Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A14

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A14
Samsung Electronic Indonesia (SEIN) merilis Samsung Galaxy A14 pada tanggal 7 Maret 2023 di Indonesia. Peluncuran Galaxy A14 ini dilakukan kurang dari dua bulan setelah peluncuran versi 5G-nya, yaitu Galaxy A14 5G. Seperti namanya, Galaxy A14 adalah penerus dari Galaxy A13.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A14
  • Rilis Maret 2023
  • Layar 6.6 inci PLS LCD
  • Chipset Mediatek Helio G80 (12 nm)
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/128 GB, 6/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 5 MP (ultrawide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 13 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 15W
  • Harga Rp 2.400.000 - 2.700.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A14 dan Harganya
Meskipun tidak mengalami banyak perubahan dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy A14 memiliki beberapa penambahan fitur yang sangat berguna untuk mendukung penggunaan sehari-hari.

Namun, seberapa baik kinerja ponsel ini dan apa saja kekurangan yang mungkin dimilikinya? Pertanyaan tersebut akan dibahas lebih lanjut dalam artikel tentang kelebihan dan kekurangan Galaxy A14 ini di Ponselhub.

Kelebihan Samsung Galaxy A14

Meskipun belum mendukung jaringan 5G, Samsung Galaxy A14 versi LTE memiliki banyak kelebihan yang membuat pengalaman pemakaian sehari-hari semakin menyenangkan.

Desain Bodi dengan Build Quality yang Mantap

Galaxy A14 memiliki desain bodi yang sangat mirip dengan Galaxy A14 5G dan mencontoh bahasa desain Galaxy S22 Series yang memiliki penutup belakang flat. Anda mungkin sulit membedakan kedua ponsel tersebut, tetapi garis-garis tekstur pada penutup belakang Galaxy A14 diletakkan secara vertikal dari atas ke bawah, sementara pada Galaxy A14 5G, garis-garisnya arahnya horizontal dan agak melengkung.

Adanya garis-garis pada penutup belakang bodi membuat Galaxy A14 terasa kuat, sehingga tidak licin saat digenggam. Finishing matte juga membuat bodi HP ini tidak mudah terkena bekas sidik jari saat bersentuhan dengan tangan yang berminyak.

Banyak sumber yang mengatakan bahwa bodi Samsung Galaxy A14 terasa solid, menandakan bahwa ponsel ini memiliki build quality yang baik dan tidak terlalu berat. Dimensi Galaxy A14 adalah 167,7 x 78 x 9,1 mm dengan bobot 201 gram, dan tersedia dalam tiga varian warna: Dark Red, Hitam, dan Silver.

Layar Lebar Full HD+

Galaxy A14 memiliki layar lebar 6,6 inci dengan panel PLS LCD dan resolusi Full HD+ (1080 x 2408 piksel). Layar ini memiliki kerapatan piksel 400 ppi dan refresh rate standar 60 Hz.

Meskipun spesifikasi layar tidak terlalu istimewa, tampilannya tetap oke untuk menonton film dan membuka media sosial. Layar yang lebar memberi kepuasan pada pengguna, dan resolusi Full HD menjamin tampilan yang tajam dan tidak pixelated.

Layar ponsel ini memiliki sertifikasi Widevine L1, sehingga pengguna dapat menonton film dari berbagai platform bioskop online dengan kualitas gambar tertinggi. Hanya saja, video HDR belum dapat diputar.

Samsung tidak memberikan penjelasan apakah layar Galaxy A14 sudah dilengkapi kaca proteksi atau belum. Disarankan untuk memasang tempered glass agar layar ponsel terlindungi dari goresan dan benturan.

Performa Harian yang Baik

Galaxy A14 tidak dirancang sebagai smartphone dengan performa tinggi, tetapi sebagai perangkat kelas entri yang mencukupi untuk penggunaan sehari-hari. Menggunakan SoC Exynos 850 buatan Samsung yang ditujukan untuk perangkat hemat daya dan efisien, terlihat dari fabrikasi 8 nm. Exynos 850 memiliki prosesor delapan inti, semua dari jenis Cortex A55 dengan kecepatan clockspeed 2,0 GHz, serta unit pengolah grafis Mali-G52 MP1.

Menurut Nano Review, skor AnTuTu 9 Exynos 850 ada di kisaran 120 ribuan. Sementara itu, skor GeekBench 5 SoC ini adalah 154 untuk skenario single-core dan 592 untuk multi-core.

Galaxy A14 menggunakan penyimpanan internal eMMC5.1 dan RAM LPDDR4x. Beruntung, RAM yang disematkan di HP ini cukup besar, yaitu 4 GB atau 6 GB. Hal ini memungkinkan penggunaan sehari-hari berjalan lancar seperti streaming, berkirim pesan, dan media sosial. Meskipun multitasking tidak terlalu gesit, namun tetap cukup lancar.

Memori Besar dan Dilengkapi Slot microSD

Galaxy A14 tersedia dalam dua varian: 4 GB RAM dengan penyimpanan 128 GB serta 6 GB RAM dengan penyimpanan 128 GB. Angka 128 GB sudah cukup untuk standar saat ini, memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai aplikasi, foto, video, musik, dan dokumen penting.

Jika penyimpanan internal 128 GB terasa kurang, pengguna masih dapat memanfaatkan slot microSD yang tersedia di sisi kiri bodi Galaxy A14. Slot ini bersifat khusus, sehingga pengguna dapat memasang dua kartu SIM bersamaan dengan kartu microSD dengan kapasitas maksimal 1 TB.

Dilengkapi Kamera Ultrawide

Galaxy A14 4G dilengkapi dengan kamera ultrawide, yang tidak tersedia di Galaxy A14 5G. Kamera ultrawide ini memiliki resolusi 5 MP dan bukaan f/2.2, memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan sudut pandang yang lebih luas. Fitur ini sangat berguna saat mengambil foto bersama teman dan keluarga, serta saat memotret pemandangan alam atau build tinggi.

Selain kamera ultrawide, Galaxy A14 memiliki dua kamera lain di bagian belakang, yaitu kamera utama 50 MP (f/1.8) dan kamera makro 2 MP (f/2.4). Di bagian depan, terdapat kamera selfie 13 MP dengan bukaan f/2.0, yang meningkat dari resolusi kamera selfie pada Galaxy A13.

Seluruh kamera pada Galaxy A14 dapat digunakan untuk mengambil foto dan merekam video hingga resolusi 1080p 30 fps. Namun, kualitas kamera makro agak kurang baik karena resolusinya hanya 2 MP.

Baterai 5000 mAh yang Tahan Lama

Galaxy A14 tidak mengalami perubahan pada kapasitas baterainya, masih sama dengan Galaxy A13 yaitu 5000 mAh. Samsung mengklaim baterai tersebut dapat membuat HP ini tahan hingga 20 jam untuk pemutaran video.

Untuk penggunaan internetan via WiFi, Galaxy A14 bisa bertahan selama 21 jam. Daya tahan baterainya tergolong baik.

Daya tahan baterai HP ini setara dengan Galaxy A13 karena kedua ponsel memiliki kapasitas baterai, SoC, layar, dan sebagian besar spesifikasi internal yang sama. Dalam pengujian oleh Jagat Review, Galaxy A13 dapat bertahan selama 19 jam 24 menit untuk pemutaran video lokal 1080p.

Banyak Sensor, NFC Tersedia

Samsung menyematkan banyak sensor pada Galaxy A14. Terdapat sensor akselerometer, proximity, cahaya, fingerprint, dan kompas. Hanya sensor giroskop yang tidak ada.

Sensor cahaya memungkinkan HP ini untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis. Sensor fingerprint ditempatkan pada tombol power dan berfungsi untuk membuka kunci layar. Sensor kompas untuk menentukan arah.

Konektivitas dan port di HP ini juga baik. Galaxy A14 memiliki jack audio 3,5 mm, port USB C, dan NFC. Sedangkan pada pendahulunya belum memiliki NFC. Sekarang Galaxy A14 dapat digunakan untuk mengisi saldo kartu e-money.

Jaminan Pembaruan Sistem Operasi

Samsung dikenal sebagai produsen yang peduli dengan masa pakai produknya. Salah satu buktinya adalah memberikan jaminan pembaruan sistem operasi yang cukup lama.

Galaxy A14 dijamin akan menerima dua kali pembaruan sistem operasi. Sementara itu, sistem keamanannya didukung hingga empat tahun setelah dirilis. HP ini dilengkapi dengan sistem operasi Android 13 berbasis One UI Core 5.

Artinya, Galaxy A14 akan mendapatkan pembaruan hingga Android 15 dan tetap menerima pembaruan sistem keamanan hingga tahun 2027.

Charger Tersedia, Namun Terpisah dalam Kotak

Kotak penjualan Galaxy A14 terlihat tipis, mirip dengan HP Samsung seri flagship. Di dalamnya hanya terdapat kabel USB C, SIM ejector, dan beberapa lembar dokumen. Screen protector dan case tidak disertakan.

Namun, Galaxy A14 yang dijual di Indonesia tetap disertai charger. Hanya saja, charger disertakan dalam kotak terpisah. Charger yang disertakan memiliki output 15W, sesuai dengan kapasitas maksimum yang dapat diserap oleh ponsel.

Kekurangan Samsung Galaxy A14

Galaxy A14 cocok untuk penggunaan esensial atau memenuhi kebutuhan sehari-hari. Beberapa catatan di bawah ini pun menegaskan peruntukannya.

Tidak Cocok untuk Main Game Berat

SoC Exynos 850 membuat Galaxy A14 kurang bertenaga. SoC tersebut tidak memiliki Cortex A7x yang biasanya bertugas sebagai inti prosesor dengan performa tinggi. Selain itu, Exynos 850 juga tidak kompatibel dengan penyimpanan berjenis UFS.

Maka untuk kasus tertentu, membuka aplikasi dan game akan terasa sedikit lebih lama ketimbang SoC yang sudah mendukung memori UFS. Dua hal tersebut telah mempertegas bahwa Galaxy A14 tidak cocok untuk main game berat.

Genshin Impact jelas tidak bisa dimainkan. Mobile Legends masih bisa, tetapi jangan paksa memakai setelan grafis "Ultra" dengan refresh rate "High" supaya gameplay lancar.

Pengisian Baterai Lambat

Galaxy A14 memiliki spesifikasi internal yang mirip dengan Galaxy A13, termasuk kapasitas baterai dan kemampuan pengisian baterai. Kami merujuk uji pengisian baterai Galaxy A13 yang dilakukan Jagat Review sebagai perkiraan.

Hasil uji Jagat Review memperlihatkan bahwa perlu waktu 2 jam 24 menit untuk mengisi baterai kosong Galaxy A13 hingga kapasitas penuh. Durasi tersebut cukup lama. Sebaiknya Anda mengisi daya HP ini ketika malam hari menjelang tidur.

Tidak Ada Fitur Penstabil Rekaman Video

Rekaman video Galaxy A14 sudah mencukupi untuk video call dan dokumentasi pribadi. Samsung menyematkan dua mikrofon pada HP ini agar suara dalam video terdengar jelas. Namun, tidak ada fitur untuk menstabilkan rekaman video.

Maka jangan heran rekaman video Anda dengan HP ini terasa seperti "gempa bumi". Anda perlu alat bantu seperti tripod atau tongsing agar guncangan dapat diminimalkan. Fitur penstabil tidak ada karena Galaxy A14 tidak memiliki sensor giroskop.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A14 resmi diluncurkan di Indonesia pada tanggal 7 Maret 2023 dengan harga Rp2.399.000 untuk varian 4/128 GB dan Rp2.699.000 untuk varian 6/128 GB. Meskipun di kelas 2 jutaan, HP ini kalah dalam performa dengan sejumlah ponsel kompetitor, namun bagi pengguna kasual yang bukan gamers, Galaxy A14 merupakan pilihan yang layak.

Galaxy A14 memiliki layar yang lebar, kualitas kamera yang oke untuk kelasnya, baterai yang awet, memori yang lapang, dan NFC. Selain itu, software-nya juga bebas dari iklan yang mungkin mengganggu. Jaminan pembaruan update-nya pun cukup panjang.

Galaxy A14 cocok untuk berbagai kalangan, seperti pelajar, mahasiswa, driver ojol, dan orang yang bergelut di bisnis online. Bagi Anda yang tertarik membeli HP Samsung dengan harga di bawah 3 jutaan, Galaxy A14 dapat menjadi pilihan yang tepat.

Samsung Galaxy A14
Rilis : Maret 2023
4/128 GB - Rp 2.400.000
6/128 GB - Rp 2.700.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn