Review Kelebihan dan Kekurangan Realme C25

Realme C25 merupakan salah satu jagoan dari seri C milik Realme yang diluncurkan pada kuartal pertama 2021. Tentu saja ada sejumlah peningkatan yang dibawa oleh ponsel ini dari pendahulunya untuk menggaet pengguna baru.

HP Realme
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme C25
  • Rilis Maret 2021
  • Layar 6.5 inci IPS LCD ~270 ppi
  • Chipset Mediatek Helio G70 (12 nm)
  • GPU Mali-G52 2EEMC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB, 4/128 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 2 MP (depth), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 6000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 1.350.000 - 1.500.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Realme C25 dan Harganya
Dengan bekal tampilan oke dan performa luwes, Realme C25 siap menemani aktivitas harian kalian. Penasaran dengan kelebihan dan kekurangan Realme C25? Simak informasi berikut ini selengkapnya.

Kelebihan Realme C25

Dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan saat dirilis, kini Realme C25 bisa kalian boyong dengan bekal budget Rp 1 jutaan saja. Jika memilihnya sebagai smartphone baru tahun ini, kalian akan mendapatkan sederet kelebihan berikut.

Baterai 6.000 mAh

Realme C25 menawarkan kelebihan yang sangat menggiurkan di sektor daya. Realme membenamkan baterai berkapasitas 6.000 mAh yang akan bertahan lebih dari seharian penuh. Untuk bermain game, scrolling sosial media, hingga multitasking aplikasi sehari-hari akan terasa menyenangkan karena kalian tak perlu buru-buru mengisi ulang baterai.

Realme menyertakan teknologi fast charging 18 Watt melalui port USB Type-C yang membuat Realme C25 dapat diisi ulang tanpa menyita waktu yang lama. Untuk mengisi ulang baterai jumbo tersebut, Realme C25 membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Desain Menarik

Realme C25 mengusung desain Geometic Art sehingga tampak sangat menawan. Bodi belakang ponsel ini dapat berkilauan di berbagai sisi ketika terkena pantulan cahaya. Menariknya lagi, Realme C25 mengantongi sertifikasi TÃœV Rheinland dengan sejumlah skenario pengujian yang memastikan ponsel ini awet dan tahan lama. Di antaranya yakni 7 pengujian lingkungan ekstrem, 10 pengujian dengan skenario penggunaan daily use, dan 6 skenario pengujian ketahanan komponen ponsel.

Modul kamera belakangnya juga tampak rapi dalam kotak persegi hitam yang menimbulkan aksen premium. Realme C25 menyediakan dua varian “Water” untuk dipilih sesuai preferensi pribadi kalian, yakni varian Water Grey dan Water Blue.

Sensor Lengkap

Meskipun belum bisa disebut yang paling oke di kelasnya, hadirnya sensor pada Realme C25 tergolong lengkap. Mulai dari sensor sidik jari untuk buka kunci ponsel dengan mudah, sensor proximity, kompas, sensor cahaya, akselerometer, hingga sensor giroskop! Wah, sangat lengkap ya?

Performa Terjamin

Realme C25 diotaki oleh chip gaming dari MediaTek, Helio G70. SoC yang dibangun melalui proses fabrikasi 12 nanometer ini memiliki CPU 8 inti yang terbagi menjadi dua kluster antara Cortex A75 dengan 2 x 2.0 GHz untuk kinerja kencang dan kluster irit daya Cortex A55 (6 x 1.7 GHz). Selain itu, terdapat GPU Mali G52 yang berlari dengan frekuensi 823 MHz untuk proses grafis yang lancar. Dengan kata lain, Realme C25 tidak akan kesulitan menangani tugas harian dan multitasking berbagai aplikasi.

Kapasitas Penyimpanan Lega

Dapur pacu Realme C25 juga disokong oleh kehadiran konfigurasi penyimpanan lega pada Realme C25 yang bervariasi antara RAM 4 GB dan memori internal 64 GB atau varian lebih lega dengan RAM 4 GB dan memori internal 128 GB. Tenang, jangan khawatir kehabisan ruang penyimpanan karena Realme C25 punya slot microSD khusus yang dapat menampung kapasitas tambahan hingga 256 GB.

Kamera 48 MP

Kelebihan selanjutnya yang ditawarkan oleh Realme C25 ada pada sektor kamera utamanya. Dengan sensor beresolusi 48 MP yang dilengkapi oleh PDAF, dijamin hasil jepretan kalian akan sangat solid. Realme juga telah menyertakan berbagai fitur kekinian dan sensor pelengkap berupa dua buah kamera 2 MP.

Menurut klaimnya Realme C25 bisa merekam video hingga resolusi 1080p pada kecepatan 30 frame per detik. Sementara untuk kamera selfienya sendiri ponsel ini menyediakan sensor tunggal beresolusi 8 MP.

Kekurangan Realme C25

Selain membawa kelebihan yang menggiurkan, jangan lupa bahwa Realme C25 juga memiliki beberapa kekurangan yang wajib dipertimbangkan. Mari membahasnya lebih lanjut melalui daftar berikut ini.

Bodi Bongsor

Realme C25 adalah ponsel kekinian yang berbodi bongsor alias besar dan tebal. Ini berarti Realme C25 bukan pilihan yang tepat bagi kalian yang menginginkan bagi kalian yang sedang mencari smartphone ramping. Dengan ketebalan 9.6 mm dan berat 209 gram, Realme C25 akan sedikit tidak nyaman jika kalian menggunakannya dengan satu genggaman tangan saja.

Resolusi Layar HD Plus

Spesifikasi layar Realme C25 juga termasuk mengecewakan dibandingkan para pesaing Rp 2 jutaan lainnya. Ponsel ini mengusung resolusi HD Plus dari panel IPS LCD berukuran 6.5 inci yang memiliki kerapatan piksel 270 ppi. Komponen yang biasa-biasa saja ini tidak menonjol di kelasnya sehingga calon pengguna mempunyai banyak opsi ponsel kekinian lainnya dengan spesifikasi display lebih menggoda.

Itulah kelebihan dan kekurangan Realme C25 yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Semoga informasi ini membantu kalian dalam menentukan pilihan smartphone baru tahun ini.

Realme C25
Rilis : Maret 2021
4/128 GB - Rp 1.500.000
4/64 GB - Rp 1.350.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn