Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno8 Z 5G

Berikut uraian kelebihan dan kekurangan Oppo Reno8 Z 5G
Oppo Reno 8 Z 5G menjadi salah satu anggota Reno 8 Series yang resmi hadir pada September lalu. Ponsel yang bersaing di segmen mid-range ini merupakan penerus dari Reno 7 Z 5G dengan beberapa peningkatan spesifikasi penting.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno8 Z 5G
  • Rilis Agustus 2022
  • Layar 6.43 inci AMOLED
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G (6 nm)
  • GPU Adreno 619
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4500 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 6.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno8 Z 5G dan Harganya
Penasaran dengan kelebihan Reno 8 Z 5G? Simak informasi lengkapnya dalam tulisan ini.

Kelebihan Oppo Reno 8 Z 5G

Dari tagline “The Portrait Expert” yang dibawanya, tentu kita sudah bisa menerka bahwa Reno 8 Z 5G menjagokan sektor fotografi. Lebih dari sekadar ponsel dengan kamera mumpuni, berikut ini kelebihan yang disuguhkan oleh Oppo Reno 8 Z 5G.

Desain Premium dengan Dual Orbit Lights

Setiap lini Oppo memiliki ciri khas desain yang unik sehingga tak heran banyak diburu oleh pencinta smartphone stylish. Pada Oppo Reno 8 Z 5G, terdapat kombinasi dari Ultra Slim Retro dan Oppo Glow untuk menghasilkan bodi yang yampak ramping, berkilau, dan tahan goresan. Pada lensanya, Oppo menyertakan Dual Orbit Lights atau lingkaran cahaya di sekitar lensa kamera. Ia akan menyala otomatis ketika terdaat notifikasi atau sedang proses isi daya.

Kesan premium dari Oppo Reno 8 Z 5G semakin tampak dengan hadirnya dimensi yang kompak dan solid. Perangkat ini mempunyai dimensi 159.9 x 73.2 x 7.7 mm dan bobot secara keseluruhan hanya 181 gram saja.

Kamera Mumpuni

Sesuai tagline yang dibawa, Oppo Reno 8 Z 5G menyuguhkan sensor kamera mumpuni yang dilengkapi fitur terkini. Setup kamera belakangnya dipimpin oleh kamera utama 64 MP (aperture f/1.7) dengan EIS dan teknologi Pixel Binning.

Kamera utama tersebut disandingkan bersama kamera makro 2 MP (aperture f/2.4), dan sensor depth 2 MP (aperture f/2.4). Untuk keperluan selfie atau video call, Oppo menyertakan kamera selfie beresolusi 16 MP (aperture f/2.4) di bagian depan.

Ponsel ini membawa duungan AI Portrait dan Bokeh Flare Portrait yang mendukung hasil jepretan yang jernih. Beberapa fitur unggulan lainnya seperti Selfie HDR hingga AI Color Portrait juga sayang untuk dilewatkan.

Layar AMOLED Full HD+

Oppo Reno 8 Z 5G mengusung layar lapang berukuran 6.43 inci dengan resolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel). Display berpanelkan AMOLED ini mendukung gamut warna DCI-P3 93% dengan kendalaman warna 16.7 warna untuk menjamin visualisasi yang menyenangkan. Layar Oppo Reno 8 Z 5G memiliki rasio layar ke bodi sebesar 90.80% yang tampak cukup luas untuk digunakan menonton siaran favorit atau sekadar scrolling sosial media.

Oppo menawarkan kerapatan piksel hingga 409 ppi dan kecerahan hingga 600 nits pada layar Reno 8 Z 5G yang artinya mampu menampilkan konten tajam dengan visibilitas yang baik. Tak perlu ragu soal ketahanannya karena terdapat kaca pelindung Schott Xensation Up yang melapisinya.

Kapasitas Penyimpanan Jumbo

Ponsel ini juga menawarkan kelebihan berupa kapasitas penyimpanan jumbo yang mampu menangani multitasking tanpa tersendat. Kalian akan mendapatkan RAM hingga 8 GB yang sudah didukung oleh fitur ekspansi RAM hingga 5 GB. Selain total RAM 13 GB tersebut, Oppo Reno 8 Z 5G juga didukung oleh kapasitas memori internal hingga 256 GB.

Tak perlu khawatir kekurangan ruang penyimpanan karena perangkat ini pun masuk dalam jajaran smartphone kelas menengah yang menghadirkan slot microSD. Kalian bisa memperluas kapasitasnya hingga 1 TB lho!

Baterai Awet

Siapa sangka ponsel dengan bodi langsing dan ringan ini mengemas baterai besar 4.500 mAh yang awet seharian penuh. Oppo menyertakan dukungan SUperVOOC hingga 33 watt yang mampu mengisi ulang dari 0 hingga 100% dalam waktu kurang lebih 1 jam saja.

Konektivitas dan Sensor Lengkap

Oppo Reno 8 Z 5G menyediakan kelengkapan sensor dan konektivitas yang patut diacungi jempol. Oppo dengan senang hati membekalinya dengan sensor mumpuni yang akan membantu aktivitas sehari-hari mulai dari giroskop, sensor in-display optical, hingga kompas. Selain itu, Oppo Reno 8 Z 5G juga sudah dibekali jack audio 3.5 mm serta NFC.

Kekurangan Oppo Reno 8 Z 5G

Sudah puas menilik kelebihan Oppo Reno 8 Z 5G? Agar tidak bias, mari ketahui lebih lanjut mengenai kekurangannya.

Refresh Rate Hanya 60 Hz

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan banyak pengguna baru untuk memilih perangkat ini adalah kecepatan refresh yang masih dalam batas standar, yakni hanya 60 Hz saja. Alhasil navigasi dan aktivitas scrolling di atas layar pun menjadi kurang smooth.

Chipset Kalah Saing

Oppo Reno 8 Z 5G diotaki Qualcomm Snapdragon 695 yang membawa 8 inti CPU berkecepatan hingga 2.2 GHz dan GPU Adreno 619. Kendati menjamin kinerja lancar, namun performa di kelasnya sudah berada di level yang lebih tinggi. Untuk smartphone di atas 3 jutaan tentu saja hal ini membuat Oppo Reno 8 Z 5G kalah saing di antara para rivalnya.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 8 Z 5G yang wajib kalia ketahui. Secara menyeluruh, tentu saja ponsel cantik yang satu ini cocok untuk kalian yang menginginkan smartphone dengan highlight di sektor kamera.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn