Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A21s

Pada bulan Juni 2020, Samsung meluncurkan Samsung Galaxy A21s, salah satu ponsel pintar dari seri Galaxy A. Galaxy A21s ini adalah salah satu dari beberapa ponsel Galaxy A lainnya yang dirilis hampir bersamaan, seperti Samsung Galaxy A11 dan Samsung Galaxy A21.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A21s
  • Rilis Juni 2020
  • Layar 6.5 inci PLS TFT ~270 ppi
  • Chipset Exynos 850 (8nm)
  • GPU Mali-G52
  • Internal 3/32GB, 4/64GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 13 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 15W
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A21s dan Harganya
Samsung Galaxy A21s hadir dengan peningkatan pada baterai dan kamera dibandingkan Galaxy A21. Apa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A21s?

Seria Galaxy A dikenal dengan harga yang terjangkau namun menawarkan fitur menarik. Harga resmi Samsung Galaxy A21s dimulai dari Rp2.799.000,- untuk varian 32/3 GB. Harganya cukup murah, bukan? Lalu, apakah Samsung Galaxy A21s layak dengan harga yang ditawarkan? Berikut adalah daftar kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Samsung Galaxy A21s

Samsung terkenal dengan produk-produk berkualitasnya, termasuk Samsung Galaxy A21s. Berikut adalah beberapa kelebihan ponsel ini:

Baterai Besar Tahan Lama

Samsung Galaxy A21s cocok untuk pengguna yang aktif di luar rumah. Anda tidak perlu khawatir mencari stopkontak karena ponsel ini dilengkapi dengan baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh dan mendukung pengisian daya cepat 15 W.

Dalam pengujian baterai video, baterai ini terbukti tahan lama. Setelah pemutaran video selama 1 jam, baterai hanya berkurang 5%. Ketika digunakan untuk browsing Instagram selama 1 jam, baterai masih tersisa 88%. Kemudian, ponsel ini digunakan untuk bermain PUBG Mobile selama 3 jam dan masih memiliki 52% daya. Hal ini menunjukkan bahwa baterai Samsung Galaxy A21s tahan lama, didukung oleh chipset Exynos 850 yang efisien dalam penggunaan daya.

Kualitas Kamera yang Baik

Samsung Galaxy A21s dilengkapi dengan empat kamera yang menghasilkan gambar yang tajam dan berkualitas. Ponsel ini memiliki kamera utama 48 MP dengan bukaan f/2.0 dan fitur autofokus deteksi fase.

Kamera utama ini didukung oleh kamera ultra wide-angle 8 MP dengan sudut pandang 123 derajat. Selain itu, terdapat dua kamera 2 MP lainnya untuk kamera makro dan kamera kedalaman.

Keempat kamera ini tersusun dalam modul persegi dengan konfigurasi 2 x 3, serta dilengkapi dengan lampu kilat. Samsung Galaxy A21s mampu merekam video dengan resolusi 1080p pada kecepatan 30 FPS. Berikut adalah beberapa contoh foto yang diambil dengan Samsung Galaxy A21s.

Beberapa hasil foto di atas terlihat bagus, terutama jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A21. Galaxy A21s mampu menghasilkan foto dengan kontras warna dan rentang dinamis yang baik. Namun, pada kondisi pencahayaan malam, kualitas foto Galaxy A21s mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Dilengkapi dengan Triple Slot

Samsung Galaxy A21s memiliki slot triple yang memungkinkan Anda menggunakan dua kartu SIM dan kartu memori eksternal secara bersamaan.

Keberadaan slot microSD ini sangat berguna karena memudahkan penyimpanan file besar tanpa membebani memori internal. Kapasitas maksimum yang didukung adalah 512 GB. Kapasitas yang besar, bukan?

Layar Luas dengan PLS TFT

Samsung Galaxy A21s mengikuti tren ponsel dengan layar besar. Layar ponsel ini memiliki ukuran 6,5 inci HD+ dengan panel PLS TFT. Resolusi Galaxy A21s adalah 720 x 1600 piksel dengan rasio 20:9. Ponsel ini memiliki desain Infinity-O Display yang memberikan rasio bodi ke layar yang baik.

PLS TFT adalah jenis panel layar yang sebenarnya di bawah IPS LCD dan biasanya digunakan pada ponsel dengan harga terjangkau. Namun, Samsung telah mengadopsi teknologi panel PLS TFT dan mengembangkannya. PLS merupakan kepanjangan dari Plane Line Switching, dan panel PLS TFT ini dikembangkan oleh Samsung untuk bersaing dengan panel IPS LCD.

Samsung mengklaim bahwa panel PLS TFT ini lebih baik daripada IPS LCD dalam hal sudut pandang dan tingkat kecerahan yang 10% lebih tinggi. Selain itu, panel PLS TFT yang pertama kali diterapkan pada Galaxy M20 ini juga lebih hemat daya dibandingkan IPS LCD.

Dilengkapi dengan Face Unlock dan Fingerprint Scanner

Samsung Galaxy A21s menyediakan berbagai metode pembukaan kunci layar yang lengkap untuk menjaga keamanan ponsel Anda.

Selain fitur PIN, kata sandi, dan pola, Galaxy A21s juga dilengkapi dengan fitur Face Unlock yang memungkinkan Anda membuka kunci dengan cepat. Selain itu, sensor sidik jari juga terletak di bagian belakang bodi.

Kedua fitur ini cepat dan akurat dalam mendeteksi wajah dan sidik jari, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan data pribadi Anda.

Kekurangan Samsung Galaxy A21s

Samsung Galaxy A21s menawarkan fitur menarik, terutama daya tahan baterai yang baik. Namun, sebelum membeli, ada beberapa kekurangan Samsung Galaxy A21s yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa kekurangan Samsung Galaxy A21s:

Performa Chipset yang Tidak Optimal

Samsung Galaxy A21s menggunakan chipset Exynos 850 yang dirilis pada Mei 2020. Chipset ini memiliki delapan inti dengan kecepatan clock 2.0 GHz dan menggunakan grafis Mali G52.

Meskipun chipset ini mampu menjalankan game terbaru dengan baik dalam kisaran harga 2 jutaan, namun performanya kalah jika dibandingkan dengan HP lain yang menggunakan chipset yang lebih kuat, seperti Snapdragon 712 yang digunakan pada Realme 5 Pro dengan harga yang sama. Snapdragon 712 mendapatkan skor benchmark AnTuTu 8 sebesar 218.436, sedangkan Exynos 850 hanya diharapkan mendapatkan skor antara 140.000 hingga 170.000 poin.

Dengan harga Samsung Galaxy A21s, seharusnya Anda dapat memperoleh performa gaming yang lebih baik.

Tidak Mendukung NFC

Samsung Galaxy A21s tidak dilengkapi fitur NFC. Tanpa fitur NFC, Anda tidak dapat mentransfer data antar ponsel dengan mudah dan harus menggunakan fitur Bluetooth dengan proses pairing terlebih dahulu.

Pada saat ini, banyak ponsel dengan harga yang terjangkau sudah dilengkapi dengan fitur NFC. Banyak ponsel Samsung sebelumnya dengan harga di bawah 3 jutaan juga memiliki fitur NFC, seperti Samsung Galaxy A7, Samsung Galaxy J6+, dan Samsung Galaxy J7. Oleh karena itu, kekurangan Samsung Galaxy A21s ini cukup disayangkan mengingat harga yang ditawarkan.

Kapasitas Memori Internal yang Terbatas

Dalam era digital saat ini, aplikasi ponsel digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memesan makanan, belajar, rapat, hingga mengedit foto dan video. Karena itu, banyak ponsel terbaru dari tahun 2019 hingga 2020 telah meningkatkan kapasitas memori internal mereka.

Bahkan ponsel dengan harga 2 jutaan sudah banyak yang memiliki memori internal hingga 128 GB, seperti Infinix Hot 9 dan OPPO A5 2020. Sayangnya, Samsung Galaxy A21s memiliki kapasitas memori internal yang relatif kecil. Untuk harga Rp2.799.000,-, Galaxy A21s hanya menawarkan kombinasi memori internal 32 GB dan RAM 3 GB.

Untuk varian dengan memori internal 64 GB dan RAM 6 GB, harganya adalah Rp3,2 juta. Kapasitas memori internal yang terbatas ini tidak sebanding dengan harga yang ditawarkan. Akibatnya, Anda mungkin tidak dapat menginstal banyak aplikasi dengan leluasa.

Tanpa Pelindung Layar Corning Gorilla Glass

Meskipun layar Samsung Galaxy A21s cukup besar, Anda harus berhati-hati agar tidak tergores atau jatuh. Sayangnya, layar ponsel ini tidak dilindungi dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass.

Dalam perbandingan dengan pesaingnya dalam kisaran harga yang sama, Samsung Galaxy A21s kalah dari Redmi Note 9 yang sudah dilengkapi Gorilla Glass 5. Generasi ke-5 ini dapat melindungi layar agar tidak pecah meskipun jatuh dari ketinggian tertentu.

Tidak Dilengkapi Stabilizer Kamera

Jika Anda mencari ponsel dengan kamera unggul, sebaiknya pilih ponsel yang dilengkapi fitur OIS (Optical Image Stabilization) atau EIS (Electronic Image Stabilization). Fitur stabilizer ini membantu menjaga agar tampilan kamera tidak goyah.

Kamera yang tidak stabil akan menghasilkan foto yang buram. Sayangnya, Samsung Galaxy A21s tidak dilengkapi dengan fitur stabilizer ini. Dalam video pengujian kamera yang diunggah oleh Infofull, kamera Galaxy A21s terlihat goyah saat pengguna mengambil foto.

Akibatnya, Anda harus berhati-hati agar tangan tetap stabil saat mengambil foto agar hasilnya tidak buram. Atau jika Anda ingin, Anda dapat membeli gimbal untuk menstabilkan kamera ponsel.

Kesimpulan

Itulah beberapa poin yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli Samsung Galaxy A21s. Kelebihan Samsung Galaxy A21s, seperti daya tahan baterai yang kuat dan kamera yang memuaskan dalam kondisi pencahayaan tertentu, harus seimbang dengan kekurangan yang dimiliki. Performa chipset yang kurang optimal, ketidakmendukungan NFC, kapasitas memori internal yang terbatas, ketiadaan pelindung layar Corning Gorilla Glass, dan ketiadaan stabilizer kamera menjadi beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Apakah Anda sudah memutuskan untuk membeli Samsung Galaxy A21s?

Harga
6/64 GB - Rp 2.300.000
3/32 GB - Rp 1.950.000

Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk harga terupdate selengkapnya, kunjungi halaman daftar harga HP Samsung terbaru.

Disclaimer - Ponselhub.com tidak menjamin informasi pada halaman ini 100% akurat. Baca selengkapnya