Review Kelebihan dan Kekurangan Realme C21

Realme C21 adalah salah satu opsi smartphone mumpuni yang bisa kalian dapatkan dengan low budget. Hanya dengan Rp 1 jutaan saja, Realme C21 sudah dapat diboyong pulang untuk diandalkan sebagai daily driver.

HP Realme
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme C21
  • Rilis Maret 2021
  • Layar 6.5 inci IPS LCD ~270 ppi
  • Chipset MediaTek Helio G35 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 2/32 GB, 4/64 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 5 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Harga Rp 1.100.000 - 1.300.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Realme C21 dan Harganya
Nah, apakah kalian sudah memasukkan nama ponsel ini dalam wish list? Mari telusuri lebih jauh apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Realme C21

Salah satu kelebihan yang paling dikenal dari Realme C21 adalah hadirnya sertifikasi TUV Rheinland High Reliability Durability sehingga menjadikannya masuk dalam jajaran ponsel paling murah yang mengantongi sertifikasi tersebut. Daripada semakin penasaran, mari membahas lebih lanjut mengenai kelebihan Realme C21.

Desain Unik

Siapa nih yang menyukai ponsel dengan desain eye-catching? Realme C21 siap memanjakan mata dengan tampilan bodinya yang unik karena mengusung pola garis menyilang yang bertekstur. Panel belakangnya memiliki motif dua buah segitiga yang secara horizontal tergambar di tengah panel sehingga tampak menyilang.

Oleh sebab itu, Realme C21 menyediakan dua varian warna “Cross” yang sama-sama menarik. Untuk kalian yang menyukai warna terang, maka Cross Blue akan cocok untuk dipilih. Namun jika lebih prefer warna gelap, maka varian Cross Black adalah pilihan yang tepat.

Punya Sertifikasi TÃœV Rheinland High Reliability

Seperti yang telah disinggung pada paragraf pembuka di atas, Realme C21 punya sertifikasi ketahanan ponsel tingkat tinggi TÃœV Rheinland High Reliability. Dengan kata lain, ponsel ini dirancang untuk bertahan lama di segala situasi. Realme C21 disebut telah diuji coba dengan berbagai macam tes termasuk 6 tes ketahanan komponen, 10 tes daily use atau skenario pemakaian, hingga 7 tes yang dilakukan di lingkungan ekstrem.

Kapasitas Baterai Jumbo

Realme C21 memiliki kapasitas baterai jumbo yang membuatnya dapat bertahan seharian penuh tanpa khawatir cepat kehabisan daya. Dengan kapasitas 5.000 mAh yang dikemasnya, perangkat ini menjagokan Super Power Saving Mode untuk mengoptimalkan masa pakai.

Jika mengaktifkan mode tersebut, Realme C21 diklaim dapat bertahan hingga 1.43 jam untuk WhatsApp, 2.23 jam untuk telepon audio, bahkan hingga 4.7 jam untuk Spotify dan 2.37 hari untuk standby meskipun baterai hanya tersisa 5%! Tak hanya itu saja, perangkat ini juga membawa fitur unggulan reverse charging sehingga kalian dapat berbagi daya di saat darurat. Sangat menarik bukan?

Memori Penyimpanan Lapang

Tidak dapat dipungkiri, keberadaan memori penyimpanan dengan yang lapang menjadi keunggulan yang dicari oleh mayorita pengguna smartphone. Dari Realme C21 kalian bisa memilih konfigurasi penyimpanan sesuai kebutuhan dengan pilihan RAM 3/4 GB yang dipasangkan bersama memori internal 32/64 GB.

Jika masih kurang, Realme C21 juga memiliki slot microSD yang dapat dimanfaatkan untuk ekspansi penyimpanan eksternal dengan daya tampung maksimum 256 GB.

Triple Kamera

Ponsel ini juga menyuguhkan kelebihan di sektor kamera. Kalian dapat mengandalkan triple kamera pada Realme C21 untuk mengabadikan berbagai momen berharga. Setup tiga kamera belakang tersebut dipimpin oleh sensor utama 13 MP yang didampingi oleh dua buah kamera 2 MP. Selain dibekali banyak fitur pendukung, Realme mengklaim bahwa ponsel ini punya kemampuan rekaman video hingga resolusi 1080p pada kecepatan 30 frame per detiknya.

Dukungan Sensor Lengkap

Realme C21 didukung oleh sensor yang terbilang lengkap di kelas entri. Ya, kalian dapat menikmati berbagai sensor mulai dari fingerprint, proximity, akselerometer, hingga sensor kompas. Artinya, Realme C21 siap diandalkan untuk tugas harian dengan optimal.

Kekurangan Realme C21

Setelah membicarakan kelebihannya, tidak lengkap rasanya jika belum mengetahui beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Realme C21. Ini dia 3 kekurangan Realme C21 yang wajib kalian catat.

Layar Masih Water Drop

Desain layar adalah salah satu pertimbangan penting terutama untuk pengguna yang memperhatikan mengenai konsep desain display. Sayangnya panel IPS LCD berukuran 6.5 inci pada Realma C21 masih menggunakan desain water drop sehingga agak terkesan ketinggalan jaman bagi ponsel kekinian seperti perangkat ini.

Kamera Selfie 5 MP

Realme C21 memang tidak fokus pada pangsa pasar pengguna yang gemar fotografi. Kendati setup triple kameranya terbilang cukup menarik, Realme C21 tidak membawa sensor kamera selfie yang mendukung karena hanya memiliki resolusi 5 MP saja. Alhasil, jepretan dari kamera depan ponsel ini kurang maksimal.

Chipset Kalah Saing

Kekurangan selanjutnya terletak pada sektor dapur pacu yang diotaki MediaTek Helio G35. Chip yang sama dengan pendahulunya ini justru memberikan kesan lawas dan sudah jelas kalah saing dibandingkan dengan para rivalnya yang sudah ditenagai oleh chip gaming yang lebih gesit.

Nah, itulah dia kelebihan dan kekurangan Realme C21, HP murah dengan harga banderol Rp 1 jutaan saja. Setelah membaca informasi di atas, apakah kalian sudah yakin memilih Realme C21?

Realme C21
Rilis : Maret 2021
4/64 GB - Rp 1.300.000
2/32 GB - Rp 1.100.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn