Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno8 4G

Berikut uraian kelebihan dan kekurangan Oppo Reno8 4G
Oppo Reno 8 Series resmi meluncur di Indonesia dengan spesifikasi jempolan yang sangat menarik perhatian. Salah satu anggota seri ini yang belum memiliki dukungan jaringan 5G adalah Reno 8 4G.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno8 4G
  • Rilis Agustus 2022
  • Layar 6.43 inci AMOLED 90Hz
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 680 4G (6 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 2 MP (microscope), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4500 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 5.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno8 4G dan Harganya
Karena jaringan terdepan ini belum merata di Indonesia, tak ayal Reno 8 4G pun tetap laris manis di kelasnya. Penasaran dengan ponsel cantik yang satu ini? Mari mengenal lebih jauh kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Oppo Reno 8 4G

Oppo Reno 8 4G didapuk sebagai HP paling murah di antara saudaranya. Kendati demikian, spesifikasinya pun tak main-main lho. Berikut ini kelebihan Oppo Reno 8 4G yang akan kalian dapatkan.

Layar AMOLED Lapang Full HD Plus

Sejak pertama kali diluncurkan, spesifikasi layar Reno 8 4G langsung disenangi pengguna setia Android. Bagaimana tidak karena Oppo menggunakan panel AMOLED 6.43 inci yang beresolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) sehingga visualisasinya sangat memanjakan mata. Apalagi ia dibekali kecepatan refresh hingga 90 Hz dan touch sampling rate hingga 180 Hz yang menjadikan navigasi serta input sentuhnya terasa smooth.

Display Oppo Reno 8 4G membawa kerapatan piksel hingga 409 ppi dan kedalaman warna hingga 16.7 juta warna. Ini artinya kalian bisa menikmati berbagai konten favorit lebih nyaman karena layarnya tajam dan penuh warna solid. Dari layar AMOLED ini, kalian sudah bisa menikmati fitur fingerprint under display optical yang sangat efisien digunakan.

Kombinasi Kamera Mumpuni

Bagi kalian yang menyukai fotografi mobile tak perlu risau soal kinerja sensor kamera Oppo Reno 8 4G. Pasalnya, Oppo menyertakan setup kamera unggul yang dapat diandalkan untuk mengabadikan momen berharga atau menghasilkan konten sosial media yang jernih. Pada bagian punggungnya tersemat triple kamera yang mencakup sensor utama beresolusi 64 MP (aperture f/1.7), kamera makro 2 MP (aperture f/2.4), serta depth sensor dengan resolusi 2 MP (aperture f/2.4).

Selayaknya smartphone kekinian, Oppo Reno 8 4G juga membawa sejumlah fitur unggulan seperti EIS hingga Zoom Video. Selain itu, kamera depannya pun tak ingin kalah saing dengan resolusi besar 32 MP (aperture f/2.4).

Ruang Penyimpanan Jumbo

Beralih ke kelebihan selanjutnya, Oppo Reno 8 4G hadir dengan ruang penyimpanan jumbo yang tidak pelit untuk dimanfaatkan dengan optimal oleh penggunanya. Tersedia kapasitas RAM hingga 8 GB yang sudah didukung oleh fitur ekspansi RAM hingga 5 GB. Dengan total RAM 13 GB ini, tentu performa Oppo Reno 8 4G akan lebih luwes lagi.

Sementara memori internalnya hadir dengan ukuran hingga 256 GB sehingga kalian tak perlu mengkhawatirkan soal kecepatan baca tulis atau kinerjanya sebagai daily driver. Masih membutuhkan kapasitas tambahan? Tenang, Oppo Reno 8 4G juga menyediakan slot microSD khusus kok.

Baterai Awet dan Fast Charging 33W

Kelebihan Oppo Reno 8 4G selanjutnya adalah kapasitas daya yang besar sehingga awet dan tahan lama untuk menemani tugas harian tanpa takut lekas kehabisan baterai. Oppo membenamkan baterai Li-Po berkapasitas 4.500 mAh pada perangkat ini. Daya tersebut bisa kalian isi ulang dengan cepat berkat dukungan fast charging hingga 33W yang diklaim dapat mengisi full battery kurang dari satu jam saja!

Ultra-Slim Retro Design

Konsep desain ultra-slim retro Reno 8 4G hadir karena perangkat ini sangat tipis dan ringan sehingga tampak sangat berkelas. Ya, dengan ketebalan hanya 7.7 mm dan bobot 182 gram, Oppo menyertakan desain kilauan dari Oppo Glow yang tahan goresan. Desain cantik tersebut hadir dalam dua variasi warna menawan, yakni Starlight Black dan Downlight Gold.

Kekurangan Oppo Reno 8 4G

Dibanderol dengan harga 4 jutaan, Oppo Reno 8 4G menyimpan beberapa kekurangan yang harus kalian pertimbangkan kembali agar tidak menyesal. Berikut ini kekurangan Oppo Reno 8 4G.

Resolusi Video Mentok Full HD

v Meskipun Oppo Reno 8 4G menawarkan sensor kamera beresolusi besar dan sejumlah fitur terkini, namun kalian harus puas dengan kemampuan video recordingnya yang hanya bisa mencapai resolusi 1080p pada kecepatan 30 fps.

Dapur Pacu Lesu

Kekurangan Oppo Reno 8 4G selanjutnya ada pada sektor dapur pacunya yang kurang gahar. Meski diotaki Snapdragon 680 yang dikenal mampu menangani multitasking dengan baik, namun versi Snapdragon 600 tidak bisa mengungguli kelas menengah yang sudah menggunakan versi 700 untuk kinerja yang mantap.

Tidak Ada Speaker Stereo

Oppo Reno 8 4G juga tidak menawarkan komponen output audio stereo, melainkan hanya speaker mono saja. Alhasil suara yang dihasilkan olehnya tentu kurang stabil dan jernih.

Demikian kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 8 4G kali ini. Setelah mempertimbangkan beberapa poin di atas, apakah smartphone ini masih jadi pilihan kalian?

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn