Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y22

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Vivo Y22
Vivo Y22 merupakan salah satu andalan Vivo di kelas mid-range yang bisa kalian dapatkan dengan harga 2 jutaan. Spesifikasi yang telah ditingkatkan membuat perangkat ini laris manis di kalangan generasi muda dengan desain eye-catching.

HP Vivo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Vivo Y22
  • Rilis September 2022
  • Layar 6.55 inci IPS LCD
  • Chipset MediaTek Helio G85 (12nm)
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4+1/64 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 2.400.000
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y22 dan Harganya
Apakah kalian penasaran dengan kelebihan dan kekurangan Vivo Y22? Mari membahasnya lebih lanjut dalam tulisan ini.

Kelebihan Vivo Y22

Vivo Y22 membuat penggunanya dejavu karena mengemas tampilan yang kurang lebih sama dengan Vivo Y35. Yuk, ketahui kelebihan Vivo Y22 berikut ini.

Bodi Cantik dan Kokoh

Perangkat ini memiliki bodi cantik yang elegan dengan modul kamera besar yang disusun rapi di bagian belakang. Vivo menggunakan teknik Dynamic Color yang dikombinasikan dengan Crystalline Matte sehingga tahan terhadap goresan ataupun sidik jari. Kalian bisa memilih salah satu dari tiga varian warna Starlit Blue, Metaverse Green, dan Cyan.

Untuk menjamin kekokohan bodinya, Vivo Y22 mengantongi sertifikasi rating IP5X untuk ketahanan dari debu dan rating IPX4 sebagai jaminan ketahanan dari cipratan air.

Performa Kuat

Smartphone ini ditenagai oleh prosesor gaming kuat besutan MediaTek, Helio G85. Chip yang ternama di smartphone entry-level ini membawa kecepatan CPU hingga 2.0 GHz dan komponen kartu grafis GPU Mali G52 yang berlari pada frekuensi 1 GHz. Kinerjanya yang ciamik bisa dengan mudah menangani rendering grafis serta buka tutup aplikasi berat.

Apalagi Vivo Y22 juga memiliki fitur Ultra Game Mode dan Multi Turbo 5.5 sehingga performa dalam menjalankan game kian terasa lancar. Siap menjajal performanya?

Didukung Fitur RAM Extended

Untuk mendukung kerja jeroannya, Vivo menyematkan dukungan ruang penyimpanan lapang yang bervariasi antara RAM 4 GB berpadu dengan memori internal 64 GB. Sementara varian yang lebih tinggi terdiri dari RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Vivo Y22 memiliki kemampuan menambah RAM dengan fitur RAM Extended hingga 2 GB untuk meningkatkan kerja multitaskingnya. Inilah yang membuat Vivo Y22 unggul di kelasnya karena masih jarang smartphone 2 jutaan yang mendukung fitur RAM Extended.

Triple Slot

Vivo Y22 masuk dalam jajaran smartphone dengan triple slot yang bisa mengggunakan dual SIM ditambah dengan slot microSD. Kalian dapat memperluas kapasitasnya secara eksternal dengan kapasitas hingga 1 Terabyte.

50 MP Night Camera

Ponsel cantik yang satu ini dibekali AI Triple Mode Camera yang dipimpin oleh 50 MP Night Camera dan kamera makro 2 MP. Ia memiliki fitur Super Night Mode yang mampu memotret dengan jelas meski di malam hari. Sementara untuk kamera depannya tersemat resolusi 8 MP.

Jangan lupa bahwa Vivo juga menyertakan berbagai fitur fotografi yang berkualitas mulai dari Eye Autofocus, Portrait, Time-lapse, hingga Mode Bokeh.

Baterai Besar

Tak jauh berbeda dengan pendahulunya, ponsel ini mengemas baterai jumbo 5.000 mAh yang lebih dari cukup untuk bermain game atau sekadar browsing. Vivo mengklaim bahwa ponsel ini dapat bertahan selama 20 jam untuk pemutaran video YouTube dan waktu pemakaian hingga 2 hari lamanya. Sementara untuk mengisi ulang daya besar ini Vivo menyediakan teknologi fast charging 18 watt.

Ketahanan daya Vivo Y22 juga hadir berkat Vivo Energi Guardian yang berpadu dengan AI Power Saving sehingga bisa digunakan lebih efisien. Tak hanya itu saja, tersedia pula dukungan fitur reverse charging yang menjadikan Vivo Y22 bisa berfungsi sebagai sumber pengisi daya.

Kekurangan Vivo Y22

Sekilas, memang Vivo Y22 tampaknya tidak menyimpan kekurangan. Namun beberapa poin di bawah ini menjadi kekurangannya yang harus kalian pertimbangkan kembali.

Layar Masih HD Plus

Ponsel yang satu ini mengadopsi layar LCD IPS berukuran 6.55 inci yang menawarkan kecerahan hingga 530 nits. Sayangnya resolusi yang ditampilkan oleh Vivo Y22 masih sebatas HD Plus (720 x 1612 piksel) saja sehingga kalah saing dari para rivalnya yang sudah mengusung resolusi Full HD Plus. Layarnya memuat rasio aspek yang cukup tinggi, yakni 20.1:9 dengan bezel yang terbilang tipis.

Speaker Mono

Perangkat ini belum menyuguhkan speaker stereo sehingga output suaranya kurang nendang. Kalian harus puas dengan kualitas suara dari speaker mononya saja.

Setup Kamera Kurang Lengkap

Meskipun kamera utama Vivo Y22 beresolusi besar, namun setup kameranya masih kurang lengkap. Seperti misalnya lensa ultrawide yang tidak hadir padahal sangat dibutuhkan untuk memotret dalam jarak pandang yang luas. Selain itu, depth sensor juga tidak disertakan Vivo dalam konfigurasi kamera perangkat ini. Apakah hal ini bukan masalah bagi kalian?

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y22 yang wajib kalian ketahui. Semoga informasi ini bisa membantu dalam menentukan pilihan smartphone baru tahun ini ya.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn