Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo X80

Berikut uraian kelebihan dan kekurangan Vivo X80
Vivo X80 Series hadir Indonesia sejak Juli 2022 dengan dua model, yakni Vivo X80 dan Vivo X80 Pro. Keduanya menyuguhkan spesifikasi unggulan dari berbagai sektor mulai dari kamera hingga dapur pacu.

HP Vivo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Vivo X80
  • Rilis Agustus 2022
  • Layar 6.78 inci AMOLED 120Hz HDR10+
  • Chipset MediaTek Dimensity 9000 (4 nm)
  • GPU Mali-G710 MC10
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 12/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 12 MP (telephoto)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4500 mAh, Fast charging 80W
  • Harga Rp 12.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo X80 dan Harganya
Kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo X80 sebagai model regular sekaligus smartphone yang dibanderol lebih murah dari versi Pro. Penasaran? Simak informasinya hingga tuntas.

Kelebihan Vivo X80

Vivo X80 memiliki spesifikasi yang ditingkatkan dari suksesornya, yakni Vivo X70. Sebelumnya lini X dari Vivo memang dikenal sebagai kumpulan smartphone yang menawarkan spesifikasi unggul dengan segudang kelebihan. Nah, Vivo X80 sendiri memiliki kelebihan sebagai berikut.

Desain Ultimate Aesthetic

Kelebihan pertama yang akan kalian dapatkan dari perangkat ini adalah bagian desainnya yang tampak sangat menarik. Dengan konsep Ultimate Aesthetic Design, Vivo X80 memiliki modul kamera belakang yang disusun dalam kotak persegi panjang hitam dengan logo Zeiss yang menyertainya.

Vivo menggunakan material kaca pada panel belakang yang disebut dengan Flourite AG Matte sehingga menimbulkan kesan premium yang nyaman digunakan dimana saja dan kapan saja. Vivo X80 menawarkan dua variasi warna, yakni Urban Blue dan Cosmic Black.

Layar AMOLED Full HD+

Beralih ke kelebihan selanjutnya, Vivo X80 mengusung tampilan Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) dari layar AMOLED berukuran hingga 6.78 inci. Rentang display yang lebih lebar dari pendahulunya ini memiliki kerapatan piksel hingga 338 ppi yang membuat visualisasi semakin tajam. Ia diklaim mampu menampilkan tingkat kecerahan hingga 1.500 nits yang artinya kalian tak perlu ragu soal visibilitas di dalam maupun di luar ruangan.

Layar Vivo X80 hadir dengan refresh rate hingga 120 Hz untuk menampilkan gulir animasi dan transisi yang mulus. Menariknya lagi, Vivo ikut menyertakan sensor fingerprint in-display sehingga membuat layar Vivo X80 semaki istimewa.

Konfigurasi Kamera Unggul

Melalui seri ini, Vivo menjalin kerja sama dengan ZEISS Optics untuk menggaet perhatian pengguna yang fokus pada sektor fotografi. Tentu saja hasil foto serta rekaman videonya dipastikan sangat baik karena Vivo membekali Vivo X80 dengan ZEISS T* Coating pada seluruh kamera belakangnya untuk meminimalisir ghosting atau flare.

Vivo memasang kamera utama 50 MP lengkap dengan OIS dan PDAF. Sensor unggul tersebut disandingkan bersama kamera ultrawide 12 MP dengan sudut pandang luas dan kamera telephoto beresolusi 12 MP. Sementara untuk keperluan swafoto dan video call jernih, di bagian depan Vivo X80 menyediakan kamera beresolusi 32 MP. Menurut klaimnya, baik kamera depan maupun belakang Vivo X80 dapat merekam video dengan resolusi maksimal 4K pada 30 fps.

Dapur Pacu Luwes

Soal performa, Vivo X80 tak ingin kalah saing. Oleh sebab itu Vivo menyematkan SoC 5G kencang besutan MediaTek, Dimensity 9000, yang dipadukan bersama chip Vivo V1+ untuk meningkatkan kualitas sensor kamera dan performa.

MediaTek Dimensity 9000 dikenal sebagai prosesor kencang yang membawa kecepatan CPU hingga 3.05 GHz dan GPU Mali G710 yang bekerja optimal dengan dukungan teknologi HyperEngine 5.0. Vivo pun mengkombinasikan chip tersebut dengan RAM LPDDR5 8/12 GB dan memori internal UFS 3.1 bervariasi antara 128/256 GB.

Baterai Awet dan Fast Charging 80W

Kelebihan selanjutnya yang disuguhkan oleh Vivo X80 ada pada sektor baterai. Ya, perangkat ini mengemas daya 4.500 mAh yang terbilang standar bagi smartphone kekinian. Ia mampu menemani aktivitas kalian seharian penuh dan dapat diisi ulang dengan cepat berkat teknologi fast charging 80 watt.

Stereo Speaker

Sebagai ponsel kekinian, tentu saja tidak lengkap rasanya jika Vivo X80 belum menyuguhkan kualitas audio yang memadai. Kalian bisa sepuasnya menikmati film, streaming konten, mendengarkan musik, atau bahkan bermain gim dengan output suara yang jernih dan nyaring berkat hadirnya stereo speaker pada perangkat ini.

Kekurangan Vivo X80

Dibanderol lebih dari 7 jutaan, beberapa kekurangan Vivo X80 di bawah ini harus kalian pertimbangkan kembali.

Belum Mendukung Wireless Charging

Alih-alih fitur pengisi daya yang lengkap, Vivo X80 justru masih kalah saing di antara para rivalnya mengenai dukungan teknologi pengisi daya. Kalian harus puas dengan kecepatan charging hingga 80 watt pada perangkat ini tanpa sempat menjajal fast charging nirkabel karena Vivo X80 belum memiliki dukungan teknologi tersebut.

Tidak Ada Jack Audio

Vivo X80 mengikuti tren masa kini yang sudah menghilangkan port audio jack 3.5 mm sehingga suka tidak suka kalian harus beralih ke earbud tanpa kabel.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo X80 yang wajib kalian ketahui. Terlepas dari dua kekurangan di atas, Vivo X80 adalah pilihan yang tepat jika menginginkan HP baru dengan setup kamera mumpuni dan stylish.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn