Review Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Lite 5G

Berikut uraian kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Lite 5G
Xiaomi dengan gencar merilis smartphone baru dengan harga jual yang ramah di kantong. Kali ini, kita akan membahas mengenai Xiaomi 12 Lite 5G yang membawa peningkatan spesifikasi dari pendahulunya.

HP Xiaomi
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Xiaomi 12 Lite 5G
  • Rilis Juli 2022
  • Layar 6.55 inci AMOLED 120Hz Dolby Vision HDR10+
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 778G 5G (6 nm)
  • GPU Adreno 642L
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 108 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4300 mAh, Fast charging 67W
  • Harga Rp 5.800.000
Selengkapnya : Spesifikasi Xiaomi 12 Lite 5G dan Harganya
Dibanderol 5 jutaan, berikut ini serangkaian kelebihan serta kekurangan yang akan kalian temui pada perangkat ini.

Kelebihan Xiaomi 12 Lite 5G

Sesuai yang tertera pada namanya, perangkat ini adalah versi ‘Lite’ dari seri Xiaomi 12 sehingga bisa kalian cicipi performanya dengan harga murah. Daripada semakin penasaran, simak informasi mengenai kelebihan Xiaomi 12 Lite 5G berikut.

Desain Menawan

Saat pertama kali diluncurkan, aura stylish dan menawan langsung bisa dilihat dari Xiaomi 12 Lite 5G. Bagaimana tidak karena Xiaomi memadukan warna kalemnya dengan efek gradasi satin sehingga menimbulkan kesan premium. Bagi kalian yang menyukai smartphone dengan desain sedap dipandang, tentu saja Xiaomi 12 Lite 5G cocok jadi pilihan utama.

Xiaomi 12 Lite 5G hadir dengan unibodi ramping dan ringan dengan ketebalan hanya 7,3 mm saja dan berat 173 gram. Xiaomi menggunakan flat frame yang berpadu dengan back cover yang memiliki finishing matte membuat perangkat ini nyaman digunakan karena tidak rentan noda.

Layar AMOLED 120 Hz

Kelebihan selanjutnya yang sayang dilewatkan dari Xiaomi 12 Lite 5G adalah layar AMOLED lapang berukuran 6.55 inci. Layar yang disebut dengan DotDisplay ini menyuguhkan resolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) dengan kerapatan piksel mencapai 402 ppi. Tampilannya yang tajam diimbangi dengan gulir dan input sentuh smooth karena Xiaomi menyertakan high refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz.

Menurut klaimnya, layar Xiaomi 12 Lite 5G mampu mencapai kedalaman wana hingga 12-bit dan sudah mendukung HDR10+ serta Dolby Vision. Dari layar cantiknya, kalian juga akan menemukan sistem biometri fingerpint under display yang sangat responsif. Jangan ragu soal ketahanan display karena tersemat proteksi berupa Corning Gorilla Glass 5 pada perangkat ini.

Performa Gesit

Xiaomi 12 Lite 5G juga disorot dari sektor hardware karena diotaki chipset kebut besutan Qualcomm, Snapdragon 778G 5G. Karena SoC 5G inilah Xiaomi 12 Lite 5G bisa bersaing dengan mudah di segmen mid-range karena berani menjamin kinerja kencang lancar jaya.

Dengan CPU 8 inti, Snapdragon 778G 5G bekerja dengan kecepatan CPU hingga 2,4 GHz dan mengandalkan pengolah grafis kuat GPU Adreno 642L. Seluruh komponen perangkat ini melalui proses fabrikasi 6 nanometer yang tentunya lebih efisien dan hemat daya.

Chip tersebut disokong oleh kapasitas penyimpanan lapang yang terdiri atas kombinasi RAM LPDDR4X hingga 8 GB dan memori internal UFS 2.2 sebesar 256 GB.

Kamera 108 MP

Tidak tanggung-tanggung, peningkatan sektor kameranya menawarkan sensor utama beresolusi besar 108 MP yang sudah dilengkapi dengan PDAF. Ia ditemani dengan kamera ultrawide 8 MP dan sensor makro 2 MP. Bahkan kamera depannya pun tak ingin kalah saing dengan resolusi besar 32 MP yang juga memiliki autofocus.

Bukan hanya hasil jepretan Xiaomi 12 Lite 5G saja yang bagus, kualitas rekaman video dari Xiaomi 12 Lite 5G dijamin ciamik karena bisa merekam hingga resolusi 4K pada kecepatan 30 frame per detik.

Baterai Awet dan Turbo Charging 67W

Smartphone berbodi langsing yang satu ini mengemas baterai berkapasitas 4.300 mAh. Kapasitas standar tersebut telah diotimalkan dengan baik dan didukung oleh teknologi Turbo Charging hingga 67 Watt. Ia dapat mengisi ulang daya dari 0 hingga 100% dalam waktu kurang dari 45 menit.

Speaker Stereo

Nah, bagi kalian yang menyukai output audio nendang tentunya akan sangat senang dengan speaker stereo pada Xiaomi 12 Lite 5G. Terdapat dual speaker yang disusun dengan speaker utama pada bagian bawah dan speaker kedua di bagian atas yang menyatu dengan earpiece.

Suara jernih dan nyaring dari dual speaker Xiaomi 12 Lite 5G sangat cocok untuk memaksimalkan pengalaman ketika menonton film atau bermain gim.

Kekurangan Xiaomi 12 Lite 5G

Sebelum yakin memilih Xiaomi 12 Lite 5G sebagai smartphone terbaru kalian tahun ini, pertimbangkan kembali beberapa kekurangannya berikut.

Tidak Ada Slot MicroSD

Xiaomi 12 Lite 5G tidak menyediakan slot microSD sehingga kalian harus mencari alternatif lain saat membutuhkan kapasitas tambahan. Padahal masih banyak smartphone mid-range yang masih menyuguhkan slot microSD sehingga ini membuat Xiaomi 12 Lite 5G kalah saing.

Kamera Tidak Didukung OIS

Kelemahan selanjutnya ada pada kelengkapan fitur kamera yang tidak menyediakan dukungan OIS. Jika Xiaomi menyertakan dukungan OIS pada perangkat ini tentu saja spesifikasi kameranya sangat mantap.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Lite 5G. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi yang membantu kalian saat akan membeli smartphone baru.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn