Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno5 F

Oppo Reno5 F adalah salah satu anggota Reno 5 Series yang diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2021. Dengan tagline “Picture Life in Speed”, ponsel elegan yang satu ini siap dijadikan pilihan smartphone baru yang ramah di kantong untuk menemani aktivitas kalian.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno5 F
  • Rilis Maret 2021
  • Layar 6.43 inci AMOLED ~409 ppi
  • Chipset MediaTek Helio P95 (12 nm)
  • GPU PowerVR GM9446
  • Internal 8/128 GB
  • Eksternal Tidak tersedia
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4310 mAh, Fast charging 30W
  • Harga Rp 2.950.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno5 F dan Harganya
Namun selain memiliki segudang kelebihan, ada baiknya mengenal pula kekurangan yang dibawanya. Nah, mari membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo Reno5 F agar kalian tak salah pilih daily driver.

Kelebihan Oppo Reno5 F

Sama seperti para saudaranya, ada beberapa komponen berupa kelebihan yang sayang untuk dilewatkan dari Oppo Reno5 F. Penasaran? Simak informasi berikut ini.

Desain Flowing Light Ramping

Oppo Reno5 F menampilkan gradien warna cerah yang soft pada panel belakangnya sehingga tampak sangat unik dan menarik. Kualitas unggul desainnya hadir dalam dua varian warna, yakni Fantastic Purple dan Fluid Black yang dapat dipilih sesuai warna favorit kalian.

Dari segi ukuran, tentu saja Oppo Reno5 F berhasil masuk dalam jajaran smartphone berbodi ramping dengan ketebalan hanya 7.8 mm saja dan bobot 172 gram. Alhasil, perangkat ini dapat digunakan dengan nyaman meski hanya dengan satu genggaman tangan saja.

Layar AMOLED Full HD Plus

Kelebihan selanjutnya yang disuguhkan oleh Oppo Reno5 F terdapat pada panel AMOLED berukuran 6.43 inci. Display dengan produksi warna yang menyegarkan mata ini memiliki resolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) dengan kerapatan piksel mencapai 409 ppi sehingga mampu menyuguhkan kualitas visualisasi kelas atas.

Menurut klaimnya, layar Oppo Reno5 F mempunyai kedalaman warna 8-bit atau 16 juta warna dengan dukungan gamut warna DCI-P3 92%. Kalian juga akan memperoleh visibilitas yang baik karena Oppo Reno5 F menawarkan tingkat kecerahan puncak 800 nits.

Konfigurasi Kamera Mumpuni

Tak ingin kalah saing, Oppo Reno5 F pun turut menawarkan konfigurasi kamera mumpuni yang bisa diandalkan di berbagai situasi. Pada bagian punggungnya kalian dapat menemukan hadirnya kamera selfie 32 MP dan setup quad-camera yang istimewa dengan modul persegi panjang yang disusun rapi. Keempat kamera tersebut mencakup sensor utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan sensor depth 2 MP.

Jangan lupa bahwa Oppo telah menyertakan fitur HDR, Dual Video, EIS, hingga LED Flash untuk mendukung hasil jepretan lebih solid. Bahkan menurut klaimnya sendiri perangkat ini dapat merekam video hingga resolusi 4K pada kecepatan 30 frame per detiknya lho!

Performa Terjamin

Oppo Reno5 F diotaki oleh Helio P95 besutan MediaTek yang membawa jaminan kinerja luwes dengan kecepatan CPU maksimum 2.2 GHz dan GPU IMG 9XM-HP8 yang berlari pada frekuensi 970MHz. Oppo mengombinasikannya bersama RAM jumbo 8 GB dan memori internal 128 GB yang tergolong lapang di kelasnya.

Baterai Besar

Kendati berbodi ramping, ternyata Oppo berhasil membenamkan baterai besar 4.310 mAh pada Reno5 F. Ia dibekali fast charging 30W dan dukungan pelindung baterai sehingga dapat bekerja dengan optimal baik saat digunakan maupun saat diisi ulang. Berbagai fitur pun hadir melengkapinya termasuk Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby.

Dengan fitur Super Power Saving Mode, perangkat ini dapat digunakan untuk telepon audio meski hanya tersisa baterai 5% saja. Sementara fitur Super Nighttime Standby sangat berguna di malam hari untuk menjaga penggunaan baterai seminimal mungkin di malam hari.

Kekurangan Oppo Reno5 F

Setelah mengenal kelebihan yang dimiliki oleh Oppo Reno5 F, saatnya mengetahui lebih lanjut mengenai kekurangan yang tersimpan dari Oppo Reno5 F. Berikut ini dua kekurangan Oppo Reno5 F yang tidak boleh kalian lupakan.

Tidak Mendukung NFC

Oppo Reno5 F harus kalah saing di antara kompetitornya yang lain dari segi kelengkapan fitur terkini, termasuk fitur NFC. Jika memilih ponsel ini, kalian tidak bisa menjajal kemudahan transaksi pembayaran non tunai, transfer data, atau akses lainnya dari fitur NFC karena Oppo Reno5 F belum mendukung fitur tersebut. Padahal ditilik dari segi harga, sangat banyak opsi perangkat anyar Rp 3 jutaan yang sudah dibekali NFC lho!

Kecepatan Refresh Hanya 60 Hz

Oppo memutuskan untuk tidak menyertakan kecepatan refresh layar yang tinggi pada perangkat ini. Ya, penggunanya hanya bisa menikmati refresh rate mentok di angka 60 Hz saja yang tentunya akan berpengaruh terhadap kelancaran scrolling dan navigasi layar. Apakah ini tidak menjadi masalah untuk kalian?

Itu dia kelebihan dan kekurangan Oppo Reno5 F yang penting untuk dicatat jika berniat meminang Oppo Reno5 F dalam waktu dekat. Semoga informasi ini dapat membantu kalian menentukan pilihan ketika akan membeli smartphone baru di tahun ini ya.

Oppo Reno5 F
Rilis : Maret 2021
8/128 GB - Rp 3.150.000
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn