Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A54

Salah satu jagoan Oppo di lini A Series adalah Oppo A54. Smartphone ini mulai diperkenalkan di pasar smartphone Indonesia pada April 2021 dan langsung sukses diborong oleh para pengguna setia Oppo. Tak heran, spesifikasinya yang bagus memang membawa sejumlah peningkatan dan kelebihan tersendiri bagi perangkat ini untuk bersaing di kelasnya.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo A54
  • Rilis April 2021
  • Layar 6.51 inci IPS LCD ~270 ppi
  • Chipset Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Internal 4/64 GB, 4/128GB, 6/128 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 1.650.000 - 2.250.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo A54 dan Harganya
Tak perlu buru-buru memilih Oppo A54 sebagai daily driver kalian. Mari kenali lebih jauh dengan mengetahui informasi seputar kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Oppo A54

Tidak hanya menonjolkan segi desainnya yang menawan, Oppo A54 turut menawarkan deretan kelebihan sebagai berikut.

Desain Elegan dengan Sertifikasi Rating IPX4

Oppo A54 mengusung desain jempolan dengan ergonomis yang pas digunakan oleh siapa saja. Ponsel ini memiliki ukuran dimensi 163.6 x 75.7 x 8.4 mm dan berbobot secara keseluruhan 192 gram. Bodi rampingnya memang tampak menarik karena berkonsep 3D dan dihadirkan dalam dua varian warna, yakni Crystal Black dan Starry Blue.

Desain elegan dan tidak berkesan murahan dari Oppo A54 juga disempurnakan dengan sertifikasi rating IPX4. Artinya, perangkat ini punya ketahanan dari cipratan air sehingga tak perlu khawatir menggunakannya saat gerimis.

Kapasitas Penyimpanan Besar

Salah satu pertimbangan penting saat memilih smartphone baru adalah besar atau kecilnya kapasitas penyimpanan. Dari Oppo A54 kalian akan mendapatkan RAM LPDDR4X berkapasitas hingga 6 GB dan memori internal sebesar 128 GB. Dengan konfigurasi yang tergolong besar ini, tentu kalian tak akan menemukan kesulitan saat membutuhkan ruang penyimpanan untuk file penting atau install aplikasi favorit.

Masih kurang dengan ruang penyimpanan internal atau pun RAM Oppo A54? Tenang, ponsel ini memiliki slot microSD yang dapat menampung hingga 256 GB ruang tambahan eksternal.

Baterai Awet dan Fast Charging 18 Watt

Kelebihan selanjutnya yang ditawarkan oleh Oppo A54 adalah kapasitas daya besar berkapasitas 5.00 mAh. Perangkat ini akan menemani aktivitas kalian seharian penuh dengan klaim ketahanan hingga 19.9 jam untuk streaming video dan mendengarkan musik tanpa henti hingga 41 jam!

Ia didukung oleh teknologi fast charging hingga 18 Watt dengan tipe port USB Type-C sehingga bisa mengisi ulang daya dalam waktu singkat saja. Dengan pengoptimalan AI, Oppo A54 menyediakan fitur pengisian terjeda jika penggunanya mengisi ulang di malam hari untuk mencegah baterai cepat rusak karena isi ulang yang over time.

Sensor Side Fingerprint Responsif

Untuk bersaing dengan para rivalnya di range harga Rp 2 jutaan, tentu saja Oppo menyertakan sensor sidik jari yang mendukung performanya. Dengan tipe sidik jari menyatu bersama tombol power alias side fingerprint, ponsel ini tentu saja nyaman digunakan sebagai daily driver. Kemudahan dalam membuka kunci layar juga bisa didapatkan dari fitur akses wajah atau face unlock yang sama-sama responsif.

Kamera Selfie 16 MP

Harus diakui bahwa Oppo A54 memiliki kamera selfie berkualitas dengan sensor tunggal beresolusi besar 16 MP (aperture f/2.0). Dengan dukungan AI Beautification, dijamin hasil jepretan kalian akan tampak lebih menarik. Menurut klaim dari Oppo sendiri, kamera selfie pada Oppo 54 mempunyai kemampuan rekaman video hingga resolusi Full HD (1080p) pada kecepatan 30 frame per detiknya. Sangat menarik bukan?

Kekurangan Oppo A54

Setelah mengetahui deretan kelebihannya, tak lengkap rasanya jika tidak membahas mengenai kekurangan Oppo A54. Mari kita bahas kekurangan Oppo A54 satu per satu.

Layar Beresolusi HD Plus

Desainnya yang sedap dipandang tidak membuat Oppo A54 serta merta menyuguhkan tampilan visualisasi display yang juga menawan. Di kelasnya, perangkat ini masih kalah saing dengan resolusi yang masih sebatas HD Plus saja. Kendati layarnya besar di ukuran 6.51 inci, namun kerapatan piksel yang diusung pun hanya 269 ppi sehingga tidak bisa membuat Oppo A54 unggul di antara para rivalnya.

Setup Kamera Belakang Kalah Saing

Kekurangan Oppo A54 selanjutnya terletak pada setup kamera belakang yang juga kalah saing. Kalian bisa mengandalkan tiga kamera yang mencakup sensor utama 13 MP, sensor makro 2 MP, dan kamera bokeh 2 MP pada perangkat ini. Padahal, masih banyak opsi ponsel Rp 2 jutaan yang menawarkan konfigurasi kamera lebih dari Oppo A54 sehingga kekurangan yang satu ini dapat menjadi deal breaker bagi pencinta fotografi.

Ditenagai Chipset Lawas

Oppo A54 mengandalkan Helio P35 yang tergolong chipset lawas di kalangan ponsel masa kini. Untuk tugas harian, memang dapur pacunya dapat menangani dengan baik tanpa kendal. Namun sayangnya perangkat ini belum bisa bekerja dengan gesit untuk bermain game berat yang disukai oleh para gamer.

Itulah kelebihan dan kekurangan Oppo A54 yang wajib kalian catat dan pertimbangkan. Secara keseluruhan, Oppo A54 akan cocok untuk kalian yang menyukai smartphone stylish dengan baterai awet dan tahan lama.

Oppo A54
Rilis : April 2021
6/128 GB - Rp 2.250.000
4/128 GB - Rp 2.100.000
4/64 GB - Rp 1.650.000
Beli di Shopee