Kelebihan dan Kekurangan Realme X3 SuperZoom

Apakah Anda seorang penggemar fotografi? Jika iya, Realme telah meluncurkan produk ponsel dengan kamera yang bagus pada tanggal 16 Juni 2020 dengan nama Realme X3 SuperZoom. Seperti yang dapat Anda duga dari namanya, ponsel ini cocok bagi Anda yang suka mengambil foto dari jarak yang jauh. Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 kelebihan dan kekurangan Realme X3 SuperZoom bagi Anda yang penasaran.

HP Realme
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme X3 SuperZoom
  • Rilis Juni 2020
  • Layar 6.6 inci IPS LCD 120Hz ~399 ppi
  • Chipset Qualcomm SM8150 Snapdragon 855+ (7 nm)
  • GPU Adreno 640 (700 MHz)
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 12/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (periscope telephoto), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 32 MP (wide), 8 MP (ultrawide)
  • Baterai Li-Po 4200 mAh, Fast charging 30W
  • Harga Rp 5.500.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Realme X3 SuperZoom dan Harganya
Merek Realme cukup dikenal karena produk-produknya yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Namun, kali ini Realme X3 SuperZoom memiliki harga yang lebih tinggi, ditujukan untuk pasar menengah ke atas. Bagaimana spesifikasi dan fitur dari penerus Realme X2 ini? Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Realme X3 SuperZoom yang kami sajikan untuk Anda.

Kelebihan Realme X3 SuperZoom

Setelah melihat spesifikasi di atas, Anda mungkin sudah tertarik. Namun, tunggu dulu. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai kelebihan Realme X3 SuperZoom di bawah ini.

Layar dengan Refresh Rate 120 Hz

Bagi Anda yang sering menonton YouTube atau film di ponsel, refresh rate yang lebih tinggi akan meningkatkan pengalaman Anda. Refresh rate adalah ukuran seberapa sering layar diperbarui dalam satu detik. Umumnya, ponsel hanya memiliki refresh rate hingga 60 Hz.

Anda mungkin tidak menyangka bahwa Realme X3 SuperZoom memiliki refresh rate sebesar 120 Hz. Hal ini membuat transisi layar terlihat lebih mulus dan nyaman dilihat. Angka 120 Hz ini cukup besar dan cukup unik untuk ponsel dengan kisaran harga yang sama. Biasanya, fitur ini hanya tersedia pada ponsel flagship seperti Samsung Galaxy S20.

Dilengkapi dengan Lensa Periskop

Inilah daya tarik utama Realme X3 SuperZoom. Sesuai dengan namanya, ponsel ini dilengkapi dengan lensa periskop yang memungkinkan Anda melakukan zoom pada objek dari jarak yang sangat jauh.

Realme X3 SuperZoom dilengkapi dengan empat kamera, dengan resolusi utama 64 MP (wide), diikuti oleh lensa periskop dengan resolusi 8 MP, lensa 8 MP sebagai sensor ultra-wide, dan lensa makro 2 MP.

Lensa periskop ini memungkinkan ponsel ini melakukan zoom optik hingga 5x, dan zoom SuperZoom hingga 60x. Realme X3 SuperZoom bisa menjadi alternatif yang lebih terjangkau daripada Huawei P40 Pro yang juga dikenal karena kemampuan lensa periskopnya. Berikut adalah beberapa contoh foto yang diambil dengan ponsel ini yang kami kumpulkan dari beberapa sumber.

Dual Kamera Selfie

Selain kamera belakangnya yang hebat, Realme X3 SuperZoom juga memperhatikan kebutuhan Anda akan selfie yang mengesankan. Jarang sekali produsen menerapkan kamera ganda pada kamera depan, dan itulah yang membuat ponsel ini unik dengan hadirnya lensa Sony IMX616 dengan resolusi 32 MP (wide) dan lensa 8 MP (ultra-wide).

Dengan adanya fitur ini, Anda dapat mengambil foto selfie dengan bidang pandang yang lebih luas, dengan sudut pandang 109 derajat. Bagi Anda yang sering bersama teman atau keluarga di kafe, mengambil foto selfie bersama juga dapat dilakukan dengan mudah menggunakan mode panorama.

Daya Tahan Baterai dan Fitur Pengisian Cepat Unggul

Tentu saja, produsen ponsel juga berlomba-lomba untuk menyediakan baterai dengan fitur canggih, termasuk dalam hal pengisian daya. Realme X3 SuperZoom memiliki baterai dengan kapasitas 4200 mAh yang dapat diisi ulang menggunakan fitur pengisian cepat 30 W.

Seberapa cepat fitur pengisian cepat ini? Dalam waktu sekitar 58 menit, Anda dapat mengisi daya baterai dari nol hingga penuh. Sementara itu, daya tahan baterainya sendiri, Realme X3 SuperZoom memiliki endurance rating sebesar 104 jam.

Anda dapat menggunakan Realme X3 SuperZoom selama 14 jam untuk menjelajahi internet, 16 jam untuk pemutaran video, dan 33 jam untuk menelepon. Ini adalah durasi yang sangat baik, mengingat beberapa ponsel flagship seperti Samsung Galaxy S20 Ultra hanya memiliki endurance rating sebesar 87 jam.

RAM dan Memori Internal Besar

Karena hampir segala hal dapat dilakukan secara digital, kebutuhan akan aplikasi pun semakin meningkat. Kini sudah ada aplikasi untuk segala kebutuhan, seperti menonton, rapat, mengedit video, memesan makanan, dan sebagainya. Oleh karena itu, Realme X3 SuperZoom ingin mendukung kebutuhan pengguna dengan lancar, yang tercermin dalam kapasitas RAM dan memori internal yang besar.

Tersedia dua pilihan varian RAM dan memori internal, yaitu 8 GB dan 128 GB, serta 12 GB dan 256 GB. Meskipun hanya dua varian, keduanya sudah lebih dari cukup bagi Anda yang ingin menginstal banyak aplikasi.

RAM yang besar juga mendukung aktivitas multitasking. Selain itu, memori internalnya menggunakan teknologi UFS 3.0 yang memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih tinggi dibandingkan dengan sebagian besar ponsel lainnya. Mulai dari menginstal aplikasi hingga menyalin data, semuanya dapat dilakukan dengan sangat cepat.

Kekurangan Realme X3 SuperZoom

Meskipun Realme X3 SuperZoom dilengkapi dengan sejumlah fitur mengagumkan, tidak ada salahnya mengetahui juga kekurangannya. Berikut adalah kekurangan Realme X3 SuperZoom yang perlu Anda pertimbangkan.

Kinerja Chipset yang Kurang Bersaing

Dalam hal performa, Realme X3 SuperZoom dapat menunjukkan kehebatannya berkat chipset Snapdragon 855+. Meskipun Snapdragon 855+ adalah seri terbaru dari Snapdragon, beberapa ponsel sekelasnya, seperti Xiaomi Poco F2 dan Realme X50 Pro, sudah menggunakan Snapdragon 865. Berdasarkan perbandingan skor benchmark AnTuTu, Realme X3 SuperZoom memiliki sedikit keunggulan dibandingkan dengan Realme X2 Pro, penerus generasinya. Namun, perbedaannya tidak signifikan, sehingga menandakan bahwa Realme tidak memberikan peningkatan performa yang berarti untuk Realme X3 SuperZoom. Meskipun demikian, chipset ini masih mampu menjalankan game berat seperti PUBG M dengan pengaturan grafis HDR dan frame rate Extreme tanpa lag atau stutter yang mengganggu. Namun, perbedaan antara Snapdragon 855+ dan 865 tetap terlihat.

Layar dengan Panel IPS LCD

Layar adalah elemen yang paling sering dilihat saat menggunakan ponsel. Meskipun Realme X3 SuperZoom diluncurkan pada tahun 2020, di mana layar Super AMOLED sudah umum, ponsel ini masih menggunakan panel IPS LCD. Hal ini cukup aneh mengingat harga ponsel ini yang cukup tinggi, sementara IPS LCD umumnya ditemukan pada ponsel dengan harga yang lebih rendah. Layarnya berukuran 6,6 inci, cukup besar untuk standar saat ini, dengan rasio aspek 20:9 dan resolusi 1080 x 2400 piksel. Namun, tingkat kecerahan maksimalnya hanya 437 nits, lebih rendah daripada Realme X2 Pro yang memiliki tingkat kecerahan 500 nits. Selain itu, layar ini tidak memiliki tingkat kecerahan maksimal yang lebih tinggi dalam mode Auto. Penurunan kualitas layar dari generasi sebelumnya adalah sebuah kekurangan.

Tidak Tersedia Slot Memori Eksternal

Realme X3 SuperZoom tidak memiliki slot memori eksternal, yang berarti Anda hanya dapat mengandalkan memori internal untuk penyimpanan. Hal ini berarti kapasitas memori internal yang seharusnya dapat digunakan untuk aplikasi malah terpakai oleh foto, video, dan musik. Meskipun memori internalnya memiliki kapasitas yang besar, beberapa ponsel kompetitor dengan memori 128 GB, seperti vivo S1, telah menyediakan dukungan untuk kartu microSD.

Tidak ada Jack Audio 3,5mm

Kekurangan yang cukup signifikan bagi pecinta musik adalah ketiadaan jack audio 3,5mm. Kebanyakan orang masih menggunakan headset dengan konektor 3,5mm, dan untuk menghubungkannya ke Realme X3 SuperZoom, Anda memerlukan adaptor tambahan yang menggunakan port USB tipe-C. Dengan demikian, Anda tidak dapat mendengarkan musik sambil mengisi daya ponsel. Solusinya adalah menggunakan headset Bluetooth yang harus diisi dayanya sekitar setiap 6 jam. Hal ini merupakan kekurangan yang disayangkan.

Tanpa Sertifikasi IP

Sertifikasi IP menandakan ketahanan ponsel terhadap debu dan air. Pengguna ponsel mungkin tidak pernah tahu kapan ponselnya akan terkena air. Dalam hal ini, Realme X3 SuperZoom seharusnya memiliki nilai lebih dengan adanya sertifikasi IP, mengingat harganya yang cukup tinggi dibandingkan dengan beberapa kompetitornya, seperti Huawei P30 Pro yang sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP68.

Kesimpulan

Sebagai ponsel dengan harga sekitar Rp8 juta, Realme X3 SuperZoom memiliki fitur dan spesifikasi yang menarik. Ponsel ini cocok bagi Anda yang mencari kamera teleskop dengan kemampuan zoom yang fantastis. Tagline "Super Zoom, Super Speed" menunjukkan bahwa ponsel ini juga memiliki performa chipset yang baik. Meskipun demikian, Snapdragon 855+ masih kalah dengan Snapdragon 865 yang digunakan oleh Poco F2. Pada akhirnya, keputusan ada di tangan Anda untuk menentukan apakah Realme X3 SuperZoom memiliki apa yang Anda cari atau tidak.

Realme X3 SuperZoom
Rilis : Juni 2020
12/256 GB - Rp 5.500.000
[Update]
Beli di Shopee