Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find X3 Pro

Oppo secara resmi meluncurkan produk Find X3 Pro pada kuartal pertama 2021 lalu. Ponsel ini layak dipertimbangkan jika kalian menginginkan smartphone mumpuni penuh fitur terkini. Mulai dari desain premium hingga jeroan yang unggul, paket lengkap spesifikasi Oppo Find X3 Pro siap menemani aktivitas kalian seharian.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Find X3 Pro
  • Rilis Maret 2021
  • Layar 6.7 inci LTPO AMOLED 120Hz HDR10+ ~525 ppi
  • Chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU Adreno 660
  • Internal 12/256 GB
  • Eksternal Tidak tersedia
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 13 MP (telephoto), 50 MP (ultrawide), 3 MP (macro)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4500 mAh, Fast charging 65W
  • Harga Rp 13.500.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Find X3 Pro dan Harganya
Meskipun tidak bisa dianggap remeh, ada baiknya berkenalan dengan Oppo Find X3 Pro selengkapnya melalui informasi mengenai kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Oppo Find X3 Pro

Oppo Find X3 Pro dibanderol dengan harga yang relatif mahal, yakni Rp13.999.000 dikutip dari laman resmi Oppo. Ponsel premium ini menawarkan berbagai kelebihan yang memang menggiurkan, yakni sebagai berikut.

Kualitas Layar Jempolan

Statusnya sebagai smartphone high-end membuat Oppo Find X3 Pro sangat wajar mengusung spesifikasi display yang menawan. Dengan bentang layar berukuran 6.7 inci, panelnya sudah menggunakan LTPO AMOLED dengan fitur Dynamic Refresh Rate hingga 120 Hz untuk memberikan kelancaran dalam navigasi layar.

Layar perangkat ini menawarkan resolusi QHD Plus (1440 x 3216 piksel) dengan kecerahan terjamin hingga di angka 1.300 nits. Tak kalah pentingnya, layar Oppo Find X3 Pro juga telah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 5 sehingga aman dari goresan, noda, atau bahkan retakan halus.

Konfigurasi Kamera Kelas Atas

Alih-alih ikut berlomba dengan menghadirkan resolusi kamera super besar, Oppo Find X3 Pro fokus kepada konfigurasi kamera yang sangat klop. Untuk bagian belakangnya terdapat setup sensor utama 50 MP (aperture f/1.8) yang ditemani oleh sensor ultrawide 50 MP, kamera telefoto 13 MP, dan lensa mikro 3 MP.

Menurut klaimnya, kamera ponsel ini punya kualitas warna 1 Milyar plus dengan 2x optical zoom pada kamera telefoto dan 60x kemampuan perbesar pada lensa mikro. Untuk keperluan selfie atau video call, kalian dapat mengandalkan sensor selfie 32 MP.

Ditenagai Chipset Gahar

Dapur pacu Oppo Find X3 Pro ditenagai oleh chipset gahar pada masanya, yakni Snapdragon 888 besutan Qualcomm. SoC 5G ini memiliki peningkatan efisiensi daya hingga 20% dan proses kinerja GPU lebih gesit hingga 35%. Tak heran, chip ini juga memiliki CPU 8 inti dengan kecepatan hingga 2.84 GHz dan membawa komponen lainnya melalui proses fabrikasi 5 nanometer.

Tak perlu tanggung-tanggung lagi, kini Oppo Find X3 Pro siap menangani multitasking hingga game berat kalian dengan bekal RAM LPDDR5 jumbo hingga 12 GB dan memori internal UFS 3.1 sebesar 256 GB.

Desain Futuristik dengan Kokoh

Selain spesifikasi teknis, tentu saja Oppo tidak lupa menyertakan desain super premium pada smartphone mahal miliknya. Perangkat ini tampak mengusung desain futuristik dengan glass curve dan modul kamera yang menggunakan teknologi Gradient Arc. Material dengan konsep glass pada perangkat ini membuat Oppo sukses memukau pengguna setia ponsel flagship dengan dua varian warna, yakni Blue dan Gloss Black.

Selain itu, bodinya yang kokoh semakin lengkap dengan hadirnya sertifikasi rating IP68 sehingga membuat Oppo Find X3 Pro tahan air dan debu.

Baterai Awet dan Teknologi Charging Modern

Seluruh komponen lengkap Oppo Find X3 Pro ditopang oleh baterai dua sel yang terhubung seri di kapasitas total 4.500 mAh. Oppo membekalinya dengan teknologi pengisi daya modern mulai dari 65W SuperVOOC Flash Charge, 30W AirVOOC Wireless, hingga Reverse Wireless Charging.

Kekurangan Oppo Find X3 Pro

Meskipun masuk dalam kategori ponsel premium, Oppo Find X3 Pro juga punya beberapa kekurangan yang mungkin bisa jadi deal breaker untuk kalian. Penasaran? Ini dia 2 kekurangan Oppo Find X3 Pro yang harus dipertimbangkan kembali.

Setup Kamera Kurang Lengkap

Siapa sangka smartphone dengan konfigurasi kamera kelas atas ini juga punya kekurangan berupa setup kamera yang kurang lengkap. Ya, poin minus ini justru hadir karena pendahulunya menawarkan konfigurasi yang lebih banyak dengan tambahan lensa telefoto periskop.

Karena lensa telefoto periskop sudah absen dari perangkat ini, kalian tidak dapat membidik objek potret dari jarak jauh. Wah, sangat disayangkan ya!

Tidak Ada Jack Audio

Bagi sebagian pengguna smartphone, kehadiran port audio jack 3.55 mm sangat penting karena lebih nyaman digunakan dibanding headphone TWS. Sayangnya kalian tidak dapat memanfaatkan fitur tersebut pada Oppo Find X3 Pro karena Oppo sudah menghilangkan port audio tersebut. Dengan kata lain, kalian harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk membeli earphone TWS yang relatif mahal.

Itulah kelebihan dan kekurangan Oppo Find X3 Pro yang wajib kalian catat. Dua kekurangan ponsel ini masih dapat ditoleransi apabila kalian menginginkan smartphone premium dengan penuh fitur modern tanpa mempersoalkan harganya yang relatif pricey.

Oppo Find X3 Pro
Rilis : Maret 2021
12/256 GB - Rp 15.000.000
Beli di Shopee