Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno5 5G

Oppo Reno 5 5G menjadi anggota Reno 5 Series yang punya dukungan jaringan tercepat dan bisa kalian boyong dengan bekal budget Rp 4 jutaan saja. Tentu saja ada perbedaan yang cukup signifikan antara Reno 5 5G dengan saudaranya di lini yang sama.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno5 5G
  • Rilis Januari 2021
  • Layar 6.43 inci OLED, 90Hz, 600 nits ~410 ppi
  • Chipset Qualcomm SM7250 Snapdragon 765G (7 nm)
  • GPU Adreno 620
  • Internal 8/128 GB
  • Eksternal Tidak tersedia
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4300 mAh, Fast charging 65W
  • Harga Rp 5.200.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno5 5G dan Harganya
Penasaran? Mari membahas selengkapnya mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 5 5G.

Kelebihan Oppo Reno 5 5G

Jika membaca sekilas daftar spesifikasi perangkat ini, tentu kalian sudah mengetahui letak keunggulannya. Mulai dari tampilan hingga dapur pacunya memang sangat menggoda untuk dimiliki. Intip daftar kelebihan Oppo Reno 5 5G berikut ini.

Desain Reno Glow Ultra Slim

Soal desain, lini Oppo Series sudah pasti oke punya. Jika menyukai warna colorful menawan, kalian dapat memilih varian Galactic Silver yang memadukan desain Reno Glow dengan material nano Picasus di bodi Diamond Spectrumnya. Alhasil, saat digunakan akan tampak warna multi-dimensi yang sedap dipandang. Namun bila kalian lebih menyukai warna netral, maka varian warna Starry Black lebih cocok untuk dipilih.

Selain warna-warna menarik tersebut, Oppo Reno 5 5G mengusung bodi ultra slim yang tipis dan ringan. Hadir di selisih ukuran yang tipis, Galactic Silver mempunyai ketebalan 7.9 mm dan berat 180 gram sementara varian Starry Black menyuguhkan ukuran yang lebih ringkas di ketebalan 7.9 mm dan berat 172 gram saja.

Performa Andal

Kelebihan selanjutnya yang akan kalian dapatkan dari Oppo Reno 5 5G ada pada sektor dapur pacunya. Perangkat ini mengandalkan chip Snapdragon 765G yang sudah jelas tak perlu diragukan lagi. Performanya memang sangat gesit karena membawa peningkatan kinerja CPU hingga 49% dan kerja GPU yang lebih efisien hingga 40% di banding seri sebelumnya.

Untuk menangani multitasking dengan mudah, Oppo Reno 5 5G disokong oleh kapasitas RAM jumbo dengan memori internal yang lapang. Kalian bisa memilih salah satu di antara varian konfigurasi 8/128 GB atau 12/256 GB.

Ada NFC

Sebagai smartphone 5G kekinian, tentu saja fitur NFC wajib hadir pada Oppo Reno 5 5G. Dengan menggunakan fitur NFC, kalian bisa melakukan transaksi digital dengan mudah seperti cek dan top up saldo e-money dan sebagainya.

Layar AMOLED dengan Kecepatan Refresh 90 Hz

Oppo menggunakan panel AMOLED pada perangkat ini dengan ukuran 6.4 inci. Resolusi layarnya tentu saja sudah Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) dengan kerapatan piksel 410 ppi untuk mendukung visualisasi yang nyaman dan sedap dipandang mata sepanjang hari. Oppo Reno 5 5G juga dibekali refresh rate layar hingga 90 Hz dengan touch sampling rate hingga 180 Hz.

Punya Quad Camera

Oppo Reno 5 5G turut mendukung hobi fotografi da videografi kalian dengan membawa empat kamera belakang dan single selfie. Setup quad-camera di punggungnya terdiri dari 64 MP sensor utama, 8 MP kamera ultrawide, 2 MP kamera makro, dan 2 MP kamera mono. Sementara kamera depannya punya resolusi besar 32 MP.

Berbagai fitur menarik telah disertakan Oppo ke dalam sistem kamera ponsel ini termasuk stabilisasi video EIS dan zoom video. Bahkan kalian bisa merekam video hingga resolusi 4K pada kecepatan 30 fps lho!

Fast Charging 65W

Oppo Reno 5 5G mengemas daya baterai berkapasitas 4.300 mAh yang diklaim dapat bertahan seharian dengan penggunaan sedang. Ia memiliki dukungan fast charging 65W yang bisa mengisi ulang baterai tanpa memakan durasi yang lama. Bahkan hanya dengan pengisian 5 menit, ia bisa mengisi ulang untuk 4 jam penggunaan ponsel.

Kekurangan Oppo Reno 5 5G

Sudah mulai tertarik untuk meminang Oppo Reno 5 5G? Coba pertimbangkan kembali setelah membaca 2 kekurangan Oppo Reno 5 5G berikut ini.

Speaker Tunggal

Sangat disayangkan untuk smartphone di atas Rp 3 juta belum memiliki speaker stereo. Oppo Reno 5 5G hanya dibekali dengan speaker tunggal alias speaker mono sehingga belum bisa memberikan output suara yang ‘nendang’. Jika menilik para rivalnya, sangat banyak opsi ponsel dengan speaker stereo yang bahkan dibanderol lebih murah.

Tidak Ada Slot microSD

Oppo mengikuti tren dengan menghilangkan slot microSD sehingga kalian tidak akan bisa memperluas kapasitas penyimpanan secara eksternal dengan mudah. Meskipun kombinasi RAM dan memori internalnya tergolong lega, namun kehadiran slot microSD masih dianggap sangat penting bagi sebagian pengguna smartphone.

Itulah kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 5 5G yang tidak boleh dilewatkan. Perangkat ini jelas cocok untuk kalian yang menyukai smartphone stylish dengan jeroan mumpuni. Meski speaker stereo dan slot microSD absen dari Oppo Reno 5 5G, deretan kelebihannya masih menjadikan smartphone ini worth it to buy.

Oppo Reno5 5G
Rilis : Januari 2021
8/128 GB - Rp 6.000.000
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn