Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 7 Lite

HP Infinix
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Infinix Note 7 Lite
  • Rilis Juli 2020
  • Layar 6.6 inci IPS LCD ~266 ppi
  • Chipset Mediatek Helio P22
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia, microSDXC
  • Internal 4/64 GB, 6/128 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 2 MP (depth), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 10W
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 7 Lite
Sebagai salah satu pilihan dalam segmen harga terjangkau, Infinix Note 7 Lite tidak hanya menawarkan harga yang bersahabat, tetapi juga memberikan pengalaman yang jauh melampaui ekspektasi untuk pengguna muda-mudi. Dengan desain yang menarik, fitur yang canggih, dan kinerja yang tangguh, seri HP ini memberikan solusi optimal tanpa memerlukan pengeluaran besar.

Varian Lite-nya, meskipun memiliki sedikit perbedaan pada layar, desain kamera belakang, dan beberapa fitur tertentu, tetap memberikan keunggulan yang menarik. Meski dihargai dengan angka terjangkau sekitar Rp 2 jutaan, Infinix Note 7 Lite membuktikan bahwa harga rendah tidak berarti kualitas rendah. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih Infinix Note 7 Lite sebagai ponsel Anda.

Kelebihan Infinix Note 7 Lite

Jika kita meneliti beberapa keunggulan dari ponsel ini, kesan bahwa seri ini disebut "Lite" mungkin terasa tidak tepat. Pasalnya, fitur-fitur yang dimilikinya sejatinya mampu bersaing dengan ponsel dalam kisaran harga serupa atau bahkan sedikit di atasnya.

Baterai Kapasitas Jumbo (5000 mAh)

Keunggulan utama Infinix Note 7 Lite terletak pada kapasitas baterainya yang luar biasa, mencapai 5.000 mAh. Kapasitas besar ini memungkinkan pengguna untuk menikmati penggunaan aplikasi dan game lebih lama. Bahkan dalam mode stand-by, ponsel ini bisa bertahan hingga 4 hari, sementara penggunaan normalnya mampu mencapai sehari penuh. Harga terjangkau sekitar Rp 2 jutaan membuatnya menjadi pilihan praktis tanpa harus membawa power bank.

Dukungan Memori Eksternal dengan Slot Khusus

Infinix Note 7 Lite hadir dengan memori internal 128 GB, ukuran yang cukup besar untuk ponsel entry-level. Untuk lebih banyak ruang, pengguna dapat menambahkan kartu memori eksternal hingga 2TB melalui slot khusus yang disediakan. Fleksibilitas ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai file dan aplikasi tanpa khawatir kehabisan ruang.

Dilengkapi Modul Quad Camera

Kamera belakang Infinix Note 7 Lite menonjol dengan empat lensa, termasuk lensa utama 48 MP, lensa makro 2 MP, lensa kedalaman 2 MP, dan lensa QVGA untuk kondisi minim pencahayaan. Resolusi tinggi pada kamera utama membuatnya sangat menarik untuk fotografi sosial media. Varian lensa memungkinkan pengguna mengeksplorasi berbagai jenis fotografi.

Ukuran Layar Besar (6,6 inci)

Layar IPS LCD sebesar 6,6 inci membuat Infinix Note 7 Lite menonjol di segmen harga yang sama. Layar besar ini memberikan kenyamanan ekstra saat melakukan berbagai kegiatan di ponsel. Desain punch-hole Infinity-O pada layar menghasilkan tampilan yang luas dan bersih, ideal untuk menonton konten hiburan seperti Netflix.

Dilengkapi Side-Mounted Fingerprint dan Face Unlock

Infinix Note 7 Lite menawarkan kemudahan akses dengan sensor sidik jari terletak di sisi kanan bodi, atau disebut side-mounted fingerprint. Face Unlock juga hadir sebagai alternatif cepat untuk membuka kunci layar. Kombinasi kedua fitur ini memberikan opsi yang nyaman dan aman untuk pengguna.

Dibekali OS Android 10

Ponsel ini menjalankan sistem operasi XOS 6.0 berbasis Android 10 terbaru. Upgrade sistem operasi memberikan pengguna pengalaman yang lebih baik, dengan fitur-fitur seperti Dark Mode dan gesture navigation untuk meningkatkan navigasi. Android 10 membawa beragam inovasi yang membuat penggunaan HP semakin menyenangkan, termasuk beberapa fitur eksklusif yang menarik.

Kekurangan Infinix Note 7 Lite

Tentu, meskipun Infinix Note 7 Lite memiliki sejumlah keunggulan yang mengesankan, namun tidak dapat dipungkiri bahwa setiap perangkat memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa aspek yang perlu diperhatikan:

Chipset Kurang Kompetitif (MediaTek Helio P22)

Infinix Note 7 Lite mengandalkan chipset Helio P22, yang sayangnya tidak sekuat beberapa pesaingnya di pasar. Pilihan ini membuat performa ponsel ini kurang mampu bersaing dengan HP sekelasnya yang menggunakan chipset Snapdragon 665, seperti Realme 5s dan OPPO A5 2020. Helio P22 tampaknya tidak memberikan performa maksimal, terutama jika dibandingkan dengan Snapdragon 450 yang umumnya ditemukan pada HP dengan harga lebih rendah.

Tidak Dilengkapi Fast Charging

Keterbatasan Infinix Note 7 Lite terletak pada absennya fitur fast charging. Dalam era di mana kecepatan pengisian daya menjadi prioritas, ponsel ini masih mengandalkan pengisian daya dengan daya 10 W. Meskipun kapasitas baterai mencapai 5.000 mAh, pengguna mungkin perlu bersabar lebih lama saat mengisi daya, terutama jika dibandingkan dengan varian non-Lite yang sudah mendukung fast charging 18 W.

Menggunakan MicroUSB Port

Konektivitas Infinix Note 7 Lite menunjukkan kekurangan dengan menggunakan port microUSB 2.0. Pada saat sebagian besar ponsel terkini beralih ke USB tipe-C, penggunaan microUSB terasa ketinggalan zaman. USB tipe-C menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat dan desain yang lebih praktis, sedangkan microUSB memerlukan penyesuaian posisi colokan.

Tidak Dilengkapi NFC

Salah satu kekurangan yang dapat ditemui pada Infinix Note 7 Lite adalah ketiadaan fitur NFC. Bagi pengguna yang aktif melakukan transaksi digital atau menggunakan fasilitas tol elektronik, kehadiran NFC sangat penting. Sayangnya, Infinix belum menyematkan fitur ini pada produk-produknya, sehingga pengguna yang menginginkan kemudahan transaksi digital mungkin merasa kurang terakomodasi dengan ponsel ini.

Kesimpulan

Dengan mempertimbangkan berbagai kelebihan dan kekurangan Infinix Note 7 Lite, dapat disimpulkan bahwa ponsel ini menawarkan nilai yang cukup menguntungkan dengan harga sekitar Rp 2 jutaan. Kapasitas baterai yang besar dan dukungan slot microSDXC memberikan poin positif pada kelasnya. Meskipun terjangkau, ponsel ini mampu memberikan pengalaman pengguna yang terkesan.

Namun, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, seperti ketidakmampuan fast charging yang bisa memperlambat pengisian daya baterai. Pengguna juga harus mempertimbangkan penggunaan kabel microUSB, yang mungkin kurang sesuai dengan tren konektivitas saat ini.

Secara keseluruhan, Infinix Note 7 Lite tetap menjadi pilihan solid untuk kategori entry-level. Harganya yang terjangkau memungkinkan pengguna untuk menikmati berbagai fitur dan kemudahan seolah-olah menggunakan ponsel dengan harga lebih tinggi. Keputusan akhir tetap bergantung pada preferensi dan kebutuhan individu.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn