oppo Reno 8 Pro 5G memperoleh sokongan performa dari RAM LPDDR hingga 12 GB dan memori internal UFS 3.1 hingga 256 GB. Menariknya lagi, Oppo menyertakan fitur ekspansi RAM hingga 7 GB lho!

Konfigurasi Kamera Unggul

Kelebihan yang tidak boleh kalian lewatkan dari Oppo Reno 8 Pro 5G adalah konfigurasi kameranya yang unggul. Berkat NPU MariSilicon X yang disertakan, ia akan membantu penggunanya menghasilkan jepretan dan rekaman video layaknya kamera pro.

Oppo membekali perangkat ini dengan kamera utama Sony IMX766 beresolusi 50MP yang dipadukan bersama setup sensor ultrawide 8 MP dan kamera makro 2 MP. Adapun untuk kebutuhan swafoto atau videocall, Oppo Reno 8 Pro 5G membawa kamera depan beresolusi 32 MP.

SuperVOOC 80W

Baterai awet berkapasitas 4.500mAh pada Oppo Reno 8 Pro 5G didukung oleh teknologi SuperVOOC 80W. Dengan pengisi daya kebut ini, kalian bisa mengisi daya dari 0 hingga 100% hanya dalam waktu kurang dari 30 menit saja. Sangat menarik bukan?

Kekurangan Oppo Reno 8 Pro 5G

Selain kelebihannya yang menggoda, jangan lupa bahwa Oppo Reno 8 Pro 5G juga mempunyai kekurangan tersendiri. Berikut ini adalah list kekurangan Oppo Reno 8 Pro 5G yang wajib kalian ketahui.

Tidak Ada IP Rating

Kekurangan pertama ini tentu saja sangat fatal karena biasanya ponsel di atas 8 jutaan sudah mengantongi jaminan durability yang lengkap. Sayang sekali Oppo belum memberikan informasi mengenai sertifikasi rating Oppo Reno 8 Pro 5G sehingga penggunanya harus was-was ketika ponselnya terkena air atau debu.

Belum Mendukung Wireless Charging

Kalian belum bisa mencicipi dukungan wireless charging pada perangkat ini karena Oppo hanya menyertakan teknologi pengisi daya kencang saja. Hal tersebut membuat Oppo Reno 8 Pro 5G kalah saing dengan para rivalnya di rentang harga yang sama namun sudah menawarkan dukungan teknologi pengisi daya canggih dan lengkap termasuk wireless charge.

Itulah informasi kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 8 Pro 5G. Bagi sebagian pengguna, kekurangan Oppo Reno 8 Pro 5G masih bisa ditoleransi mengingat desain dan jeroannya memang sangat menarik. Overall, perangkat ini cocok bagi kalian yang berjiwa muda dengan mobilitas yang padat.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn