Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A95

Berikut uraian kelebihan dan kekurangan Oppo A95
Oppo A95 menjadi salah satu smartphone laris manis yang menawarkan spesifikasi mumpuni di kelasnya. Tak perlu mahal-mahal, hanya 3 jutaan saja kalian sudah bisa meminang perangkat ini kok.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo A95
  • Rilis Juli 2022
  • Layar 6.43 inci AMOLED
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 662 (11 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 3.400.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo A95 dan Harganya
Namun sebelum memutuskan untuk memilihnya sebagai daily driver, mari pertimbangkan beberapa kelebihan dan kekurangan Oppo A95 berikut.

Kelebihan Oppo A95

Berada di rentang harga 3 jutaan, tentu tidak mudah bagi Oppo A95 untuk bersaing mengungguli para rival besarnya mulai dari Samsung hingga Xiaomi. Daripada semakin penasaran dengan kelebihannya, mari simak lebih jauh beberapa kelebihannya di bawah ini.

Layar AMOLED Full HD+

Kelebihan pertama yang akan didapatkan dari Oppo A95 adalah layar lebarnya yang sudah menampilkan resolusi Full HD+. Panel AMOLED tersebut menawarkan rentang ukuran 6.43 inci dengan klaim kedalaman warna hingga 16 juta warna (8 bit) serta gamut warna DCI-P3 92% sehingga visualisasinya tergolong memuaskan.

Oppo juga menyertakan kerapatan piksel hingga 409 ppi serta kecerahan hingga 800 nits. Dengan kata lain, perangkat ini cukup mumpuni bagi kalian yang menginginkan tampilan konten yang tajam dan berwarna solid. Jangan khawatir jika gemar menggunakan ponsel dalam jangka waktu yang lama karena layarnya pun menyediakan fitur All day AI Eye Care.

Kamera Mumpuni

Sebagaimana smartphone yang berada di harga 3 jutaan, Oppo A95 juga tidak ingin kalah saing dengan para kompetitornya. Kalian bisa mengandalkan kemampuan sensor utama 48 MP yang didampingi oleh kamera makro 2 MP dan sensor depth 2 MP. Sementara di bagian depan tersemat kamera selfie 16 MP yang hadir dengan fitur lengkap.

Kamera Oppo A95 menyuguhkan berbagai fitur mumpuni termasuk AI Scene Enhancement dan Night Mode. Menurut klaimnya, baik kamera depan maupun belakang perangkat ini bisa merekam video hingga resolusi 1080p pada kecepatan 30 fps.

Baterai Jumbo

Kelebihan selanjutnya yang ditawarkan oleh perangkat ini ada pada sektor baterai. Oppo A95 mengemas baterai 5.000 mAh dengan daya tahan hingga 2 hari jika digunakan dengan intensitas yang tidak terlalu berat. Tak hanya itu saja, proses pengisian daya pada Oppo A95 tergolong cepat karena terdapat dukungan SuperVOOC hingga 33 Watt yang mampu mengisi ulang full battery dalam waktu 1 jam saja.

Kinerja Oke

Kabar baik bagi kalian yang menyukai smartphone dengan kinerja cepat, Oppo A95 dapat diandalkan karena diotaki Snapdragon 662. Salah satu chip kencang dari Qualcomm ini memiliki CPU Octa-core dengan kecepatan hingga 2 GHz dan GPU Adreno 610 yang berlari pada frekuensi 950 MHz.

Oppo mengkombinasikan kerja hardware perangkat ini dengan penyimpanan lapang antara RAM 8 GB dan memori internal sebesar 128 GB. Tenang, kalian masih bisa memperluas kapasitasnya secara eksternal melalui slot microSD kok.

Sensor Lengkap

Oppo A95 menggaet perhatian banyak pengguna melalui hadirnya sensor lengkap yang sangat efisien. Bagaimana tidak mulai dari sensor fingerprint in-display, geomagnetik, akselerometer, sensor optik dan jarak, giroskop, hingga sensor gravitasi dan pengukur langkah sudah disediakan Oppo pada ponsel ini. Sangat menarik bukan?

Desain Eye-catching dan Kuat

Oppo A95 cocok digunakan oleh siapa saja terutama bagi kalian yang menyukak ponsel eye-catching. Mengusung desain Oppo Glow, Oppo A95 punya bodi langsing yang memiliki ketebalan hanya 7.95mm dan berat 175 gram saja. Ia mengantongi sertifikasi tahan cipratan air IPX4 sehingga tidak perlu khawatir menggunakannya saat gerimis.

Kekurangan Oppo A95

Meski sederetan kelebihannya sangat menggoda, Oppo A95 juga menyimpan beberapa kekurangan yang mungkin bisa jadi deal breaker. Apa saja kekurangan tersebut? Mari membahasnya lebih lanjut.

Speaker Stereo Absen

Sebagai smartphone kelas menengah, sangat disayangkan Oppo belum membekali A95 dengan speaker stereo. Meski kualitas audionya disebut-sebut cukup baik, namun tentu saja dual speaker akan lebih nendang untuk mengonsumsi konten daripada speaker mono. Apakah hal ini menjadi salah satu pertimbangan penting kalian?

Layar Refresh Rate Standar

Meskipun Oppo A95 megusung layar AMOLED lebar dengan resolusi Full HD Plus, kalian harus puas dengan kecepatan refresh yang tidak tinggi. Ya, Oppo A95 hanya menawarkan refresh rate 60 Hz saja sementara para pesaingnya sudah menawarkan kecepatan refresh minimal 90 Hz.

Tidak Ada Pelindung Layar

Oppo A95 merupakan salah satu dari sekian banyak smartphone yang belum dibekali pelindung layar. Oleh sebab itu, kalian harus mengeluarkan budget lebih untuk membeli proteksi display sendiri agar tenang menggunakannya dimana saja dan kapan saja.

Itulah kelebihan dan kekurangan Oppo A95 yang wajib kalian pertimbangan sebelum memilihnya sebagai daily driver. Overall, perangkat ini cocok untuk digunakan para pengguna smartphone dengan mobilitas yang tinggi dan berdesain kekinian.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn