Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno8 5G

Berikut uraian kelebihan dan kekurangan Oppo Reno8 5G
Oppo Reno 8 5G adalah salah satu produk rilisan Oppo yang menghadirkan sejumlah peningkatan yang semakin memikat. Mulai dari performa dapur pacu hingga kemampuan fotografi menjadi sektor unggulan ponsel ini untuk pengguna setia Android mid-range.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno8 5G
  • Rilis Agustus 2022
  • Layar 6.4 inci AMOLED 90Hz
  • Chipset MediaTek Dimensity 1300 (6 nm)
  • GPU Mali-G77 MC9
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4500 mAh, Fast charging 80W
  • Harga Rp 8.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno8 5G dan Harganya
Namun terlepas dari aspek unggulan tersebut, tentu saja Oppo Reno 8 5G menyimpan beberapa kekurangan yang bisa jadi deal breaker.

Agar tidak menyesal memilihnya sebagai daily driver untuk menggantikan smartphone lama kalian, ketahui lebih dahulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Oppo Reno 8 5G

Oppo Reno 8 5G menjadi penerus dari Reno 7 5G yang dibanderol di rentang harga 7 jutaan. Dengan harga yang relatif mahal ini, kalian akan mendapatkan sejumlah kelebihan di bawah ini.

Desain Sedap Dipandang

Sudah bukan rahasia lagi seri Reno milik Oppo adalah seri yang cantik dengan unibodi yang sedap dipandang mata. Kali ini Oppo Reno 8 5G mengusung konsep desain Oppo Glow yang memiliki glittering serta masih dengan jaminan tahan goresan atau pun noda. Bodi datarnya menjamin ergonomik yang nyaman dengan ketebalan hanya 7.67 mm saja dan berat total di angka 179 gram.

Oppo Reno 8 5G tersedia dalam dua variasi warna yang sama menariknya dengan pilihan Shimmer Black dan Shimmer Gold.

Layar AMOLED Full HD Plus

Oppo Reno 8 5G mengusung panel AMOLED lapang dengan tipe layar punch-hole sehingga tampak lebih modern. Ukuran layarnya sendiri adalah 6.4 inci dan tentunya sudah beresolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) sehingga baik ketajaman maupun rentang pandangnya sangat memuaskan. Untuk aktivitas scrolling yang lancar, Oppo menyertakan refresh rate hingga 90 Hz.

Layar cantik pada perangkat ini diklaim bisa mencapai tingkat kecerahan hingga 800 nits dan mendukung HDR10+ sehingga mendukung streaming konten dengan nyaman. Selain itu, layar Oppo Reno 8 5G sudah mengusung in-display fingerpint untuk sistem biometrik yang efisien. Sebagai pelindungnya, Oppo memberikan proteksi berupa Gorilla Glass 5 dari Corning.

Dapur Pacu Kencang

Sebagai salah satu ponsel 5G jagoan Oppo, tentu saja Reno 8 5G menawarkan dapur pacu yang unggul di kelasnya. Kalian bisa mengandalkan kinerja gesit dari MediaTek Dimensity 1300 yang membawa komponen CPU Octa-core berkecepatan maksimum 3 GHz dan pengolah grafis lancar jaya GPU Mali-G77. Melalui proses fabrikasi 6 nanometer, SoC 5G ini menawarkan peningkatan performa CPU hingga 40%, peningkatan efisiensi daya hingga 20%, dan bahkan peningkatan rendering grafis hingga 106%.

Jangan khawatir soal overheat jika kalian tergolong pengguna yang gemar multitasking aplikasi atau bermain game berat. Pasalnya, Reno 8 5G mempunyai VC Liquid Cooling System sehingga dapat menjaga suhu ponsel tetap stabil.

Kapasitas Penyimpanan Besar

Oppo Reno 8 5G juga tak ingin kalah saing dalam hal ruang penyimpanan. Oleh sebab itu pada perangkat ini kalian akan mendapati kapasitas RAM hingga 8 GB dan memori internal hingga 256 GB. Dengan kata lain, Oppo Reno 8 5G mampu menangani aktivitas multitasking dengan lancar tanpa kendala.

Setup Kamera Unggul

Salah satu kelebihan yang banyak dicari dari Oppo Reno 8 5G adalah hadirnya setup kamera unggul yang menjadi andalannya untuk mendapatkan hasil potret yang solid. Di punggungnya tersemat triple kamera yang dipimpin oleh sensor Sony IMX766 beresolusi 50 MP. Ia ditemani oleh kamera ultrawide 8 MP dan kamera makro dengan resolusi 2 MP. Kamera depannya juga tak kalah mumpuni dengan mengandalkan sensor Sony IMX709 beresolusi 32 MP.

Berbagai fitur yang sayang untuk dilewatkan diantaranya adalah Night Portrait, Ultra Night Video, hingga AI Slow Motion. Melalui kamera utama kalian dapat merekam video hingga resolusi 4K pada kecepatan 30 fps.

Baterai Besar

Oppo Reno 8 5G siap menjadi daily driver dengan mengandalkan kapasitas baterai sebesar 4.500 mAh yang diklaim dapat bertahan hingga 18 jam 27 menit untuk video playback. Ia dapat diisi ulang dengan cepat berbekal dukungan fast charging 80 Watt.

Kekurangan Oppo Reno 8 5G

Nah, setelah membahas mengenai kelebihannya, mari ketahui secara menyeluruh apa saja kekurangan Oppo Reno 8 5G yang wajib dipertimbangkan kembali.

Belum Menyuguhkan OIS

Kekurangan pertama dari Oppo Reno 8 5G adalah absennya fitur OIS pada sistem kamera. Dengan harga di atas 5 juta, sangat disayangkan Oppo belum menyertakan dukungan fitur penstabil ini.

Speaker Mono

Siapa nih yang menyukai output suara nendang? Lagi-lagi sangat disayangkan Oppo Reno 8 5G belum bisa memberikan kualitas suara jernih seperti kebanyakan ponsel kelas menengah saat ini. Pasalnya, Oppo Reno 8 5G hanya dibekali speaker mono saja.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari Reno 8 5G sebagai jagoan baru Oppo yang belum lama ini hadir di pasar smartphone Indonesia. Bagaimana? Siap menjajal kelebihannya atau justru masih ingin beralih ke opsi lainnya karena beberapa kekurangan di atas?

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn