Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A57

Oppo A57 dipasarkan untuk menempati segmen mid-range yang ramah di kantong. Tentu saja ponsel ini membawa peningkatan yang lebih diperhatikan Oppo agar menggaet banyak pengguna baru.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo A57
  • Rilis Juli 2022
  • Layar 6.56 inci IPS LCD
  • Chipset Mediatek Helio G35 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 2.400.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo A57 dan Harganya
Meski tidak sempurna, spesifikasinya dinilai cukup menggoda kok. Nah, apakah kalian berniat meminang Oppo A57 dalam waktu dekat? Mari ketahui kelebihan dan kekurangannya lebih lanjut.

Kelebihan Oppo A57

Menjadi anggota baru di seri A milik Oppo tahun ini, Oppo A57 jelas tidak bisa diremehkan. Berikut ini deretan kelebihannya yang patut diapresiasi.

Desain Berkelas

Dari tampilannya saja kita sudah bisa mengetahui bahwa Oppo A57 menawarkan kelebihan di sektor desain. Mengadopsi desain berkelas Oppo Glow, bodi rampingnya tampak menjamin ergonomis yang nyaman digunakan. Panel belakang perangkat ini memiliki lapisan spesial untuk membuatnya tidak mudah terkena noda atau jamur.

Perangkat ini bisa berubah warna sesuai kondisi cahaya sehingga terlihat ikonik dan cocok bagi kalian yang berjiwa stylish. Kalian dapat menggenggamnya hanya dengan satu tangan tanpa rasa tidak nyaman karena Oppo A57 hanya berbobot 186 gram dan memiliki ketebalan 8 mm saja. Oppo juga tidak lupa membekali Oppo A57 dengan sertifikasi rating IP54 yang berarti memiliki ketahanan dari semburan air dan debu. Menarik bukan?

Layar Lapang

Oppo A57 mengadopsi layar IPS LCD berukuran 6.56 inci yang menampilkan resolusi HD Plus (720 x 1612 piksel). Ukuran yang lapang tersebut diimbangi dengan dukungan color gamut DCI-P3 hingga 100% untuk menampilkan visualisasi yang tajam dan cerah. Oppo menyertakan kepadatan piksel hingga 269 ppi dan rasio layar ke bodi hingga 84.2 % yang cukup bersaing di kelasnya.

Selain itu, layar Oppo A57 menampilkan rasio aspek mencapai 20:9 sehingga mendukung kenyamanan pengguna. Tak perlu ragu soal visibilitas layarnya karena kecerahan layarnya bahkan bisa diturunkan hingga 2 nits agar kalian dapat menggunakan smartphone dalam kondisi yang baik ketika di ruangan gelap.

Speaker Stereo

Ponsel cantik yang satu ini menyuguhkan teknologi dual speaker yang sudah pasti mendukung output suara kelas atas. Tersedia fitur Ultra-linear Stereo yang menghasilkan pengalaman audio lebih nyata saat bermain game atau pun menonton film.

Menurut klaimnya, kejernihan speaker stereo Oppo A57 sangat terjamin karena konfigurasinya didukung oleh DIRAC 3.0.

Baterai Jumbo dan SuperVOOC 33W

Siapa nih penggemar smartphone dengan baterai besar? Oppo A57 adalah salah satu ponsel kekinian yang mampu memenuhi ekspektasi kalian mengenai daya baterai yang awet dan tahan lama. Pasalnya, ia mengemas daya berkapasitas 5.000 mAh sehingga dapat diandalkan seharian penuh. Meski layarnya lapang, resolusi HD Plus yang dimilikinya turut menyokong ketahanan daya untuk bertahan lebih lama.

Oppo menyertakan teknologi SuperVOOC 33 Watt pada Oppo A57 yang bisa mengisi dengan cepat. Dari kondisi baterai 0 hingga 100%, charger tersebut hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam saja.

Memiliki Side Fingerprint

Oppo A57 mengusung tipe sistem biometrik side fingerprint alias sidik jari di samping bodi yang menyatu dengan tombol power. Pemindai sidik jari ini disebut sangat sensitif sehingga efisien digunakan dalam semua kondisi. Selain responsif, peletakan sidik jari di samping perangkat memang umum disukai karena memudahkan pengguna untuk menjangkaunya.

Paket Penjualan Lengkap

Kelebihan yang satu ini termasuk sisi positif yang patut diacungi jempol. Pasalnya, saat ini mayoritas ponsel kekinian tidak menyertakan paket penjualan lengkap. Sedangkan Oppo A57 menyediakan charger, screen protector, softcase, dan termasuk kabel ke dalam paket penjualan sehingga penggunanya tidak perlu mengeluarkan budget lebih.

Kekurangan Oppo A57

Selain kelebihan-kelebihan yang cukup menggoda, Oppo A57 mempunyai beberapa kekurangan berikut ini.

Spesifikasi Kamera Biasa Saja

Oppo A57 tidak menawarkan spesifikasi kamera yang memadai untuk unggul di kelasnya. Oppo hanya menyematkan dual kamera di bagian punggungnya yang mencakup sensor utama 13 MP dan depth sensor 2 MP. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 8 MP yang juga termasuk standar untuk bersaing di antara para rivalnya yang sudah menawarkan sensor serta resolusi lebih besar.

Dapur Pacu Kalah Saing

Kekurangan Oppo A57 selanjutnya ada di sektor dapur pacu. Perangkat ini mengandalkan chipset Helio G35 besutan MediaTek yang tidak cocok untuk bermain game dengan intensif namun masih bisa diandalkan untuk tugas harian. Ia disokong oleh RAM 4 GB dan memori internal hingga 64 GB pada Oppo A57 sehingga mampu menyuguhkan performa cukup baik. Jika kekurangan kapasitas penyimpanan, Oppo A57 memiliki slot microSD yang dapat menampung hingga1 TB.

Itulah kelebihan dan kekurangan Oppo A57 yang tidak boleh kalian lewatkan. Smartphone ini dibanderol dengan harga 2 jutaan dan bahkan bisa lebih murah jika kalian mengikuti skema diskon di store resmi Oppo.