Review Kelebihan dan Kekurangan Pova 4

Dalam rangka mempertahankan kedudukannya di pasar smartphone serta melanjutkan reputasinya, Tecno Indonesia meluncurkan seri terbaru pada tahun 2022. Seri yang baru diperkenalkan ini adalah Tecno POVA 4, yang terdiri dari dua varian, yaitu Tecno POVA 4 dan Tecno POVA 4 Pro.

HP Tecno
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Pova 4
  • Rilis Juni 2022
  • Layar 6.8 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset Mediatek Helio G99 (6nm)
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), Unspecified
  • Kamera Depan 8 MP
  • Baterai Li-Po 6000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 2.500.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Pova 4 dan Harganya
Sebagai penerus seri Tecno POVA 3, Tecno POVA 4 tentunya menghadirkan sejumlah pembaharuan di berbagai sektor. Misalnya, Tecno POVA 4 sebagai model standar dalam seri ini mengusung chipset yang sama dengan model "Pro" dan lebih cepat daripada chipset generasi sebelumnya.

Sebagai bagian dari merek Infinix yang berada di bawah Transsion Holdings, Tecno berkomitmen untuk menawarkan konsep smartphone gaming terjangkau dengan salah satu produk terbarunya, Tecno POVA 4.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ponsel ini mengalami peningkatan pada segi chipset untuk meningkatkan kenyamanan dan kelancaran dalam bermain game.

Tak hanya performa yang meningkat, Tecno POVA 4 juga menampilkan desain yang lebih segar dengan tema kapal perang dan energi yang lebih kuat. Hal ini membuat perangkat ini tidak hanya unggul dalam hal performa, tetapi juga memberikan kenyamanan dalam penggunaannya.

Jika Anda tertarik dengan smartphone gaming terjangkau ini, berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Tecno POVA 4.

Kelebihan Tecno POVA 4

Kami telah menemukan beberapa keunggulan pada Tecno POVA 4, yang menjadi nilai tambah utama dari smartphone gaming terjangkau ini. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan lihat daftar berikut ini:

Desain Energetik dan Ramping

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Tecno POVA 4 adalah desainnya yang unik. Berbeda dari seri sebelumnya, Tecno POVA 4 menghadirkan tema Energy Warship. Di bagian belakang, bodi ponsel ini menampilkan desain Energy Light ID yang terlihat seperti energi mengalir. Desain ini memberikan kesan kuat dan energik dengan tekstur premium.

Tampilan belakang Tecno POVA 4 cukup berbeda dibandingkan dengan smartphone Android lainnya. Ponsel ini dilengkapi dengan dua lensa kamera yang ditempatkan dalam modul berbentuk unik, bukan kotak seperti biasa. Ponsel ini tersedia dalam tiga varian warna, yaitu Lava Orange, Cryolite Blue, dan Uranolith Gray.

Tecno POVA 4 memiliki dimensi yang lebih ringkas dibandingkan pendahulunya, dengan ukuran 170,6 x 77,5 x 8,7 mm.

Performa Hebat untuk Bermain Game

Sebagai smartphone gaming, Tecno POVA 4 ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G99, yang memiliki performa lebih tinggi daripada chipset pada Tecno POVA 3. Chipset ini menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan untuk pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan.

Chipset 6 nm ini ditenagai oleh delapan core CPU, terdiri dari dua core berbasis Cortex A76 dengan frekuensi 2,2 GHz dan enam core berbasis Cortex A55 dengan frekuensi 2,0 GHz.

Selain CPU, chipset ini juga didukung oleh GPU Mali G52 MC2. Untuk meningkatkan kinerja, chipset ini dikombinasikan dengan penyimpanan yang luas serta dukungan fitur tambahan lainnya.

Salah satu fitur menarik adalah sistem pendingin yang mampu menurunkan suhu dengan menggunakan tabung grafit multi-lapis untuk melindungi baterai, motherboard, dan face shell. Dengan fitur ini, Anda dapat bermain game dengan nyaman dan stabil.

Berdasarkan pengujian benchmark sintetis, Tecno POVA 4 mencapai skor 371.268 pada AnTuTu 9, dengan skor CPU lebih tinggi daripada skor GPU. Skor ini cukup tinggi untuk smartphone gaming di kelasnya, dan ponsel ini mampu menjalankan game populer seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Genshin Impact.

Kapasitas Penyimpanan Luas

Untuk mendukung performa yang optimal, Tecno POVA 4 menawarkan kapasitas penyimpanan yang luas. Anda dapat memanfaatkan kapasitas ini untuk menyimpan beragam file dalam jumlah banyak.

Tecno POVA 4 dilengkapi dengan RAM 8 GB yang dapat diekspansi hingga 5 GB dan memori internal 128 GB. Jika Anda memerlukan kapasitas tambahan, Anda bisa menggunakan kartu microSD pada slot khusus yang tersedia.

Fitur Gyroscope Tingkat Tinggi

Sebagai smartphone gaming, fitur Gyroscope sangat penting untuk meningkatkan pengalaman bermain game. Tecno POVA 4 dilengkapi dengan Hard Gyroscope yang memiliki sensor lebih sensitif dan responsif.

Hard Gyroscope sangat berguna untuk bermain game FPS seperti PUBG, balap, dan lainnya. Fitur ini memungkinkan Anda mengontrol arah dan bidikan dengan lebih mudah dan akurat.

Speaker Ganda yang Jernih

Untuk menunjang kualitas visual dan kenyamanan bermain game, Tecno POVA 4 menyediakan speaker stereo atau speaker ganda.

Speaker ganda ini memiliki kemampuan mengurangi kebisingan AI, sehingga pengalaman bermain game menjadi lebih menarik dan mendalam. Speaker utama terletak di bagian bawah, sementara speaker sekunder berada di bagian atas, menyatu dengan earpiece.

Baterai Berkapasitas Besar

Tecno POVA 4 dilengkapi baterai berkapasitas besar, mencapai 6000 mAh, lebih besar daripada smartphone lain di kelas yang sama yang umumnya menggunakan baterai 5000 mAh.

Dengan kapasitas ini, Tecno POVA 4 dapat bertahan hingga sepuluh jam bermain game. Smartphone ini diklaim mampu digunakan untuk menelepon lebih dari 12 jam, bermain game hampir 3 jam, dan menonton YouTube selama 4 jam dengan hanya sisa baterai 20%.

Hal ini menunjukkan bahwa sistem manajemen daya smartphone ini sangat efisien. Selain itu, Tecno POVA 4 juga mendukung pengisian cepat 18W yang mampu mengisi daya hingga 20% dalam waktu sekitar 20 menit.

Teknologi Keamanan Baterai STS

Salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh baterai Tecno POVA 4 adalah teknologi keamanan STS. Berkat teknologi ini, Tecno POVA 4 mampu menyediakan daya yang lebih banyak dan keamanan tingkat tinggi secara bersamaan.

Selain itu, lapisan teknologi STS juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan keamanan guna mencegah kejadian yang tidak diinginkan, seperti korsleting internal. Kejadian tersebut biasanya disebabkan oleh kontak langsung antara foil aluminium dengan anoda.

Kekurangan Tecno POVA 4

Selain kelebihan yang telah disebutkan sebelumnya, Tecno POVA 4 juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah daftar lengkap kekurangan dari HP ini:

Layar Hanya Mendukung HD

Satu kekurangan yang cukup signifikan dari Tecno POVA 4 adalah kualitas layarnya yang kurang memuaskan. Selain belum menggunakan panel AMOLED, layar dengan panel IPS LCD ini hanya menampilkan resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel dengan kerapatan 257 ppi.

Sebagai HP gaming, aspek layar menjadi penting untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya saat bermain game. Walaupun resolusinya terbatas, layar berukuran 6,82 inci ini memiliki refresh rate 90 Hz yang cukup untuk HP gaming di kelasnya.

Refresh rate tersebut cukup untuk meningkatkan kenyamanan bermain game, memberikan respons layar yang cepat dan lancar.

Spesifikasi Kamera Biasa Saja

Tecno POVA 4 yang dibanderol dengan harga sekitar 2 jutaan, memiliki kualitas kamera yang biasa saja bila dibandingkan dengan HP lain di kelas harga yang sama. Walaupun dilengkapi dengan dua kamera belakang dan kamera utama beresolusi 50 MP, hasil foto yang dihasilkan tidak seindah yang diharapkan.

Kamera utama HP ini memiliki fokus yang cukup baik, tetapi gambar yang dihasilkan tidak selalu konsisten, dengan kontras warna yang tidak sesuai dan noise yang sering muncul.

Untuk perekaman video, kamera belakang HP ini mampu mencapai resolusi 2K atau 1440p dengan 30 fps, sedangkan kamera depan beresolusi 8 MP dan mampu merekam dengan resolusi 1080p dengan 30 fps.

Fast Charging Kurang Optimal

Meskipun Tecno POVA 4 memiliki kapasitas baterai 6000 mAh yang menawarkan ketahanan yang baik, sayangnya HP ini dilengkapi dengan fitur fast charging yang kurang optimal. Kecepatan fast charging yang disediakan hanya 18 W.

Kapasitas baterai yang besar ini tampak tidak sebanding dengan kecepatan fast charging 18 W, yang mengakibatkan waktu pengisian daya menjadi cukup lama. Hal ini bisa mengganggu bagi beberapa orang yang tidak ingin meninggalkan HP mereka dalam waktu yang lama.

Kesimpulan

Setelah melihat daftar kelebihan dan kekurangan Tecno POVA 4, secara keseluruhan HP ini mampu bersaing di kelasnya, terutama sebagai HP gaming. Ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G99, HP ini cocok untuk penggunaan dalam bermain game.

Dengan desain bodi yang unik, HP ini juga menawarkan fitur pendukung lainnya untuk pengalaman bermain game yang lebih baik, seperti Hard Gyroscope, speaker ganda, dan sistem peredam panas stereo untuk menjaga suhu HP tetap stabil.

Namun, ada beberapa kekurangan, seperti layar yang hanya mendukung resolusi HD+ dan sistem operasi HIOS yang kurang familier. Selain itu, kapasitas baterai yang besar tidak diimbangi dengan fitur fast charging yang optimal.

Dibanderol dengan harga sekitar 2 jutaan, Tecno POVA 4 cocok bagi Anda yang mencari HP gaming murah dengan desain unik dan tidak terlalu mempermasalahkan kekurangannya. Jadi, bagaimana menurut Anda, apakah Tecno POVA 4 ini layak untuk dimiliki?

Pova 4
Rilis : Juni 2022
8/128 GB - Rp 2.500.000
[Update]
Beli di Shopee