Kamu Pengguna Baru iPhone? Begini Tips Penggunaannya Anti Mati Gaya

Mungkin saat ini Kamu telah beralih dari smartphone Android dan menggantinya dengan IOS versi terbaru. Atau telah mengganti iPhone versi lama dan sekarang menggunakan iPhone 14 yang baru saja Kamu beli di Blibli. Jika benar, Kamu perlu mempelajari perubahan kebiasaan dari penggunaan smartphone yang lama.

HP iPhone
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Apple iPhone 14
  • Rilis Oktober 2022
  • Layar 6.1 inci Super Retina XDR OLED+ HDR10 Dolby Vision
  • Chipset Apple A15 Bionic (5 nm)
  • GPU Apple GPU (5-core graphics)
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB, 6/256 GB, 6/512 GB
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 12 MP (wide), SL 3D (depth/biometrics sensor)
  • Baterai Li-Ion 3279 mAh, Fast charging
  • Harga Rp 16.000.000 - 23.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Apple iPhone 14 dan Harganya
Sistem IOS tentu berbeda dengan Android. Untuk itu, diperlukan tips khusus agar Kamu terbiasa menggunakannya dengan cepat. Jangan khawatir akan kesulitan, karena tips yang disampaikan bisa langsung dipraktekkan.

Tips Menggunakan iPhone 14 Anti Mati Gaya

Jika Kamu sudah pernah menggunakan iPhone versi lama, maka upgrade penggunaan iPhone 14 tidak akan melalui kendala berlebihan. Kamu hanya perlu sedikit pembelajaran navigasi yang bisa cepat dipahami melalui penggunaan sehari-hari. Tapi jika Kamu sebelumnya adalah seorang pengguna Android, mungkin harus belajar lebih dalam lagi. Berikut ini tips menggunakannya.

Cara Membatalkan atau Mengedit iMessage

Kamu hanya diberi kesempatan selama 2 menit untuk melakukan pembatalan atau 15 menit untuk editing iMessage yang telah Kamu kirim pada pengguna versi IOS 16 lain. Untuk mengedit pesan, Kamu harus tekan dan tahan pesan hingga muncul menu tindakan cepat. Klik "Edit", lakukan perubahan pesan, lalu tekan centang biru. Kamu dapat melakukan 5 kali editing di satu pesan yang sama.

Lakukan tekan dan tahan pada pesan yang ingin Kamu batalkan. Pada menu tindakan cepat, klik "Batalkan Pengiriman". Jika penerima menggunakan IOS 15 atau versi yang lebih lama, kemungkinan mereka masih bisa melihat pesan yang sudah terkirim.

Menghapus Foto Duplikat

iPhone 14 memiliki fitur baru yaitu "Deteksi Duplikat". Fitur ini akan menggabungkan foto lama yang serupa atau terduplikasi dan membantu mengosongkan ruang penyimpanan. Masuk ke menu Gallery untuk menghapus foto duplikat. Scroll ke bagian bawah menuju fitur Utilitas, lalu pilih Duplikat. Kamu akan melihat kecocokan foto duplikat, lalu klik "Gabung". Kamu bisa melakukannya lebih cepat lagi dengan cara memilih beberapa foto sekaligus untuk menggabungkannya.

Menyalakan Indikator Baterai

Melihat muatan daya melalui indikator jelas lebih mudah ketimbang berusaha melihatnya dari ikon baterai. Untuk menyalakan indikator baterai iPhone 14, Kamu bisa menuju Setting/Pengaturan, masuk ke menu Baterai, lalu aktifkan indikator persentase baterai. Sekarang Kamu bisa melihat angka kecil yang menunjukkan pemakaian daya. Mudah, kan?

Penggunaan Widget di Beranda

Widget memungkinkan Kamu melihat info dari aplikasi favorit tanpa harus membuka aplikasi tersebut. Kamu dapat menggunakan widget di beranda, lock screen, atau melalui Tampilan Hari Ini dengan cara swipe layar langsung dari beranda atau melalui lock screen.

Pengaturan Efisiensi Baterai

Terdapat fitur otomatis terpasang di iPhone 14 yang berfungsi untuk mencegah baterai kehilangan efisiensinya. Namun fitur ini juga membuat waktu pengisian daya menjadi lebih lambat. Kamu bisa mematikan fitur ini melalui menu Setting/Pengaturan. Masuk ke menu Baterai, klik Kesehatan dan Pengisian Baterai, nonaktifkan tombol Pengisian Baterai yang Dioptimalkan. Kamu bisa mengubahnya sewaktu-waktu jika diperlukan.

Gunakan Focus agar Tidak Mendapat Notifikasi Seharian

Notifikasi pesan atau dari aplikasi lain memang diperlukan. Namun di waktu-waktu tertentu, saat bekerja, istirahat, atau meeting di kantor, Kamu mungkin merasa terganggu. Lakukan pengaturan menu Focus dan memilih "Jangan Ganggu", "Sedang Sibuk", atau lainnya.

Kamu juga dapat mengaktifkan notifikasi Time Sensitive yang memungkinkan aplikasi yang tidak diizinkan mengirim notifikasi ditandai sebagai Time Sensitive.

Mengubah Lock Screen

Pada iPhone 14 tersedia banyak pilihan lock screen baru. Kamu hanya perlu menyentuh dan tahan lock screen hingga tombol "Sesuaikan" muncul di bagian bawah layar, klik tombol tersebut, klik tambah Widget, seperti agenda, masa pakai Apple Watch, berita, info cuaca, atau alarm.

Identifikasi Lagu

Sebenarnya fitur ini terdapat di semua versi iPhone, tapi sayangnya banyak orang tidak menggunakannya karena tidak tahu. Padahal fitur ini sangat menyenangkan dan berguna.

Sejak iPhone versi 2018, sudah terdapat layanan musik Shazam. Untuk menggunakannya, Kamu harus masuk ke menu Pengaturan, klik Pusat Kontrol, scroll ke bawah hingga muncul tombol hijau '+' di sebelah Pengenalan Musik.

Pengaturan Perpustakaan Aplikasi

Seringkali beranda dipenuhi aplikasi yang jarang digunakan. Kamu bisa mengaturnya, menghapus atau menyembunyikannya, agar bersih dan nyaman ketika menggunakannya. Tekan dan tahan aplikasi yang ingin disembunyikan dari beranda, klik Hapus dari Beranda. Atau klik Hapus Aplikasi untuk menghapus secara keseluruhan.

Bagaimana, mudah kan? Tips anti mati gaya dijamin Kamu cepat terbiasa menggunakan iPhone 14. Jika saat ini Kamu belum memilikinya, dapatkan segera hanya di Blibli. Tersedia banyak promo diskon menarik di sana.

Deden Kurniawan

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال