Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A77s

OPPO Indonesia memperkenalkan OPPO A77s di Indonesia pada tanggal 13 Oktober 2022. HP ini merupakan perangkat OPPO kelas menengah dengan harga Rp3.499.000.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo A77s
  • Rilis Oktober 2022
  • Layar 6.56 inch IPS LCD 90Hz
  • Chipset Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 3.500.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo A77s dan Harganya
Dengan harga tersebut, HP ini menawarkan berbagai keunggulan. Salah satunya adalah kualitas layar yang sangat berwarna. Hal ini disebabkan oleh dukungan layar OPPO A77s terhadap gamut warna DCI-P3 100%, sehingga cocok untuk keperluan kreatif dalam menciptakan konten.

Selain itu, sebagai penerus dari OPPO A76, pengguna juga akan menikmati beragam peningkatan yang menyenangkan pada ponsel ini yang memiliki desain bodi premium.

Tidak hanya itu, HP ini juga menjadi seri OPPO A yang paling menarik karena mengadopsi beberapa fitur dari seri OPPO Reno. Jika Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai HP ini, silakan merujuk pada penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangannya setelah informasi spesifikasinya. Mungkin setelah membaca, OPPO A77s dapat menjadi pilihan sebagai penggerak utama Anda dalam keseharian.

Kelebihan Oppo A77s

OPPO A77s merupakan salah satu pilihan smartphone yang layak dipertimbangkan dalam segmen harga menengah. Terlebih lagi, jika Anda mempertimbangkan sejumlah kelebihan yang tercantum di bawah ini.

Chipset Snapdragon 680 yang Bertenaga

OPPO A77s menggunakan chipset Snapdragon 680 yang mampu memberikan performa tinggi, terutama dalam menjalankan game-game terkini seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, dan sejenisnya. Meskipun termasuk dalam seri Qualcomm 600, performa OPPO A77s terbilang impresif dalam menghadapi game-game tersebut.

Chipset ini memiliki fabrikasi 6 nm, yang membuatnya memiliki efisiensi daya setara dengan chipset flagship. Snapdragon 680 terdiri dari delapan inti prosesor, yaitu empat inti performa Kryo 265 Gold dengan kecepatan 2.4 GHz, dan empat inti hemat daya Kryo 265 Silver dengan kecepatan 1.9 GHz.

Kryo 265 Gold didasarkan pada mikroarsitektur ARM Cortex A73, yang menunjukkan bahwa ponsel ini mampu menangani tugas-tugas grafis yang berat seperti pengeditan foto, video, dan bermain game. Selain itu, chipset ini juga dilengkapi dengan GPU Adreno 610.

Berdasarkan uji coba AnTuTu v9, chipset Snapdragon 680 pada OPPO A77s mencetak skor sebesar 263.838 poin. Sementara itu, skor Geekbench 5 menunjukkan 374 poin untuk single core dan 1569 poin untuk multi-core.

Jika dibandingkan dengan versi reguler OPPO A77 4G, Snapdragon 680 menghadirkan peningkatan performa yang signifikan. OPPO A77 4G hanya menggunakan chipset Helio G35 dengan skor AnTuTu v9 sebesar 112.803 poin. Dengan demikian, performa OPPO A77s meningkat sebesar 134% dibandingkan dengan OPPO A77 4G.

Bagaimana dengan pengalaman bermain game? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Snapdragon 680 sangat mampu menjalankan game-game berat. Sebuah video di YouTube yang diunggah oleh NL Tech bahkan membuktikan bahwa OPPO A77s mampu menjalankan game Genshin Impact dengan baik.

Dalam video tersebut, frame rate yang dihasilkan tergolong layak dan dapat dimainkan, meskipun menggunakan pengaturan grafis terendah. Meskipun begitu, kualitas gambar yang ditampilkan mungkin terlihat buram. Namun, penulis berani memastikan bahwa OPPO A77s dapat dengan lancar memainkan COD Mobile dengan pengaturan grafis Medium.

Penting untuk diingat bahwa setiap pengalaman pengguna dapat bervariasi tergantung pada preferensi dan kebutuhan individual. Namun, secara keseluruhan, OPPO A77s menawarkan performa yang solid dalam menjalankan aplikasi dan game-game yang membutuhkan daya komputasi yang tinggi.

Hadirkan dengan Memori Internal dan RAM yang Luas + Ekspansi RAM

OPPO A77s menawarkan konfigurasi memori yang luas bagi smartphone dengan kisaran harga lower mid-range atau menengah ke bawah. Ponsel ini hadir dengan satu pilihan kapasitas memori internal yaitu 128 GB dengan standar UFS 2.2. Selain itu, tersedia dua pilihan RAM yaitu 6 GB dan 8 GB (LPDDR4x).

Jika Anda memilih varian dengan RAM 8 GB, fitur RAM Expansion akan meningkatkan kapasitas RAM menjadi 13 GB. Fitur ini memanfaatkan hingga 5 GB dari memori internal sebagai RAM virtual. Hal ini memberikan pengalaman bermain game dan melakukan multitasking yang lebih lancar.

Apabila kapasitas memori internal 128 GB masih terasa kurang bagi Anda, tidak perlu khawatir. Anda masih dapat menggunakan kartu microSDXC dengan kapasitas hingga 1 TB melalui slot terpisah yang tersedia. Dengan adanya slot khusus untuk memori eksternal ini, Anda dapat menggunakan kartu memori tambahan sekaligus dua kartu SIM secara bersamaan.

Kamera Ganda 50 MP yang Superior dalam Fotografi

OPPO A77s sering dianggap sebagai versi "low budget" dari OPPO Reno7 oleh sebagian orang. Hal ini disebabkan oleh adopsi fitur eksklusif dari seri Reno yang dikenal sebagai Bokeh Flare Portrait. Selain itu, tampilan bodi HP ini juga mirip dengan OPPO Reno7.

Fitur Bokeh Flare Portrait memungkinkan pengguna untuk menciptakan efek bokeh pada video dan foto dengan kualitas yang rapi dan estetis. Hal ini menjadikan OPPO A77s sebagai pilihan yang terjangkau dan cocok untuk kebutuhan dalam pembuatan konten.

OPPO A77s hadir dengan konfigurasi kamera yang relatif "sederhana" karena hanya menggunakan Dual Camera. Ini merupakan keputusan yang cukup berani dari OPPO, mengingat hampir semua smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan Triple atau Quad Camera.

Sebagai kamera utama, terdapat sensor wide-angle dengan resolusi 50 MP, bukaan f/1.8, dan sudut pandang 77 derajat. Sedangkan untuk kamera pendamping, terdapat kamera depth sensor dengan resolusi 2 MP.

Tentunya, OPPO A77s juga dilengkapi dengan kamera depan untuk keperluan selfie dan panggilan video, dengan resolusi 8 MP (f/2.0) dan sudut pandang 79 derajat.

Fitur-fitur kamera yang tersedia di OPPO A77s mencakup mode malam, panorama, mode potret, time-lapse, slow motion, Google Lens, Extra HD, dan pemindai teks. Selain itu, ponsel ini juga memiliki fitur Ultra Clear 108 MP.

Selain untuk fotografi, OPPO A77s juga dapat digunakan untuk merekam video. Kamera belakang dan depannya mendukung perekaman video dengan resolusi 720p dan 1080p pada kecepatan 30 FPS.

Meskipun hanya menggunakan Dual Camera, kemampuan fotografi OPPO A77s masih dianggap layak dan bagus dalam kelasnya. Beberapa sampel foto menunjukkan detail yang baik dan tingkat noise yang rendah pada pemotretan siang hari. Pencahayaan yang cukup baik dan efek blur latar belakang juga terasa pada foto kedua.

Namun demikian, NL Tech menyebutkan bahwa kamera HP ini sedikit kesulitan dalam mereproduksi warna. Seharusnya, warna merah pada kelopak bunga dalam foto ketiga seharusnya lebih merah. Namun secara keseluruhan, hasil fotografi tersebut masih cukup baik untuk smartphone kelas menengah ke bawah.

Baterai Awet dan Pengisian Cepat 33 W yang Sangat Kencang

OPPO A77s menawarkan daya tahan baterai yang luar biasa, menjadikannya pilihan yang andal untuk kebutuhan komunikasi, produktivitas, dan hiburan, terutama bagi pengguna yang sering menggunakan ponsel dalam waktu lama. Ponsel ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang memiliki daya tahan yang sangat baik.

NL Tech, seorang YouTuber, telah menguji daya tahan baterainya dan hasilnya melebihi ekspektasi. Dalam uji coba menggunakan PC Mark pada tingkat kecerahan 100 nit, ponsel ini mampu bertahan selama 17 jam 7 menit.

Selain kapasitas baterai yang tinggi, chipset Snapdragon 680 juga berperan dalam meningkatkan daya tahan baterai. Hal ini terjadi karena chipset ini menggunakan fabrikasi 6 nm, yang memberikan efisiensi daya yang baik.

OPPO A77s juga unggul dalam hal pengisian daya cepat, berkat teknologi 33W SuperVOOC. Dalam klaim yang disampaikan oleh OPPO, ponsel ini dapat mengisi daya dari 0 hingga 100% dalam waktu 69 menit. Yang menarik, charger dan kabel pengisian daya disertakan dalam kotak penjualan.

Menurut NL Tech, fitur fast charging pada OPPO A77s dapat mengisi baterai hingga penuh dalam waktu 63 menit, sedikit lebih cepat dari klaim yang dibuat oleh OPPO.

Selain itu, OPPO A77s juga dilengkapi dengan fitur Optimized Night Charging yang dapat mengurangi dampak buruk dari overcharge. Dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI), fitur ini akan menjadwalkan pengisian daya yang terprogram secara tersegmentasi. Sehingga, ponsel akan mencapai kondisi baterai penuh pada pagi hari keesokan harinya.

Desain Bodi Layaknya Ponsel Premium Kelas Atas

Dilihat dari segi penampilan, sulit untuk mengira bahwa OPPO A77s adalah ponsel kelas menengah. Desain bodinya membuatnya terlihat seperti ponsel dengan harga puluhan juta rupiah.

OPPO A77s memiliki dimensi bodi 163,8 x 75 x 8 mm dengan berat 187 gram atau 190 gram, tergantung dari pilihan warna yang Anda pilih.

Dalam hal desain bodi, OPPO A77s terbuat dari dua jenis material, yaitu plastik dan kulit imitasi. Varian warna Sunset Orange menggunakan desain fiberglass-leather, sementara varian Starry Black dan Sky Blue menggunakan teknologi desain OPPO Glow yang menghasilkan perubahan warna ketika dilihat dari sudut pandang tertentu.

Bodi OPPO A77s tidak lagi memiliki desain melengkung seperti pendahulunya, melainkan memiliki desain yang datar untuk memudahkan pengguna dalam menggenggamnya. Menurut NL Tech, bodi ponsel ini memiliki sentuhan matte yang nyaman saat disentuh dan tahan terhadap noda sidik jari.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari di samping bodi, sehingga bagian belakangnya terlihat bersih dan elegan. Modul kamera persegi panjangnya dirancang dengan tampilan yang simpel. Modul tersebut menampung dua lensa kamera besar dengan lampu LED Flash di sampingnya.

Jika Anda memilih varian Sunset Orange, Anda akan melihat bahwa desainnya sangat mirip dengan OPPO Reno7. Perbedaannya adalah, warna modul kamera tampak terbalik. Warna emas pada modul kamera terletak di luar, bukan di dalam seperti OPPO Reno7.

Hal ini menunjukkan bahwa OPPO A77s memiliki desain bodi yang sangat elegan, melebihi kelas harga ponsel tersebut.

Dilengkapi dengan Speaker Stereo

Tahukah Anda? Meskipun OPPO A77s terlihat seperti versi murah dari OPPO Reno7, sebenarnya ada satu hal di mana ponsel ini lebih unggul. OPPO A77s hadir dengan speaker stereo, sementara OPPO Reno7 hanya memiliki satu speaker.

Dengan adanya speaker stereo, suara dapat keluar dari dua speaker yang berbeda, yaitu dari bagian atas dan bawah, atau dari sisi kiri dan kanan saat ponsel digunakan dalam mode lanskap.

Volume suara yang dihasilkan juga terdengar sangat kuat berkat fitur Ultra Volume Mode. Dalam mode ini, Anda dapat meningkatkan volume hingga 200% dari volume normal. Karena desainnya yang linear, kedua speaker mampu menghasilkan suara yang seimbang tanpa ada yang terkesan lebih berat.

Speaker ganda ini juga dilengkapi dengan fitur Dirac 3.0, yang membantu meredam suara cempreng dan mengoptimalkan suara stereo untuk memberikan pengalaman menonton film terbaik.

Layar dengan Kinerja yang Memuaskan, Dilengkapi dengan Refresh Rate 90 Hz

OPPO A77s menawarkan pengalaman visual yang memuaskan dalam hal layar. Ponsel ini dilengkapi dengan panel layar IPS LCD berukuran 6,56 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1612 piksel).

Meskipun tidak termasuk dalam kategori layar yang besar, ukuran layar ini masih sesuai dengan kelasnya. Menariknya, layar ini memiliki rasio aspek 20:9 dan mendukung tingkat kecerahan tipikal 480 nit, dengan kecerahan maksimal mencapai 600 nit.

OPPO A77s juga mendukung refresh rate tinggi 90 Hz, yang membuat pergerakan layar terlihat 50% lebih mulus dibandingkan dengan refresh rate konvensional 60 Hz. Keunggulan lain dari layar OPPO A77s terletak pada reproduksi warnanya.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh NL Tech, layar ponsel ini mampu mencapai gamut warna sRGB 99,53% dan DCI-P3 96,17%. Angka ini hampir sesuai dengan klaim perusahaan yang menyatakan bahwa OPPO A77s mendukung 100% DCI-P3 dan 96% NTSC.

Dalam penggunaan sehari-hari, layar OPPO A77s akan menghasilkan warna yang lebih hidup saat menonton konten atau melakukan binge-watching di Netflix. Selain itu, berkat akurasi warnanya yang baik, layar ini juga sangat nyaman digunakan untuk kegiatan pengeditan grafis atau video.

Dilengkapi dengan Sertifikasi IP54

Salah satu kelebihan yang dapat diandalkan dari setiap produk OPPO adalah kualitas konstruksinya. Ponsel ini telah melalui serangkaian pengujian yang ketat, seperti pengujian 20 ribu kali cabut-colok port USB Type-C, 150 ribu kali penekanan tombol volume, 500 ribu kali penekanan tombol daya, serta pengujian ketahanan terhadap jatuh dari ketinggian 1 meter.

Selain itu, OPPO A77s juga cocok digunakan oleh para pengemudi ojek daring yang sering berada di luar ruangan. Hal ini karena ponsel ini dilengkapi dengan sertifikasi IP54 yang dapat melindungi ponsel dari kerusakan akibat paparan air, bahkan dari berbagai arah.

Kekurangan Oppo A77s

Tak bisa disangkal, seri OPPO A memang memiliki beberapa kekurangan yang membuatnya kurang kompetitif dibandingkan dengan seri menengah lainnya. Berikut ini adalah beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli OPPO A77s.

Resolusi Layar Hanya HD+

Meskipun layar OPPO A77s mampu menampilkan warna yang akurat dan menarik, sayangnya layar ponsel ini hanya memiliki resolusi 720p alias HD+, sedangkan sebagian pesaingnya sudah menggunakan resolusi Full HD+.

Meski demikian, menurut YouTuber NL Tech, layar ponsel ini masih terlihat seperti layar dengan resolusi Full HD+. Artinya, pengguna kemungkinan masih dapat menikmati tampilan layar yang cukup tajam. Hanya jika diperhatikan dengan seksama, mungkin akan terlihat beberapa kekurangan dalam tampilan grafis.

Dalam harga segmen 3 jutaan, memang tidak umum lagi untuk menemukan ponsel dengan layar HD+. Kebanyakan ponsel dengan harga 2 jutaan, yang berada di segmen yang lebih rendah, sudah menggunakan layar Full HD+.

Tidak Dilengkapi Kamera Ultrawide

Salah satu hal yang menjadi kekurangan adalah konfigurasi kamera. OPPO A77s hanya dilengkapi dengan Dual Camera di kelas harga 3 jutaan. Meskipun kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP, tetapi masih kurang memadai tanpa adanya kamera ultrawide di ponsel segmen menengah ini.

Tanpa kamera ultrawide, pengguna tidak dapat mengambil gambar dengan subjek yang lebih luas dalam satu frame. Hal ini menjadi kendala ketika harus memotret banyak orang dalam satu foto, misalnya saat menghadiri undangan pernikahan atau saat berwisata.

Selain itu, kamera depan dan belakang ponsel ini juga tidak mendukung perekaman video dengan resolusi 60 FPS. Meskipun perekaman video dengan resolusi 30 FPS masih baik, namun jika video tersebut diunggah ke Instagram atau WhatsApp, kualitasnya akan menurun dan terlihat patah-patah.

Inilah sebabnya mengapa perekaman video dengan resolusi 60 FPS menjadi penting, karena video tersebut akan tetap terlihat baik setelah melalui proses kompresi yang dilakukan oleh algoritma Instagram dan WhatsApp.

Konektivitas Superior Namun Tidak Dilengkapi NFC

OPPO A77s menawarkan konektivitas yang lengkap. Ponsel ini dilengkapi dengan fitur WiFi Dual Band yang dapat terhubung dengan frekuensi 5 GHz, Bluetooth 5.0 dengan dukungan kodek A2DP dan aptX HD, serta port pengisian daya USB Type-C 2.0 yang mendukung on-the-go.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan berbagai sensor, seperti sensor geomagnetik, proximity, opical, accelerometer, gravity sensor, dan pedometer. Untuk sensor GPS, OPPO A77s mendukung A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, dan QZSS. Ponsel ini juga praktis dalam membuka layar dengan fitur face unlock dan sensor pemindai sidik jari yang responsif.

Namun, sayangnya OPPO A77s tidak dilengkapi dengan fitur NFC. Hal ini cukup disayangkan mengingat pada kelas harga ponsel ini, seharusnya sudah memiliki fitur NFC. Meskipun informasi spesifikasi di GSM Arena menunjukkan bahwa ponsel ini memiliki fitur NFC di beberapa wilayah, namun versi yang resmi di Indonesia tidak dilengkapi dengan NFC.

Kesimpulan

Dengan harga Rp3,4 juta, mungkin ada opsi smartphone lain yang lebih menguntungkan. Terutama jika Anda membutuhkan kamera ultrawide.

Namun demikian, bukan berarti OPPO A77s adalah pilihan yang buruk secara keseluruhan. Anda masih dapat merasakan desain premium yang jarang dimiliki oleh ponsel sekelasnya. Desain selalu menjadi salah satu keunggulan OPPO, dan hal itu terlihat lagi pada OPPO A77s.

Meskipun layarnya hanya HD+, namun Anda masih dapat menikmati warna yang kaya dan lengkap. Jarang sekali ditemukan layar HP dengan harga 3 jutaan yang mendukung gamut warna DCI-P3 100%. Jadi, bagaimana pendapat Anda, Sobat Ponselhub? Apakah Anda tertarik untuk membelinya?

Oppo A77s
Rilis : Oktober 2022
8/128 GB - Rp 3.500.000
[Update]
Beli di Shopee