Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo X80 Pro

Berikut uraian kelebihan dan kekurangan Vivo X80 Pro
Vivo X80 Pro adalah anggota X80 Series paling mahal dengan spesifikasi yang tentunya sangat menjanjikan. Vivo menyertakan selling point yang tidak biasa-biasa saja karena perangkat ini menggandeng ZEISS pada sektor kamera dan jeroan mumpuni untuk diandalkan sebagai daily driver.

HP Vivo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Vivo X80 Pro
  • Rilis Agustus 2022
  • Layar 6.78 inci LTPO3 AMOLED 120Hz HDR10+
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm)
  • GPU Adreno 730
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 12/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 8 MP (periscope telephoto), 12 MP (telephoto)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4700 mAh, Fast charging 80W
  • Harga Rp 16.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo X80 Pro dan Harganya
Namun terlepas dari hal tersebut, Vivo X80 Pro masih menyimpan beberapa poin minus yang menjadi kekurangannya. Mari simak kelebihan dan kekurangan Vivo X80 Pro berikut ini.

Kelebihan Vivo X80 Pro

Kemampuan Vivo dalam hal desain sekaligus fitur inovatif cukup terkenal karena konsisten menghadirkan smartphone unggul. Dari Vivo X80 Pro, kalian akan mendapatkan beberapa kelebihan berikut.

Bodi Kokoh dan Desain Premium

Tampilan Vivo X80 Pro sukses menggaet perhatian pencinta Android eye catching. Bagian paling mencolok yang terlihat pada aspek desainnya adalah modul kamera yang disusun dalam bentuk persegi panjang yang membentang hampir menutupi panel belakang. Layaknya cermin, kaca reflektif tersebut menjadi tempat bagi kamera yang disertai logo Zeiss sehingga tampak premium dan mahal.

Vivo X80 Pro mengantongi sertifikasi rating IP68 yang artinya memiliki ketahanan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1.5 meter selama 30 menit. Selain itu, Vivo melapisi panel belakang dan depan dengan Gorilla Glass Victus dari Corning sebagai jaminan build quality yang amat baik.

Layar AMOLED Tajam 120 Hz

Spesifikasi display Vivo X80 Pro benar-benar berbeda dari model regular sehingga cocok dijadikan pilihan bagi kalian yang menginginkan visualisasi kelas atas. Berpanel AMOLED E5 6.78 inci, layar perangkat ini mengusung resolusi hingga 2K (1440 x 3200 piksel). Kerapatan pikselnya pun tembus di angka 517 ppi dengan kemampuan menampilkan warna hingga 10 bit atau 1.7 milyar warna.

Tak lupa Vivo X80 Pro juga menyuguhkan kecepatan refresh hingga 120 Hz dan touch sampling rate sebesar 300 Hz untuk membuat navigasi layar terasa smooth. Menariknya lagi, tingkat kecerahan layar Vivo X80 Pro disebut-sebut bisa mencapai 1.500 nits.

Konfigurasi Kamera Mantap

Seri X80 mengunggulkan sensor kamera yang mantap untuk menghasilkan jepretan dan rekaman video kelas atas. Bukan sembarang kamera, Vivo X80 Pro menyuguhkan kamera utama dengan sensor Samsung ISOCELL GNV 50 MP yang juga dilengkapi dengan PDAF dan OIS. Ia ditemani oleh kamera sekunder ultrawide 48 MP dengan autofokus, kamera telephoto 12 MP yang didukung oleh gimbal OIS, dan sensor telephoto periskop 8 MP dengan zoom optik 5x serta OIS.

Lanjut ke bagian kamera selfienya, perangkat ini memiliki sensor 32 MP di bagian depan yang juga membawa sejumlah fitur terkini. Peran ZEISS pada sensor kamera Vivo X80 Pro sangat besar karena memberikan kemampuan lensa dan software yang mumpuni mulai dari Zeiss Natural Color hingga Movie Mode.

Jeroan Kencang

Vivo X80 Pro tidak lupa menawarkan kelebihan dari jeroannya yang diotaki oleh Snapdragon 8 Gen 1 (4nm) besutan Qualcomm dikombinasikan dengan chip Vivo V1+. SoC dari Qualcomm tersebut masuk dalam jajaran chip top-tier untuk smartphone high-end dengan kecepatan CPU maksimal 3.0 GHz dan GPU Adreno 730 yang berlari pada frekuensi 818 MHz.

Kedua chip yang ada pada Vivo X80 Pro disokong dengan kapasitas penyimpanan lapang yang terdiri dari RAM LPDDR5 hingga 12 GB dan memori internal UFS 3.1 sebesar 256 GB. Dengan kata lain, Vivo X80 Pro mampu menangani tugas harian dengan baik meskipun multitasking aplikasi berat.

Baterai Jumbo dan Fast Charging

Resolusi layar yang tinggi dan performa kencang dari perangkat ini tentu saja membutuhkan dukungan kapasitas baterai yang besar. Oleh sebab itu Vivo menyematkan baterai 4.700 mAh pada Vivo X80 Pro yang dipastikan awet dan tahan lama. Ia bisa diisi ulang dengan beberapa opsi pengisi daya cepat yang lengkap mulai dari fast charging 80 Watt, fast wireless charging 50 watt, dan reverse charging.

Kekurangan Vivo X80 Pro

Setelah membahas mengenai kelebihan Vivo X80 Pro, kini saatnya membahas kekurangan perangkat ini yang bisa dipertimbangkan kembali.

Bodi Bongsor

Vivo X80 Pro tidak termasuk dalam jajaran smartphone ultra-thin karena bodinya yang bongsor. Bagi kalian yang cenderung terbiasa dengan smartphone tipis dan ringan mungkin akan keberatan dengan bodi Vivo X80 Pro yang memiliki bobot hingga 215 gram dan ketebalan mencapai 9,1 mm.

Ruang Penyimpanan Kurang Variatif

Di Indonesia, perangkat ini memang hanya tersedia dalam konfigurasi tunggal RAM 12/256 GB saja. Vivo juga tidak menyediakan slot microSD untuk ekspansi penyimpanan eksternal sehingga kalian harus mencadangkan manual atau otomatis ke penyimpanan virtual ketika membutuhkan kapasitas lebih.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo X80 Pro. Ponsel gahar yang satu ini bisa diboyong dengan berbekal budget 15 jutaan.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn