Tips Belanja Mingguan Anti Boros, Anda Harus Coba!

Tiap orang memiliki kebiasaan waktu berbelanja yang berbeda – beda, salah satunya tentu saja belanja mingguan. Jika Anda terbiasa belanja mingguan, ini berarti setiap seminggu sekali Anda akan berbelanja dan memenuhi kebutuhan dapur Anda.

Allofresh

Tentunya Anda harus pintar – pintar dalam mengatur budget belanja mingguan Anda, jangan sampai Anda kehabisan uang belanja sebelum akhir bulan.

Jika ternyata uang belanjaan Anda habis sebelum akhir bulan, tentu saja Anda akan kerepotan. Karena itu, penting bagi Anda untuk pandai menjaga dan mengatur keuangan Anda.

Memang, tak mudah untuk mengatur pengeluaran mingguan Anda, namun sebenarnya ada beberapa trik yang bisa Anda pakai untuk mensiasati pengeluaran uang belanja mingguan Anda.

Tips Belanja Mingguan Anti Boros

Bagaimana cara mengatur pengeluaran belanja mingguan Anda dengan baik dan anti boros? Berikut ini merupakan beberapa kiat mudah menjaga uang belanjaan mingguan Anda agar tak boros hingga akhir bulan.

Cek Isi Kulkas dan Tentukan Bahan yang Kurang

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan saat belanja mingguan agar tak boros adalah mengecek isi kulkas Anda. Anda bisa mulai dengan menyusun dan mendaftar apa saja bahan – bahan berguna yang masih ada di dalam kulkas Anda.

Walaupun terkesan sepele, namun kegiatan mengecek isi kulkas adalah kegiatan yang wajib Anda lakukan. Ini karena dengan mengecek isi kulkas, Anda bisa tau barang apa yang masih Anda miliki dan masih layak konsumsi. Sehingga nantinya Anda tak akan buang – buang uang untuk membeli barang yang sama dua kali.

Mulai Mencatat Bahan yang Akan Anda Beli Sesuai Kebutuhan

Jika Anda sudah melihat isi kulkas Anda dan sudah tau barang apa yang masih ada, kini saatnya Anda mencatat barang apa yang mau Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar dapat menyesuaikan barang yang akan dibeli dengan yang Anda butuhkan, Anda bisa coba buat daftar menu mingguan yang ingin Anda masak.

Setelah Anda membuat daftar menu mingguan yang Anda inginkan, Anda bisa membuat daftar belanjaan dari sana. Jangan lupa eliminasi bahan yang masih ada dan masih layak konsumsi di kulkas Anda.

Tentukan Budget Maksimal Belanja Untuk Setiap Minggu

Sudah menjadi rahasia umum jika terkadang saat belanja Anda tak bisa fokus membeli bahan makanan saja. Kadang kala akan ada beberapa hal yang mengalihkan Anda dari membeli hanya barang – barang yang Anda perlukan.

Untuk mengatasi masalah hal ini, Anda bisa coba menentukan budget maksimal yang bisa Anda keluarkan untuk sekali belanja mingguan. Hitung uang belanja Anda dengan tepat dan benar dengan mempertimbangkan kebutuhan hidup mingguan Anda lainnya.

Setelah Anda menentukan berapa besar biaya maksimal yang bisa Anda gunakan untuk belanja mingguan, pisahkan uang tersebut dari uang lainnya dan pastikan Anda hanya menggunakan uang itu saja saat belanja mingguan. Jangan tergoda menambah uang belanja mingguan Anda dengan mengambil uang untuk kebutuhan lainnya.

Jangan Langsung Beli, Lakukan Survei Harga

Antara sebuah toko dengan toko yang lain pasti menetapkan harga yang berbeda untuk satu jenis barang yang sama. Bisa saja sebuah toko menjual barang tersebut dengan harga lebih murah dan bisa saja sebuah toko menjual barang dengan harga yang jauh lebih mahal.

Oleh karena itu, jika Anda ingin belanja mingguan dengan budget yang lebih hemat, ada baiknya Anda tak langsung membeli sebuah barang. Lebih baik cobalah melakukan survei kecil – kecilan terhadap jenis barang yang akan Anda beli saat belanja mingguan.

Anda bisa membandingkan harga sebuah barang di satu toko ke toko lainnya. Anda bisa juga membandingkan harga sebuah barang dari toko online dengan toko offline.

Jika Belanja Online, Manfaatkan Semaksimal Mungkin Kupon Diskon

Jika Anda memilih untuk belanja mingguan secara online, tak jarang Anda pasti akan mendapatkan kupon belanja online kan? Anda bisa memanfaatkan kupon ini secara maksimal untuk mendapatkan harga belanja mingguan yang makin hemat dan murah.

Untuk memanfaatkan kupon belanja online secara maksimal, Anda bisa mencatat barang apa yang dicover dengan kupon tersebut dan jangka waktu penggunaan kupon. Lalu gunakan kupon sebelum jangka waktu habis untuk tebus murah barang – barang tadi.

Itulah beberapa tips belanja mingguan anti boros yang layak Anda coba. Agar belanja mingguan Anda makin hemat, Anda bisa coba gunakan AlloFresh. AlloFresh merupakan sebuah platform belanja online yang mendukung pengalaman belanja online lebih mudah dan anti ribet.

Penggunaan aplikasi AlloFresh juga sangat mudah. Anda cukup buka aplikasinya dan pilih barang dari koleksi Transmart Online yang ingin Anda beli. Semua barang yang disediakan AlloFresh terjamin kualitasnya dan pastinya juga bisa diantar sampai rumah Anda dengan selamat. Yuk belanja dengan AlloFresh, cek juga berbagai promo dan diskon hariannya untuk dapatkan harga lebih murah.

Deden Kurniawan

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال