Tampilan dan Fitur Canggih iPhone 15 Series, Bikin Penasaran!

Kembali lagi, desain iPhone 15 Pro beredar di dunia maya. Foto yang tersebar kali ini adalah render CAD atau Computer-aided Design iPhone 15 Pro dan foto konektor USB-C. Render CAD itu sendiri berasal dari pabrikan casing yang memang telah tepercaya untuk membuat aksesori iPhone.

Penampilan render seperti ini sebelumnya telah diberikan pihak Apple ke pabrik aksesori untuk membuat casing alias pembungkus ponsel, sebelum ponsel tersebut resmi beredar di pasaran.

iPhone 15Image Credit : Apple Indonesia

Pada tampilan render yang beredar, bezel di iPhone 15 Pro terlihat lebih tipis jika dibandingkan dengan seri iPhone sebelumnya dengan sudut yang melengkung, tetapi layarnya tetap datar.

Membuat penasaran, berapa kira-kira harga iPhone 15 nantinya, ya?

Fitur yang Mungkin Hadir di iPhone 15

Memang belum dirilis secara resmi, tetapi fitur hingga desain iPhone seri terbaru, seri ke-15 sudah tersebar di jagat maya. Apple sendiri biasanya merilis seri teranyarnya pada bulan September setiap tahunnya.

Namun, sebelum itu, desas-desus mengenai produk terbaru Apple kerap berseliweran yang membuat banyak orang semakin penasaran. Akan tetapi, tak sedikit pula rumor yang akhirnya terbukti valid. Supaya kamu tidak lagi penasaran, berikut sejumlah bocoran fitur dan desain iPhone 15 yang beredar di dunia maya:

Dynamic Island

Mengadaptasi seri sebelumnya, iPhone generasi ke-15 masih dibekali dengan Dynamic Island dengan ukuran yang mirip seperti Dynamic Island pada iPhone 14 Pro. Meski hadir dengan desain Dynamic Island, tidak menjamin adanya fitur ProMotion dan Always On Display (AOD) pada seri terbaru iPhone ini.

Kamera

Terlihat pada render iPhone 15 Pro adanya tonjolan pada bagian kamera yang lebih tebal jika dibandingkan dengan pendahulunya. Hal ini kemungkinan mengindikasikan Apple meningkatkan sistem kameranya dengan sensor atau bahkan lensa baru.

Sebelumnya rumor beredar, salah satu seri iPhone 15 akan dilengkapi lensa dengan kemampuan telefoto periskop dengan perbesaran gambar optik 6x. Ini berbeda dengan iPhone 14 Pro yang menawarkan perbesaran gambar optik hanya 3x.

Tombol fisik

Berpindah pada bagian samping render, terlihat dari render CAD adanya perubahan yang tampak pada desain samping iPhone 15 ini, Apple memperkenalkan perubahan baru untuk volume rocker dan tombol mute.

Desas-desus yang ada mengindikasikan adanya tombol volume rocker iPhone 15 Pro menggunakan tombol capacitive ketimbang tombol fisik. Tombol mute pun berbeda dari bentuk sebelumnya karena terlihat lebih kecil dan bulat.

Port USB-C

Selain dalam bentuk render grafis, bocoran foto konektor USB-C pada iPhone 15 Pro juga beredar. Salah satu pengguna media sosial menunjukkan wujud fisik dari luar atau casing pada iPhone 15 Pro bersamaan dengan port USB-C.

Adanya port USB-C ini memberikan perubahan yang mungkin sesuai ekspektasi. Sebab, Apple sudah pernah mengonfirmasi bahwa pihaknya akan mengadopsi USB-C pada iPhone generasi mendatang.

Meski menggunakan USB-C, rumor yang ada mengungkap bahwa kabel type-C di iPhone disertifikasi oleh program Apple Made for iPhone (MFi) yang membuat USB -C ponsel canggih ini berbeda dengan USB-C dari Android.

Bahan body

Wujud fisik iPhone 15 Pro yang beredar juga mengungkap fakta menarik lainnya, yakni casing dengan bahan titanium.

Hal ini sejalan dengan rumor yang mengatakan bahwa Apple akan berpindah dari stainless steel ke titanium untuk iPhone 15 Pro. Artinya, warna iPhone 15 Pro akan sama dengan Apple Watch Ultra.

Selain implementasi USB-C, ukuran bodi seri 15 ini lebih kecil hanya beberapa milimeter jika dibandingkan iPhone sebelumnya yaitu iPhone 14 Pro. Kabarnya, seluruh smartphone lini iPhone 15 akan memiliki ukuran layar yang sama dengan lini iPhone 14.

Ukuran layar

Gosip lain yang berkaitan dengan seri iPhone 15 yaitu perihal empat model yang bakal dirilis dengan ukuran yang sama dengan seri iPhone 14. Ini termasuk dua iPhone 6,1 inci dan dua iPhone 6,7 inci.

iPhone dengan layar 6,1 inci akan menjadi iPhone 15 standar. Sementara itu, salah satu model 6,7 inci akan menjadi iPhone 15 "Plus". iPhone 6,1 dan 6,7 inci lainnya akan menjadi model "Pro" kelas atas yang lebih mahal.

Harga

Harga iPhone 15 sendiri diperkirakan mirip seperti pendahulunya dengan perangkat entry-level standar dengan layar 6,1 inci mulai dari $799 atau berkisar Rp12 jutaan rupiah dan iPhone 15 Plus dengan layar 6,7 inci mulai dari $899, atau berkisar Rp13,7 jutaan rupiah.

Pilihan Warna

Kemungkinan model iPhone 15 tersedia dalam pilihan warna pink tua dan biru muda. Apple juga sering menawarkan model iPhone standar dalam berbagai warna cerah, tidak terkecuali untuk seri satu ini. Nuansa merah muda dan biru cerah kemungkinan akan tersedia bersama pilihan warna standar hitam, putih, dan merah.

Chip Apple

Selain sejumlah fitur yang sudah dipaparkan sebelumnya, iPhone 15 Pro dirumorkan menghadirkan hadir dengan chip A17 Bionic. Chip ini merupakan suksesor dari A16 Bionic yang gunakan pada iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. iPhone 15 Pro juga dikabarkan akan hadir dengan varian RAM hingga 8 GB. Di sisi lain, versi regulernya akan dibekali RAM 6 GB.

Demikian berbagai rumor yang beredar terkait fitur dan desain dari seri iPhone terbaru, yaitu 15. Apakah kamu tertarik untuk memilikinya? Kamu bisa mendapatkannya di Shopee dengan banyak pilihan transaksi, mulai dari ShopeePay hingga bayar di tempat yang memastikan bahkan kamu menerima barang sesuai dengan yang di order.

Deden Kurniawan

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال