Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12 Pro 5G

Gambar Redmi Note 12 Pro 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G
  • Rilis Maret 2023
  • Layar 6.67 inci P-OLED FHD+ 120Hz
  • Chipset Mediatek Dimensity 1080 (6 nm)
  • GPU Mali-G68
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 67W
  • Harga Rp 4.000.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G dan Harganya
Redmi Note 12 Pro 5G telah diluncurkan secara resmi di Cina pada akhir tahun 2022, dan kemudian tiba di Indonesia pada tanggal 30 Maret 2023. Sebagai salah satu produk dari Xiaomi yang berada di kelas menengah, dapat diharapkan bahwa smartphone ini, dengan harga sekitar Rp3 jutaan, menawarkan banyak hal yang baik.

Dikenal dengan reputasi yang baik dalam hal nilai uang yang diberikan, Redmi Note 12 Pro 5G hadir dengan spesifikasi yang sangat mengesankan untuk kategori menengahnya.

Tidak hanya itu, Redmi Note 12 Pro 5G juga menghadirkan sejumlah peningkatan dibandingkan dengan pendahulunya. Beberapa spesifikasi yang dimiliki oleh ponsel ini bahkan membuatnya terlihat seperti flagship. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Mari kita simak kelebihan dan kekurangan Redmi Note 12 Pro 5G di bawah ini secara detail!

Kelebihan Redmi Note 12 Pro 5G

Dengan nilai yang tinggi dan harga yang terjangkau, kehadiran Redmi Note 12 Pro 5G pastinya akan membuat pesaingnya dalam kategori HP menengah was-was. Berikut adalah beberapa kelebihan yang perlu diperhatikan:

Performa Unggul dengan Dimensity 1080

Redmi Note 12 Pro 5G menghadirkan peningkatan signifikan dalam hal performa dibandingkan dengan model sebelumnya. Dibandingkan dengan Redmi Note 11 Pro yang menggunakan SoC Helio G96, chipset tersebut sudah dianggap cukup mumpuni untuk kelas menengah.

Namun, mengingat keberadaan ponsel dengan Helio G99 (seperti Tecno POVA 4) di kisaran harga Rp2 jutaan pada tahun 2022, standar untuk ponsel seharga Rp3 jutaan harus ditingkatkan. Oleh karena itu, Redmi Note 12 Pro 5G dilengkapi dengan chipset Dimensity 1080 yang menawarkan performa dan konektivitas yang lebih tinggi.

Dimensity 1080 adalah chipset yang dibangun menggunakan proses manufaktur 6 nm. Chipset ini merupakan salah satu SoC terbaru yang hadir di akhir tahun 2022. Beberapa ponsel lain yang menggunakan chipset ini juga dirilis pada periode yang hampir sama dengan Redmi Note 12 Pro 5G, seperti Infinix Note 5G 2023.

MediaTek Dimensity 1080 memiliki delapan inti prosesor yang terbagi menjadi dua klaster, yaitu high performance dan efisiensi daya. Klaster high performance memiliki dua unit Cortex A78 dengan kecepatan 2.6 GHz, sementara klaster efisiensi daya menggunakan enam inti Cortex A55 dengan kecepatan clock 2.0 GHz.

Selain itu, chipset ini juga didukung oleh RAM LPDDR4x mulai dari 6 GB dan penyimpanan internal UFS 2.2 sebesar 128 GB. Untuk kinerja grafis yang optimal, Redmi Note 12 Pro 5G menggunakan GPU Mali G68 MC4.

Menurut laporan dari Gizmochina, Redmi Note 12 Pro 5G mencatat skor AnTuTu v9 sebesar 501.375 poin, yang menunjukkan kinerja yang sangat baik untuk menjalankan game berat tanpa lag. Ponsel ini juga mendapatkan skor yang layak di Geekbench 5, yaitu 763 poin (single core) dan 2007 poin (multi-core).

Dalam video yang diunggah oleh kanal ReSaFe Channel di YouTube, dapat dilihat bahwa Redmi Note 12 Pro 5G mampu menjalankan game Genshin Impact dengan cukup lancar, dengan frame rate sekitar 30-40 FPS, meskipun belum mencapai 60 FPS secara penuh. Namun, hal ini sudah lebih dari cukup untuk sebuah ponsel kelas menengah.

Smartphone kelas menengah ini juga dilengkapi dengan sistem pendinginan terpadu yang menggunakan ruang uap (vapor chamber) seluas 3000 mm persegi untuk menurunkan suhu perangkat dengan cepat. Hal ini membuatnya mampu menjalankan game berat dalam waktu yang lama tanpa mengalami penurunan performa.

Layar Menghadirkan Kualitas Gambar Memuaskan

Spesifikasi dan kualitas layar Redmi Note 12 Pro 5G membuatnya terlihat seperti ponsel flagship. Ini terbukti dengan sertifikasi Dolby Vision dan HDR10+ yang dimilikinya untuk meningkatkan kualitas tampilan saat menonton film. Dengan menggunakan panel OLED, layar smartphone ini mampu menghasilkan kontras rasio hingga 5.000.000:1.

Layar smartphone ini juga memiliki tingkat kecerahan tipikal hingga 500 nit dan dapat mencapai kecerahan High Brightness Mode (HBM) hingga 900 nit. Selain itu, pengguna dapat menikmati tingkat refresh rate tinggi hingga 120 Hz saat melakukan scrolling di media sosial atau memainkan game yang mendukungnya.

Keunggulan lain dari layar Redmi Note 12 Pro 5G adalah adanya fitur 1920 Hz PWM Dimming, yang memastikan tidak adanya flicker pada tingkat kecerahan rendah. Saat bermain game kompetitif seperti PUBG Mobile, layar ini mendukung touch sampling rate 240 Hz, sehingga respons sentuhan akan lebih cepat. Hal ini memberikan keuntungan ekstra saat bermain di medan pertempuran.

Dengan kecerahan yang sangat tinggi, Redmi Note 12 Pro 5G adalah pilihan yang sangat direkomendasikan untuk pengguna yang sering berada di luar ruangan, karena isi layarnya akan tetap terlihat jelas bahkan di bawah sinar matahari yang terik.

Kemampuan Kamera yang Luar Biasa

Redmi Note 12 Pro 5G menawarkan kemampuan kamera yang luar biasa, bahkan tidak terpengaruh oleh isu kelangkaan chipset yang sering memengaruhi fitur videografi pada smartphone kelas menengah.

Saat kebanyakan smartphone keluaran tahun 2022 belum menyediakan perekaman video 1080p pada 60 FPS, Redmi Note 12 Pro 5G sudah memiliki fitur tersebut. Bahkan, Anda dapat merekam video hingga resolusi 4K pada 30 FPS dengan smartphone ini.

Xiaomi membekali Redmi Note 12 Pro 5G dengan sensor utama Sony IMX 766 berkekuatan 50 MP, yang juga digunakan oleh sejumlah smartphone flagship, seperti Xiaomi 13 Lite, Huawei Mate 50 Pro, iQOO Neo7, dan ASUS ROG Phone 6D.

Kamera utama ini dilengkapi dengan PDAF dan stabilisasi OIS (Optical Image Stabilization), sehingga menghasilkan video yang stabil. Sementara untuk kamera ultrawide, memiliki resolusi 8 MP dengan sudut pandang 119 derajat.

Selain itu, terdapat kamera makro dengan resolusi 2 MP pada bukaan f/2.4. Kamera depannya memiliki resolusi 16 MP yang mampu merekam video 1080p pada 60 FPS.

Hasil foto yang diambil dengan Redmi Note 12 Pro 5G menunjukkan kualitas yang luar biasa, terutama pada detail bunga dan dedaunan yang sangat terperinci. Foto-foto tersebut tetap jelas dan tidak kabur, menunjukkan bahwa kemampuan fotografi dari ponsel ini sangat baik. Bahkan dalam kondisi cahaya rendah, noise pada foto-foto tersebut minimal.

Konektivitas Lebih Unggul dengan Wi-Fi 6

Berbeda dari mayoritas smartphone kelas menengah, Redmi Note 12 Pro 5G mendukung Wi-Fi 6, yang menawarkan kecepatan unduhan yang lebih cepat.

Menurut laporan dari NetGear.com, Wi-Fi dual band menggunakan komponen arus untuk mentransmisikan data Wi-Fi. Wi-Fi 5 dan 6 memiliki jumlah arus yang lebih banyak daripada Wi-Fi 4, sehingga mampu menangani kecepatan hingga gigabit.

Wi-Fi 6 meningkatkan jumlah arus lebih lanjut, dari 8 pada Wi-Fi 5 menjadi 12, yang membuat pengguna yang terhubung dengan jaringan Wi-Fi 6 dapat merasakan peningkatan kecepatan hingga 40% dibandingkan Wi-Fi 5.

Selain itu, Redmi Note 12 Pro 5G juga dilengkapi dengan Bluetooth 5.2, antarmuka A2DP, dan LE (Low Energy). Port pengecasannya menggunakan USB Type-C 2.0 yang mendukung on-the-go, sehingga dapat mendeteksi perangkat seperti flashdisk, HDD, dan mouse.

Sebagai tambahan, ponsel ini dilengkapi dengan port infrared untuk digunakan sebagai remote TV dan AC universal, serta fitur NFC (Near Field Communication) untuk transaksi digital yang praktis.

Ketahanan Baterai yang Handal dengan Fast Charging 67 W

Redmi Note 12 Pro 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, yang kini menjadi standar umum di industri smartphone. Kapasitas ini sudah lebih dari cukup untuk kebanyakan penggunaan sehari-hari dan dapat bertahan sepanjang hari meskipun hanya diisi sekali.

Perangkat ini dilengkapi dengan berbagai mode penghematan daya, seperti mode save battery untuk penggunaan yang lebih hemat daya, atau mode balanced untuk penggunaan seimbang. Ketika memerlukan performa maksimal, pengguna dapat memilih mode performance.

Menurut laporan dari Gizmochina, Redmi Note 12 Pro 5G menunjukkan sisa daya baterai 12 jam 37 menit saat baterai tinggal 48%. Bahkan aktivitas menonton TikTok hanya menguras 5% daya, sementara memainkan PUBG Mobile hanya mengurangi 4% daya.

Dalam hal pengisian daya, Redmi Note 12 Pro 5G dilengkapi dengan teknologi fast charging 67 W yang mendukung USB Power Delivery 3.0. Diperkirakan ponsel ini dapat diisi daya dari 0-100% dalam waktu 46 menit, sangat cepat untuk standar harga menengah.

Desain Bodinya yang Unik dan Dilengkapi dengan IP Rating

Redmi Note 12 Pro 5G dilengkapi dengan sertifikasi IP53, menjadikannya tahan terhadap percikan air. Desain bodinya dirancang untuk menarik perhatian, dengan modul kamera yang terlihat modern dan premium, bahkan terlihat seperti flagship yang harganya jauh lebih tinggi.

Ponsel ini memiliki bodi yang ringan, hanya beratnya 187 gram, dan ketebalannya kurang dari 7,9 mm, menjadikannya salah satu ponsel kelas menengah yang paling tipis di dunia. Tersedia dalam varian warna yang menarik seperti violet dengan pola bulatan cahaya dan warna lain seperti hitam, biru, dan putih.

Stereo Speaker dan Port Audio 3.5 mm

Redmi Note 12 Pro 5G dilengkapi dengan dua speaker di bagian atas dan bawah bodi untuk meningkatkan pengalaman audio saat mendengarkan musik, menonton film, atau menikmati konten YouTube. Dengan stereo speaker, suara yang dihasilkan menjadi lebih keras dan seimbang.

Selain itu, ponsel ini masih dilengkapi dengan port audio 3.5 mm, memungkinkan pengguna untuk menggunakan earphone atau headphone kabel dengan mudah, meskipun banyak vendor yang mulai menghilangkan port tersebut pada tahun 2022.

Kekurangan Redmi Note 12 Pro 5G

Walaupun Redmi Note 12 Pro 5G memiliki banyak keunggulan, tidak ada produk yang sempurna dan masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang dapat ditemukan pada Redmi Note 12 Pro 5G:

Tidak DilengkapiSlot Memori Eksternal

Redmi Note 12 Pro 5G hadir dengan varian termurah yang memiliki RAM LPDDR4x 6 GB dan penyimpanan internal UFS 2.2 128 GB. Kapasitas penyimpanan ini sebenarnya cukup besar untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, bagi pengguna yang sering merekam video atau mengunduh banyak konten, ruang penyimpanan internal mungkin akan cepat terisi.

Sayangnya, Redmi Note 12 Pro 5G tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal, sehingga pengguna tidak dapat menambahkan kartu microSD untuk memperluas kapasitas penyimpanannya. Hal ini mungkin menjadi kendala bagi pengguna yang memerlukan ruang penyimpanan tambahan.

Tanpa Pelindung Layar yang Kuat

Meskipun spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G menunjukkan bahwa ponsel ini tidak dilengkapi dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass, yang dapat membuatnya rentan terhadap goresan dan kerusakan. Sebaliknya, model sebelumnya, Redmi Note 11 Pro 5G, memiliki Corning Gorilla Glass 5 yang lebih kokoh dan mampu melindungi layar dari kerusakan akibat benturan atau goresan.

Ketidakhadiran pelindung layar yang kuat seperti Gorilla Glass pada Redmi Note 12 Pro 5G mungkin meningkatkan risiko kerusakan layar dan memerlukan perlindungan tambahan.

Tidak Dilengkapi dengan Android 13

Redmi Note 12 Pro 5G masih diluncurkan dengan sistem operasi Android 12 yang berbasis pada antarmuka MIUI 13. Meskipun Android 13 sudah tersedia pada akhir tahun 2022, ponsel ini belum mendapat pembaruan sistem operasi. Karena menggunakan versi Android yang lebih lama, ada kemungkinan bahwa Redmi Note 12 Pro 5G tidak akan mendapatkan pembaruan ke versi Android yang lebih baru di masa mendatang.

Ketidakmampuan untuk menerima pembaruan sistem operasi ke versi terbaru dapat membuat pengguna merasa kurang puas karena mereka tidak dapat menikmati fitur-fitur baru dan peningkatan keamanan yang disediakan oleh versi Android yang lebih baru.

Kesimpulan

Redmi Note 12 Pro 5G hadir dengan berbagai kelebihan di berbagai aspek, menjadikannya pilihan yang menarik di kelasnya. Dengan banderol harga mulai dari 4 jutaan, ponsel ini menawarkan nilai yang cukup baik untuk pengguna di segmen menengah.

Ponsel ini menonjol dalam performa yang kuat, kamera yang menakjubkan, daya tahan baterai yang handal, serta konektivitas yang canggih. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, seperti ketiadaan slot memori eksternal dan kurangnya pelindung layar yang kuat, namun kekurangan tersebut tidak menjadi faktor utama yang menghambat penggunaan sehari-hari.

Dengan demikian, bagi mereka yang mencari ponsel dengan kombinasi fitur yang lengkap dan kinerja yang baik tanpa harus mengeluarkan banyak uang, Redmi Note 12 Pro 5G bisa menjadi pilihan yang menarik. Namun, tentu saja, keputusan akhir untuk membeli tetap bergantung pada preferensi dan kebutuhan individual masing-masing pengguna.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn