Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y16

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Vivo Y16
Vivo Y16 menjadi salah satu saingan berat smartphone sejutaan lainnya dari vendor besar seperti Xiaomi, Infinix, Samsung, dan Oppo.

HP Vivo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Vivo Y16
  • Rilis September 2022
  • Layar 6.51 inci IPS LCD
  • Chipset Mediatek Helio P35 (12nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 3/32 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 5 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Harga Rp 1.800.000
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y16 dan Harganya
Bagi pengguna setia Android yang membutuhkan smartphone dengan spesifikasi dasar mumpuni dan tampilan stylish khas ponsel kekinian, Vivo Y16 adalah pilihan yang tepat. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan? Simak informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y16 selengkapnya dalam tulisan ini.

Kelebihan Vivo Y16

Jangan remehkan Vivo Y16 meski dibanderol dengan harga murah. Serangkaian spesifikasinya menawarkan kelebihan-kelebihan yang cukup menggoda berikut ini.

Desain Stylish

Vivo tak pernah main-main dalam hal mendesain smartphone baru. Vivo Y16 pun mendapatkan perhatian yang sama dengan mengusung konsep desain 2.5D Flat Frame untuk menimbulkan aksen premium. Sentuhan desain cantiknya hadir karena teknologi Vivo Dynamic Design dan Crystalline AG Matte Dynamic Color sehingga warnanya tampak begitu stylish dan kekinian.

Vivo Y16 tersedia dalam dua pilihan warna yang sama-sama menggoda, yakni Stellar Black dan Drizzling Gold. Keduanya memiliki bodi slim dan ringan dengan ketebalan hanya 8.2 mm saja dan bobot 184 gram. Pendek kata, ponsel cantik yang satu ini nyaman digunakan meski hanya dengan satu genggaman saja.

Mengantongi Sertifikasi Rating IP53

Hal menarik yang sekaligus menjadi kelebihan Vivo Y16 adalah hadirnya sertifikasi rating IP53. Artinya, perangkat ini masih aman apabila terkena semburan air karena memiliki ketahanan terhadap cipratan sedang. Karena tidak banyak smartphone 1 jutaan yang menyuguhkan kelebihan ini, maka Vivo Y16 tergolong unggul di kelasnya.

Layar Lapang

Vivo Y16 menggunakan panel IPS LCD berukuran 6.51 inci yang memberikan rentang pandang imersif untuk penggunanya. Ia membawa resolusi HD Plus (720 x 1600 piksel) dengan rasio layar ke body sebesar 82.5% yang cocok untuk menonton film maupun bermain game.

Display smartphone ini membawa kerapatan piksel 270 ppi dengan jaminan pelindung kesehatan mata alias fitur Eye Protection. Karena itulah Vivo Y16 akan tetap nyaman digunakan kapan saja dan dimana saja dengan kemampuan menyaring cahaya biru.

Memiliki Side Fingerprint

Berbeda dari smartphone murah lainnya yang menggunakan sensor sidik jari di punggung atau bahkan tidak membawa sensor sidik jari, Vivo Y16 justru menyuguhkan sidik jari di bagian samping. Vivo sendiri mengklaim bahwa sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol power ini sangat responsif dan mampu membuka kunci ponsel hanya dalam waktu 0.2 detik saja.

Pemilihan letak side fingerpint ini sangat tepat karena banyak yang menyukai sidik jari di sisi ponsel untuk kemudahan akses. Apakah kalian setuju akan hal ini?

Kapasitas Baterai Jumbo

Di balik bodi rampingnya, Vivo Y16 mengemas baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh yang mampu memainkan game tanpa henti hingga 7 jam lamanya. Jika digunakan untuk streaming video HD, Vivo Y16 diklaim dapat bertahan selama 18 jam. Sementara untuk aktivitas seperti pemutaran audio musik Vivo Y16 dapat menemani hingga 22 jam.

Seolah belum cukup sampai di situ saja, Vivo kembali membekalinya dengan VEG alias Vivo Energy Guardian yang berguna untuk menambah durasi pakai ponsel. Menariknya lagi kalian bahkan bisa memanfaatkan dukungan reverse charging sehingga memungkinkan perangkat ini berperan sebagai powerbank.

Sensor Kamera Dapat Diandalkan

Vivo Y16 tak lupa menyuguhkan kelebihan dari sektor fotografi. Ia membawa konfigurasi kamera yang mengikuti standar kelasnya dengan kamera utama beresolusi 13 MP dan kamera makro 2 MP. Sementara di bagian depan tersemat kamera selfie 5 MP yang hadir dengan banyak fitur mendukung. Kemampuan video recording Vivo Y16 pun termasuk baik karena bisa merekam hingga resolusi maksimal Full HD atau 1080p pada 30 fps.

Kekurangan Vivo Y16

Harus diakui bahwa 6 kelebihan Vivo Y16 di atas terlihat sangat menjanjikan. Namun jangan lupa untuk mempertimbangkan kembali 2 kekurangannya berikut ini.

Dapur Pacu Lesu

Jika berbicara soal performa, Vivo Y16 tidak bisa menyaingi para rivalnya. Hal ini dikarenakan dapur pacu ponsel ini terbilang masih lesu dengan ditenagai oleh MediaTek Helio P35. Chip lawas dengan fabrikasi 16 nanometer ini memiliki kinerja yang standar dan jelas belum cocok untuk multitasking berat atau untuk kebutuhan gaming.

Vivo juga hanya menyediakan konfigurasi penyimpanan tunggal dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB saja sehingga tak bisa banyak membantu meningkatkan performanya.

Kecepatan Refresh Hanya 60 Hz

Vivo Y16 belum bisa mengalahkan rivalnya yang hadir dengan refresh rate di atas standar 60 Hz. Oleh sebab itu kalian harus memaklumi apabila terkadang menemui lag saat menavigasikan layar.

Vivo Y16 memang bukan yang paling spesial di kelas entri. Namun deretan kelebihannya di atas mampu menjadikan perangkat ini salah satu smartphone paling worth it to buy tahun ini.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn