Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 7

HP Infinix
Spesifikasi Infinix Note 7
  • Rilis Juli 2020
  • Layar 6.96 inci IPS LCD ~258 ppi
  • Chipset Mediatek Helio G70 (12 nm)
  • GPU Mali-G52 2EEMC2
  • Eksternal Tersedia, microSDXC
  • Internal 6/128 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 2 MP (depth), 2 MP (macro), 2 MP (video)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 7
Semakin hari, merk HP Infinix semakin menonjolkan kemampuannya dengan meluncurkan produk-produk smartphone berkualitas yang ramah di kantong. Salah satu yang patut diperhatikan adalah Infinix Note 7, penerus dari Infinix Note 6, yang menghadirkan sejumlah peningkatan pada spesifikasinya.

Infinix Note 7 hadir dalam dua varian yang menarik, yaitu versi reguler dan Lite. Kedua varian tersebut menawarkan berbagai keunggulan kepada pengguna, meskipun terdapat beberapa perbedaan di sejumlah sektor tertentu. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat membaca artikel yang membahas kelebihan dan kekurangan Infinix Note 7 Lite.

Pada kesempatan ini, kita akan fokus membahas varian reguler dari Infinix Note 7. Meskipun masuk ke dalam segmen harga terjangkau, Infinix Note 7 mampu memberikan pengalaman yang memukau. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Infinix Note 7 yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya.

Kelebihan Infinix Note 7

Meskipun Infinix dikenal dengan citra sebagai merek HP terjangkau, Infinix Note 7 bukanlah sekadar produk dengan harga terjangkau semata. Setidaknya ada delapan kelebihan Infinix Note 7 yang sebaiknya Anda ketahui, antara lain:

Dual Stereo Speakers yang Immersif

Dalam era di mana hiburan digital seperti YouTube, Netflix, dan drama Korea semakin populer, kebutuhan akan kualitas suara yang maksimal semakin meningkat. Infinix Note 7 menawarkan pengalaman audio yang mengesankan dengan hadirnya dual stereo speakers yang ditempatkan di bagian atas dan bawah bodi. Kedua speaker ini dilengkapi dengan dukungan pengolah suara DTS, memberikan kualitas suara yang jernih dan lantang. Dengan fitur ini, efek suara dalam lagu, film, dan game dapat dinikmati dengan detail yang jelas dan seimbang.

Baterai Jumbo dan Pengisian Cepat

Keberlanjutan daya baterai selalu menjadi perhatian utama, terutama pada perangkat dengan harga terjangkau. Meskipun Infinix Note 7 masuk ke dalam segmen harga entry-level, baterainya memiliki kapasitas impresif sebesar 5000 mAh. Keunggulan ini dikombinasikan dengan teknologi 18W Super Charge 3.0, memungkinkan pengguna mengisi daya ponsel dengan cepat. Pengujian menunjukkan bahwa Infinix Note 7 dapat diisi penuh hanya dalam waktu 2 jam 25 menit, sementara daya tahan baterainya saat digunakan untuk menonton video 1080p mencapai 13 jam 25 menit.

Desain Bodi yang Menawan

Infinix selalu memberikan perhatian khusus pada desain bodi pada setiap produknya. Infinix Note 7 hadir dengan desain yang stylish dan elegan, dengan pilihan warna Forest Green, Aether Black, dan Bolivia Blue. Desain bodi belakang yang menyerupai potongan berlian dan modul kamera berbentuk lingkaran memberikan kesan estetika yang tinggi, membedakannya dari desain kamera belakang pada umumnya.

Layar Luas dengan Teknologi Infinity-O

Layar adalah salah satu komponen utama pada smartphone, dan Infinix Note 7 menawarkan layar yang sangat lega dengan ukuran 6,9 inci. Desain Infinity-O pada layar, dengan punch hole kamera depan di pojok kiri atas, memberikan tampilan yang lebih luas tanpa adanya bezel yang mengganggu. Layar ini mampu menyajikan tampilan HD+ dengan pencahayaan maksimal mencapai 480 nit, memberikan pengalaman menonton yang memikat.

Performa Gaming yang Baik

Infinix Note 7 didukung oleh chipset Mediatek Helio G70 dan GPU Mali-G52 2EEMC2, menjadikannya mampu menghadirkan performa gaming yang baik untuk kelasnya. Pengujian pada permainan berat seperti PUBG Mobile menunjukkan kinerja yang stabil dengan frame rate 30 fps. Bagi mereka yang menginginkan smartphone dengan kinerja gaming yang baik namun tetap terjangkau, Infinix Note 7 adalah pilihan yang tepat.

Port Audio 3,5 mm Jack yang Tetap Ada

Keberadaan port audio 3,5 mm jack pada Infinix Note 7 merupakan keunggulan bagi pengguna yang masih memilih headset kabel. Meskipun banyak perangkat premium menghilangkan fitur ini, Infinix Note 7 tetap menyediakan port audio tradisional, memudahkan pengguna untuk menggunakan headset atau speaker kabel mereka tanpa perlu beralih ke perangkat nirkabel.

Sistem Quad Camera yang Varied

Infinix Note 7 dilengkapi dengan sistem quad camera yang terdiri dari lensa utama 48 MP, lensa makro 2 MP, lensa kedalaman 2 MP, dan kamera video khusus 2 MP. Meskipun banyak ponsel menawarkan konfigurasi kamera serupa, kualitas fotografi Infinix Note 7 tetap unggul untuk kelasnya. Berbagai mode fotografi, seperti slow motion, short video, AI Cam, beauty, dan bokeh, memberikan variasi dalam pengambilan foto dan video.

Fingerprint Scanner dan Face Unlock

Untuk keamanan, Infinix Note 7 dilengkapi dengan fingerprint scanner yang terletak di samping tombol power. Keunggulan letak pemindai sidik jari ini adalah kemudahan akses, karena pengguna sudah terbiasa dengan penempatan jari pada tombol power. Selain itu, fitur Face Unlock juga hadir untuk memberikan opsi pengamanan yang lebih praktis.

Kekurangan Infinix Note 7

Meskipun Infinix Note 7 menawarkan sejumlah kelebihan yang mengesankan, namun seperti setiap produk lainnya, tidak luput dari beberapa kekurangan. Untuk memastikan Anda membuat keputusan pembelian yang tepat, berikut beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan pada Infinix Note 7:

Masih Menggunakan Micro USB 2.0

Infinix Note 7 masih mengandalkan port micro USB 2.0 sebagai opsi pengisian daya dan transfer data. Meskipun micro USB masih umum digunakan, namun keberadaan USB tipe-C kini lebih diunggulkan. USB tipe-C memiliki keunggulan reversible yang memudahkan pengguna dalam menyambungkan kabel tanpa harus memerhatikan orientasi. Kecepatan transfer data USB tipe-C juga cenderung lebih baik dibandingkan dengan micro USB, sehingga penampilan Infinix Note 7 dengan micro USB 2.0 mungkin menjadi keterbatasan untuk beberapa pengguna.

Tidak Memiliki Fitur NFC

Salah satu kekurangan Infinix Note 7 adalah absennya fitur NFC (Near Field Communication). NFC memiliki kegunaan yang bervariasi, termasuk dalam transfer file antar perangkat, transaksi pembayaran digital, dan pengisian saldo pada kartu eMoney dan eToll. Kehadiran NFC menjadi keuntungan tersendiri terutama bagi pengguna yang sering berada di lingkungan perkotaan dan menggunakan berbagai layanan digital. Dengan Note 7 yang tidak dilengkapi fitur NFC, pengguna yang mengandalkan teknologi ini mungkin merasa kurang terlayani.

Kesimpulan

Infinix Note 7, tanpa diragukan lagi, menawarkan sejumlah kelebihan yang membuatnya sulit diungguli oleh pesaingnya di pasar yang sama. Dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, ponsel ini dapat diandalkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari tanpa khawatir kehabisan daya. Layar yang besar dan desain bodi yang menarik juga menjadi daya tarik utama, memberikan rasa percaya diri kepada pengguna untuk membawanya ke berbagai tempat.

Namun, perlu diperhatikan bahwa Infinix Note 7 masih menggunakan colokan kabel microUSB, suatu pilihan yang terasa sudah usang di era dominasi USB tipe-C. Kehilangan fitur NFC juga menjadi catatan minus, terutama bagi mereka yang bergantung pada teknologi ini untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Semua kelebihan dan kekurangan Infinix Note 7 memiliki nilai masing-masing, dan keputusan untuk membelinya perlu dipertimbangkan dengan cermat. Setelah mengevaluasi ulasan ini, apakah Anda merasa yakin untuk memilih Infinix Note 7 sebagai pilihan smartphone Anda?

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn