Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A76

Berikut uraian kelebihan dan kekurangan Oppo A76
Siapa sih yang tidak kenal A Series dari Oppo? Salah satu jagoannya dari seri ini adalah Oppo A76 yang dibanderol dengan harga 3 jutaan saja.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo A76
  • Rilis Juli 2022
  • Layar 6.56 IPS LCD 90Hz
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 680 4G (6 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 3.400.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo A76 dan Harganya
Bukan sekadar desain stylish atau baterai badaknya, perangkat ini juga menyuguhkan performa unggul serta berbagai keunggulan lainnya. Mari mengulik lebih dalam apa saja kelebihan dan kekurangan Oppo A76.

Kelebihan Oppo A76

Ponsel ini diluncurkan pada kuartal pertama 2022 dengan menargetkan para gen Z yang menyukai smartphone eye catching. Dari Oppo A76, kalian akan mendapatkan sederet kelebihan berikut.

Layar Lebar 90 Hz

Kelebihan pertama yang diusung Oppo A76 datang dari sektor layar. Berpanelkan LCD IPS, perangkat ini memiliki layar lebar berukuran 6.56 inci HD Plus. Untuk navigasi serta aktivitas scrolling yang nyaman, Oppo membekalinya dengan kecepatan refresh hingga 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz. Alhasil, kalian dapat menggunakannya dengan nyaman seharian tanpa takut menemui issue lag atau patah-patah.

Selain itu, layar Oppo A76 diklaim bisa mencapai tingkat kecerahan hingga 600 nits dan mendukung gamut warna DCI-P3 yang akan menjadikan visibilitas layarnya sangat oke baik itu di dalam maupun di luar ruangan. Dengan kedalaman warna 8-bit dan kerapatan piksel layar 269 ppi, ia bisa diandalkan untuk menonton berbagai konten favorit.

Baterai Badak dan Fast Charge 33W

Salah satu kelebihan yang sulit untuk ditolak dari sebuah smartphone adalah kapasitas dayanya yang unggul. Kalian bisa mengandalkan sepenuhnya baterai 5.000 mAh yang dikemas oleh Oppo A76 untuk menemani aktivitas seharian penuh.

Jika digunakan dengan penggunaan yang ringan alias tidak terlalu intens, bahkan Oppo A76 bisa bertahan hingga 2 hari lamanya. Oppo menyematkan dua cell daya 2.500 mAh untuk meningkat efisiensi penggunaan dan isi ulang.

Persoalan dukungan pengisi daya, Oppo menyediakan teknologi SuperVOOC 33 Watt miliknya yang diklaim dapat mengisi dari 0 hinhga 100% dalam durasi kurang lebih 1 jam saja. Hal ini membuat Oppo A76 menjadi ponsel perdana di seri A milik Oppo yang hadir dengan dukungan fast charger 33W.

Desain Oppo Glow

Siapa pun tentu setuju bahwa tampilan dari Oppo A76 sangat sedap dipandang. Bodinya mengadopsi desain Oppo Glow yang membuat panel belakang perangkat ini tidak mudah terkena goresan. Tak hanya itu saja, Oppo bahkan membekalinya dengan jaminan tahan air lho! Kalian bisa memilih salah satu dari dua varian warna yang sama-sama menarik, yakni Glowing Black dan Glowing Blue.

Performa Mantap

Beralih ke kelebihan selanjutnya, Oppo A76 diotaki chipset hemat daya dari Qualcomm, Snapdragon 680. Chip 4G yang populer di ponsel mid-range ini memiliki performa unggul dengan CPU Octa-core berkecepatan 2.4 GHz dan pengolah grafis GPU Adreno 610. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tak hanya kencang saja, Snapdragon 680 menjalankan komponennya melalui proses fabrikasi 6 nanometer yang secara praktis lebih hemat daya hingga 20% dibanding pendahulunya.

Penyimpanan Lega

Mengiringi performa mantapnya, dapur pacu Oppo A76 juga diisi dengan penyimpanan lega yang mampu mendukung kinerja lancar jaya. Pasalnya, Oppo telah menyertakan fitur RAM Expansion hingga 5 GB sehingga total RAM yang akan kalian dapatkan adalah 6 GB + 5 GB. Sementara kapasitas penyimpanan internal dari Oppo A76 adalah 128 GB. Masih kurang? Tenang, ada slot microSD yang bisa dimanfaatkan untuk memperluas kapasitas penyimpanan secara eksternal.

Kekurangan Oppo A76

Setelah membahas mengenai kelebihan perangkat ini, mari mempertimbangkan beberapa kekurangan Oppo A76 agar tidak salah pilih.

Setup Kamera Minim

Untuk smartphone 3 jutaan, Oppo A76 masih kalah saing dengan para rivalnya di rentang harga yang sama. Bagaimana tidak karena Oppo hanya menyematkan sensor dual kamera belakang yang terdiri dari sensor utama 13 MP dan kamera sekunder beresolusi 2 MP. Sementara kamera depannya menawarkan resolusi 8 MP saja.

Sebagai penawar kekecewaan, Oppo A76 disebut-sebut memiliki kemampuan rekaman video hingga 1080p pada kecepatan 30 fps di kamera depan dan kamera utamanya. Tertarik untuk menjajal kamera perangkat ini?

Belum Mendukung NFC

Apakah kalian penggemar smartphone dengan fitur lengkap? Jika iya, maka harus siap-siap kecewa dengan Oppo A76 karena fitur NFC yang disukai oleh mayoritas pengguna smartphone masih absen dari ponsel ini. Padahal, para kompetitornya sudah berlomba-lomba menawarkan fitur konektivitas serta sensor lengkap termasuk NFC.

Layar Belum Full HD+

Siapa nih pencinta layar FHD+? Sangat disayangkan Oppo A76 belum mampu memenuhi ekspektasi kalian mengenai visualisasi tajam di kelasnya karena panel IPS LCD pada perangkat ini hanya menawarkan resolusi HD+ saja.

Itulah kelebihan dan kekurangan Oppo A76 yang wajib kalian catat. Secara keseluruhan, perangkat ini worth it to buy untuk pengguna yang menginginkan smartphone stylish dengan performa mantap dan tahan lama.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn