Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A24

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A24
Pada bulan Mei 2023, Samsung Indonesia merilis ponsel terbarunya dalam seri Galaxy A, yaitu Samsung Galaxy A24. Ponsel ini sebelumnya telah diluncurkan di Vietnam dan ditujukan untuk segmen kelas menengah. Meskipun begitu, harga yang ditawarkan masih terjangkau, terutama jika melihat spesifikasi dan kemampuannya.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A24
  • Rilis Mei 2023
  • Layar 6.5 inci Super AMOLED 90Hz
  • Chipset Mediatek Helio G99 (6nm)
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8 /128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 5 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 13 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 3.500.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A24 dan Harganya
Samsung Galaxy A24 hadir sebagai tambahan dalam seri Galaxy A. Sebelumnya, sudah ada Samsung Galaxy A14, Galaxy A34 5G, dan Galaxy A54 5G yang telah dirilis di Indonesia. Mengenai desain dan spesifikasi, tidak akan jauh berbeda. Namun, Galaxy A24 tetap memiliki daya tariknya sendiri.

Kali ini, kami akan membahas beberapa kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy A24. Hal ini penting untuk diketahui sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Kelebihan Samsung Galaxy A24

Meskipun berada dalam kelas menengah dengan harga yang terjangkau, Samsung Galaxy A24 menawarkan spesifikasi dan kemampuan yang unggul di kelasnya. Berikut adalah beberapa kelebihan Samsung Galaxy A24. Simak sampai selesai.

Desain Simpel namun Bergaya

Salah satu kelebihan pertama yang patut diapresiasi adalah tampilan desainnya. Mirip dengan model Galaxy A Series sebelumnya, Galaxy A24 juga memiliki desain yang sederhana.

Berbeda dengan seri sebelumnya, Galaxy A23, Galaxy A24 hadir tanpa modul kamera terpisah. Hal ini membuatnya terlihat lebih simpel dan bersih. Ketiga kamera disusun secara langsung di atas bodi ponsel.

Pada pandangan pertama, desain ini mirip dengan ponsel flagship Samsung dari Galaxy S Series. Terutama pada penataan ketiga kameranya yang tersusun secara vertikal dengan rapi. Namun, Galaxy A24 menempatkan LED Flash di posisi yang lebih rendah, mirip dengan Galaxy A14 5G, Galaxy A34 5G, dan Galaxy A54 5G.

Untuk bahan yang digunakan, Galaxy A24 masih menggunakan plastik sebagai materialnya. Baik bodi belakang maupun frame terbuat dari plastik. Bodi ponsel ini juga memiliki dimensi yang sedikit lebih besar terutama pada ketebalannya. Dimensinya adalah 162,1 x 77,6 x 8,3 mm. Bobot ponsel ini juga cukup berat, mencapai 195 gram.

Jika melihat bagian depan, Anda akan melihat layar yang cukup lebar. Namun, Galaxy A24 masih menggunakan desain poni untuk kamera depannya. Ponsel ini menggunakan desain "Infinity U" dengan poni yang memiliki bentuk seperti huruf "U".

Ponsel Samsung Galaxy A24 ini tidak dilengkapi dengan perlindungan khusus, baik pada bodi belakang maupun layar depannya. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan case dan tempered glass sebagai perlindungan tambahan. Layar depannya juga datar sehingga mudah menemukan tempered glass yang sesuai.

Layar Super AMOLED dengan Refresh Rate 90 Hz

Ketika membahas layar, kita dapat mengabaikan kekurangan perlindungan pada layar. Sebab, salah satu keunggulan dari Samsung Galaxy A24 adalah sektor layarnya.

Berbeda dengan seri sebelumnya, Samsung Galaxy A23 yang menggunakan panel PLS LCD, Galaxy A24 hadir dengan panel Super AMOLED berukuran 6,5 inci. Kombinasi jenis panel dan ukuran layar yang luas membuatnya cocok untuk menonton konten.

Yang menarik, Anda dapat menikmati tontonan di luar ruangan berkat kecerahan layar hingga 1000 nit. Layar ini juga memiliki resolusi Full HD Plus atau 1080 x 2340 piksel, sehingga Anda dapat menikmati gambar dengan kualitas yang baik. Speaker stereo juga sudah disematkan dalam ponsel ini.

Bagi pengguna yang suka menggulir media sosial atau bermain game, layar Galaxy A24 telah dilengkapi dengan refresh rate hingga 90 Hz. Namun, jika Anda ingin menghemat baterai, Anda dapat mengubah refresh rate menjadi 60 Hz sebagai mode standar.

Namun, terdapat satu hal yang kurang memuaskan, yaitu desain layarnya. Bezel pada layar sedikit lebih tebal, terutama di bagian bawah. Rasio layar terhadap bodi juga hanya mencapai 82,4 persen.

Selain itu, terdapat notch berbentuk "U" yang disebut Infinity U di bagian atas layar. Bagi sebagian orang, hal ini mungkin mengganggu karena sedikit menghalangi tampilan layar dan terlihat kurang modern.

Kinerja Hebat di Kelasnya

Meskipun Samsung Galaxy A24 tidak mendukung jaringan 5G, performanya tetap baik. Ponsel ini dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio G99 yang tangguh untuk kelasnya. Chipset ini lebih unggul dibandingkan pendahulunya, Galaxy A23 yang menggunakan Snapdragon 680.

Chipset MediaTek Helio G99 memiliki performa gaming yang tangguh di kelasnya. Beberapa ponsel lain di kelas yang sama juga menggunakan chipset ini, seperti Tecno POVA 4 Pro, realme 10, POCO M5, dan lainnya.

MediaTek Helio G99 dibangun dengan proses manufaktur 6 nm. Prosesor octa-core terdiri dari dua core Cortex A76 (2,2 GHz) untuk performa dan enam core Cortex A55 (2,0 GHz) untuk efisiensi. Chipset ini juga didukung oleh kartu grafis Mali-G57 MC2 dengan kecepatan 1100 MHz.

Dalam pengujian oleh Nanoreview, Galaxy A24 mencetak skor 370.472 dalam AnTuTu v9. Skor ini sedikit lebih tinggi daripada ponsel lain dengan chipset yang sama, seperti Infinix Note 12 Pro, vivo V25e, dan Infinix Zero 20.

Selain itu, pengujian oleh kanal YouTube BYTES UNLOCKED menunjukkan bahwa Galaxy A24 mampu menjalankan game Call of Duty Mobile tanpa lag yang signifikan. Peningkatan suhu juga tetap terkendali saat digunakan dalam waktu lama. Secara keseluruhan, Galaxy A24 mampu menangani game dengan performa yang baik.

RAM 8 GB, RAM Plus, dan Ekspansi MicroSD

Samsung Galaxy A24 hadir dengan kapasitas RAM 8 GB di pasar Indonesia. Opsi RAM ini menarik mengingat beberapa negara hanya memiliki RAM 6 GB.

Jika RAM 8 GB masih kurang, Galaxy A24 juga menawarkan fitur ekspansi RAM dengan RAM Plus, yang memungkinkan penambahan kapasitas RAM.

Untuk memori internal, Galaxy A24 hadir dengan varian 128 GB. Namun, jika kapasitas tersebut masih dirasa kurang, ponsel ini menyediakan slot microSD yang memungkinkan perluasan memori hingga 1 TB.

Daya Tahan Baterai yang Lama

Galaxy A24 menggunakan baterai dengan kapasitas 5000 mAh, yang sama dengan seri sebelumnya. Meski kapasitasnya tidak berubah, Galaxy A24 diklaim memiliki daya tahan baterai yang lebih baik. Menurut situs resmi Samsung, ponsel ini dapat bertahan hingga dua hari dengan satu kali pengisian daya, tergantung penggunaan dan kondisi penggunaan.

Baterai 5000 mAh ini juga didukung oleh fitur fast charging 25 W. Meskipun tidak terlalu spektakuler, ini masih merupakan fitur yang bagus untuk ponsel di kelasnya. Pengisian daya hingga 32 persen membutuhkan sekitar 30 menit, sedangkan pengisian penuh memakan waktu sekitar 104 menit.

Kamera Utama 50 MP dilengkapi OIS

Galaxy A24 hadir dengan tiga kamera di bagian belakang, terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 5 MP (f/2.2) dengan sudut pandang 123 derajat, dan kamera makro 2 MP (f/2.4). Kamera depan atau kamera swafoto memiliki resolusi 13 MP (f/2.2).

Kamera utama di bagian belakang didukung oleh fitur autofocus PDAF dan OIS (Optical Image Stabilization). OIS merupakan fitur penting yang berfungsi meredam guncangan saat memotret, sehingga gambar yang dihasilkan lebih stabil.

Namun, kemampuan perekaman video masih terbatas. Kualitas video yang dapat direkam baik oleh kamera depan maupun belakang adalah 1080p dengan 30 fps. Hal ini dapat menjadi kekurangan bagi mereka yang sering membuat konten video.

Jaminan Pembaruan Perangkat Lunak hingga 4 Tahun

Samsung Galaxy A24 menawarkan jaminan pembaruan software yang cukup menguntungkan. Samsung telah memperluas jaminan ini untuk mencakup tidak hanya flagship mereka, tetapi juga seri HP mid-range seperti Galaxy A24. Dengan jaminan pembaruan ini, pengguna dapat memiliki HP yang tetap terkini dalam jangka waktu yang lebih lama.

Samsung Galaxy A24 menawarkan jaminan pembaruan versi Android hingga empat kali. Selain itu, HP ini juga mendapatkan jaminan pembaruan keamanan selama lima tahun. Dengan sistem operasi Android 13 dan antarmuka One UI 5.1 yang digunakan pada saat perilisan, HP ini akan menerima pembaruan hingga Android 17.

Kekurangan Samsung Galaxy A24

Meskipun Samsung Galaxy A24 memiliki banyak kelebihan, tidak ada HP yang sempurna, terutama pada kelas harga yang terjangkau. Berikut adalah beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan pada Samsung Galaxy A24.

Bobot yang Berat dengan Layar Berponi

Samsung Galaxy A24 memiliki ukuran yang sedikit berat dan lebih tebal dibandingkan dengan beberapa HP lain di kelasnya. Dengan dimensi 162,1 x 77,6 x 8,3 mm dan bobot 195 gram, HP ini mungkin terasa lebih berat bagi pengguna yang terbiasa dengan HP yang lebih ringan dan ramping.

Selain itu, tampilan layar dengan notch atau poninya juga bisa menjadi pengganggu. Desain Infinity U pada bagian atas layar dapat menghalangi sebagian tampilan layar dan terlihat agak ketinggalan zaman.

Kurang dalam Aspek Perlindungan Ketahanan

Meskipun Samsung Galaxy A24 menawarkan desain yang stylish dan layar Super AMOLED, namun tidak dilengkapi dengan perlindungan yang kuat. Bahan material plastik yang digunakan pada bagian belakang tidak memberikan perlindungan yang optimal. Selain itu, HP ini juga tidak memiliki sertifikasi ketahanan air atau debu. Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk menggunakan case tambahan untuk menjaga keamanan HP ini.

Selain itu, layar HP ini juga tidak dilengkapi dengan perlindungan kaca yang memadai seperti Corning Gorilla Glass 5 yang ada pada seri sebelumnya, Galaxy A23.

Untuk Kisaran Harganya, Seharusnya Sudah Mendukung 5G

Penggunaan MediaTek Helio G99 di Samsung Galaxy A24 sebenarnya tidak ada masalah, terutama untuk jaringan 4G. Performanya cukup baik, terutama dengan RAM 8 GB yang disematkan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa Samsung Galaxy A24 dijual dengan harga Rp3.499.000 di Indonesia. Dengan harga tersebut, seharusnya HP ini sudah mendukung jaringan 5G. Contohnya, menggunakan chipset seperti Dimensity 700 atau Dimensity 810 yang sudah mendukung 5G.

Terlebih lagi, Samsung Galaxy A24 menawarkan jaminan pembaruan software yang panjang, yang mungkin menjadi daya tarik bagi pengguna yang tidak sering mengganti HP. Jika HP ini sudah mendukung 5G, pengguna tidak perlu repot mengganti HP lagi ketika jaringan 5G merata beberapa tahun ke depan. Meski demikian, jaringan 4G tetap akan tetap tersedia dalam tiga tahun ke depan.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A24 merupakan pilihan yang baik di antara HP Samsung dalam seri Galaxy A. HP ini memiliki spesifikasi yang baik di beberapa aspek. Misalnya, layarnya yang menggunakan panel Super AMOLED berukuran 6,5 inci.

HP ini juga nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas multimedia, termasuk menonton film. Bahkan, untuk aktivitas berat seperti bermain game, HP ini mampu memberikan performa yang lancar.

Dibekali dengan chipset MediaTek Helio G99 yang tangguh di kelasnya, pengguna dapat dengan nyaman memainkan game favorit tanpa lag. Fitur kamera utama 50 MP yang didukung oleh fitur OIS juga merupakan keunggulan HP ini.

Namun, tetap perlu diperhatikan beberapa hal, seperti bobot yang sedikit berat, tampilan layar depan dengan poni, minim perlindungan, dan belum mendukung jaringan 5G.

Jadi, apakah Samsung Galaxy A24 menarik bagi Anda? Jika iya, apa alasannya? Silakan berikan tanggapan Anda di kolom komentar.

Samsung Galaxy A24
Rilis : Mei 2023
8/128 GB - Rp 3.500.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn