Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno5

Oppo memang rajin memperbarui anggota Reno Series dengan harga yang cukup ramah di kantong. Pada 2021 lalu misalnya, hadir Oppo Reno 5 yang dirilis tidak berselang lama setelah Reno 4 muncul di pasar smartphone Indonesia. Harganya yang tidak terpaut jauh juga membuat pengguna setia Oppo bimbang untuk memilihnya.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno5
  • Rilis Januari 2021
  • Layar 6.43 inci AMOLED 90Hz ~409 ppi
  • Chipset Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU Adreno 618
  • Internal 8/128 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 44 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4310 mAh, Fast charging 50W
  • Harga Rp 4.200.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno5 dan Harganya
Meskipun sudah memasuki tahun baru 2023, Oppo Reno 5 masih sangat worth it to buy kok. Yuk, simak informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 5 berikut.

Kelebihan Oppo Reno 5

Oppo Reno 5 hadir di kelas mid-range dengan spesifikasi mumpuni yang tak ingin kalah saing dari para rivalnya. Mulai dari desain hingga jeroan kuat, inilah deretan kelebihan Oppo Reno 5.

Desain Reno Glow dengan Ultra Slim Body

Lini Reno menjadi kumpulan produk jagoan Oppo jika kalian mencari smartphone berdesain cantik dan elegan. Tampak stylish dengan konsep kristal bercahaya, Oppo Reno 5 menyuguhkan dua varian warna menarik yang bisa berubah warna dilihat dari sudut yang berbeda, yakni Fantasy Silver dan Starry Black.

Unibodi perangkat ini juga membuatnya nyaman digenggam hanya dengan satu tangan saja karena ia memiliki berat 171 gram dan ketebalan maksimum 7.8 mm.

Layar AMOLED FHD+

Kelebihan selanjutnya yang disuguhkan oleh Oppo Reno 5 adalah layar AMOLED lapang di ukuran 6.43 inci Full HD Plus (1080 x 2400 piksel). Oppo membekalinya dengan tingkat refresh rate hingga 90 Hz dan touch sampling rate hingga 180 Hz dengan kecerahan 600 nits.

Layar perangkat ini juga menawarkan kerapatan piksel 410 ppi dan gamut warna 100% sRGB untuk visualisasi yang mantap. Dengan kata lain, spesifikasi displaynya tak akan mengecewakan untuk menonton streaming konten favorit atau sekadar scrolling sosial media saja.

Quad Kamera Belakang dan Sensor Selfie 44 MP

Oppo Reno 5 punya tagline “Picture Life Together” sehingga tak heran berani menawarkan konfigurasi kamera yang oke punya. Dibekali dengan AI Mixed Portrait, perangkat ini siap menemani kalian yang memiliki hobi fotografi untuk mengabadikan berbagai momen penting.

Pada bagian punggungnya tersemat empat kamera yang terdiri dari sensor utama 64 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera mono 2 MP. Oppo mengunggulkan fitur Dual View Video, Live HDR, Ultra Night Video, Zoom Video, dan AI Color Portrait yang bisa mengoptimalkan hasil jepretan serta rekaman kalian.

Hal yang tak kalah menarik adalah perangkat ini punya kamera selfie beresolusi lebih besar daripada pendahulunya, yakni 44 MP. Dibekali pula dengan stabilisasi video, memang sudah sewajarnya Oppo Reno 5 dipilih oleh kawula muda.

Flash Charge 50 Watt

Oppo Reno 5 mengemas daya baterai berkapasitas 4.310 mAh yang cukup awet dan tahan lama untuk menemani aktivitas kalian seharian dengan penggunaan sedang. Ia didukung oleh teknologi pengisi daya kebut 50 Watt dari Oppo yang siap mengisi ulang daya tanpa memakan banyak waktu. Menurut klaimnya, hanya dengan pengisian daya selama 5 menit saja maka kalian sudah bisa menggunakan Oppo Reno 5 untuk menonton video berdurasi 3 jam lho!

Punya NFC dan Jack Audio 3.5 mm

NFC dan port jack audio 3.5 mm adalah dua hal yang menjadi selling point penting bagi smartphone masa kini. Dengan NFC, maka kalian bisa melakukan transaksi pembayaran digital atau transfer data lebih mudah. Sementara hadirnya jack audio 3.5 mm akan memudahkan untuk mendengarkan audio tanpa ribet di mana saja dan kapan saja.

Kekurangan Oppo Reno 5

Tentu saja tidak lengkap rasanya jika membahas kelebihan tanpa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan Oppo Reno 5 yang wajib kalian catat.

Tidak Ada Upgrade Chipset

Dirilis dengan selang waktu yang berdekatan justru membuat Oppo Reno 5 hadir dengan chipset warisan dari pendahulunya. Ya, dapur pacunya diisi oleh Snapdragon 720G yang menawarkan kinerja gesit. Kendati demikian, keputusan Oppo untuk tidak melakukan upgrade pada perangkat ini tentu saja menjadi kekecewaan bagi sebagian orang.

Pada Oppo Reno 5, kinerja chip tersebut dibantu oleh penyimpanan RAM hingga 8 GB dan memori internal sebesar 128 GB.

Masih Pakai Speaker Mono

Kekurangan selanjutnya terletak pada speaker tunggalnya yang membuat Oppo Reno 5 kalah saing dibanding ponsel mid-range lain yang sudah dibekali dual speaker. Meski untuk sebagian pengguna tidak penting, namun pencinta output suara berkualitas tentu akan merasa kurang puas tanpa kehadiran speaker stereo.

Demikian informasi kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 5. Overall, ponsel elegan yang satu ini sangat affordable untuk dimiliki terutama bagi kalian yang menginginkan smartphone stylish dengan fitur-fitur yang lengkap.

Oppo Reno5
Rilis : Januari 2021
8/128 GB - Rp 4.200.000
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn