Review Kelebihan dan Kekurangan Spark 9T

Berikut uraian kelebihan dan kekurangan Spark 9T
Tecno Mobile, bersama Infinix dan itel, merupakan produsen smartphone dengan harga terjangkau yang mungkin belum dikenal oleh banyak orang di Indonesia. Dalam portofolio produknya, Tecno Spark 9T menjadi salah satu yang menarik perhatian di pasar Indonesia pada 2022. Ini adalah varian sederhana dari Tecno Spark 9 Pro.

HP Tecno
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Spark 9T
  • Rilis Juni 2022
  • Layar 6.6 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset Mediatek Helio G37 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB, 4/128 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (depth), QVGA
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 10W
  • Harga Rp 1.500.000 - 1.800.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Spark 9T dan Harganya
Sebagai ponsel entry-level, Tecno Spark 9T sangat cocok untuk siapa saja dengan anggaran terbatas namun ingin merasakan teknologi terbaru pada smartphone. Sebelum memutuskan untuk membeli, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 9T yang perlu diketahui.

Kelebihan Tecno Spark 9T

Jangan biarkan merek seperti Tecno yang belum begitu dikenal membuat Anda meragukan kualitas ponsel mereka. Nyatanya, Tecno Spark 9T memiliki sejumlah kelebihan menarik seperti berikut ini.

Layar yang Besar

Tecno Spark 9T hadir dengan layar yang sangat besar untuk mendukung pengalaman visual Anda, baik untuk menonton film, browsing, ataupun bermain gim. Layarnya yang besar dengan bezel tipis akan membuat pengguna merasa senang.

Ponsel ini memiliki desain kamera depan waterdrop notch yang membuat bezel di sekelilingnya sangat ramping. Ukuran layar 6,6 inci terasa pas di mata, dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel).

Layar smartphone ini hadir dengan aspek rasio 20:9 yang disertai dengan kerapatan piksel 266 ppi (pixel per inch). Tecno Spark 9T juga termasuk dalam daftar HP entry-level yang dilengkapi dengan refresh rate tinggi 90 Hz.

Ini artinya, Anda tidak perlu lagi membeli HP kelas menengah ke atas untuk merasakan pengalaman menggulir layar dengan mulus.

Baterai yang Awet

Tecno Spark 9T hadir dengan kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh, membuatnya bisa bertahan hingga satu atau dua hari. Entah itu untuk penggunaan media sosial, browsing, panggilan telepon, atau keperluan lainnya, penggunaan harian akan berlangsung lebih lama.

Namun jika Anda menggunakannya untuk bermain game secara terus menerus, tentu saja baterainya akan lebih cepat habis. Namun, Anda tidak perlu lagi membawa power bank ke mana-mana karena daya tahan baterai yang cukup lama.

Desain Elegan

Tecno Spark 9T memiliki desain bodi yang estetik dan memberikan kesan chic yang elegan. Modul kameranya dirancang unik dan kreatif dengan mengelilingi masing-masing dari dua lensa kamera, yang berbeda dari mayoritas HP dengan camera island berbentuk persegi panjang dan warna hitam.

Bodi belakangnya terbuat dari bahan plastik, tetapi tampak seperti kaca dan terlihat indah. Namun, mudah meninggalkan noda sidik jari (smudge) dan perlu sering dielap.

Tecno menyertakan casing transparan dengan corak desain tipografi bertuliskan SPARK yang diulang-ulang untuk melindungi ponsel dan menambah estetika. Ada empat warna yang tersedia: Quantum Black, Burano Blue, Particle Silver, dan Vitality Green. Kami sangat menyukai warna hijau menyala dan unik pada Vitality Green.

Dengan desain yang unik dan menarik, Tecno Spark 9T cocok untuk mereka yang bosan dengan desain yang konvensional. Selain itu, desain bodinya bisa didapatkan pada ponsel entry-level yang terjangkau.

Kamera Depan Beresolusi Tinggi

Tecno Spark 9T terlihat sebagai salah satu dari sedikit ponsel yang menawarkan kamera depan dengan resolusi lebih tinggi daripada kamera belakangnya. Kamera belakang hadir dengan sensor utama 13 MP (f/1.85) dan kamera bokeh 2 MP (f/2.4) dengan lensa AI, sedangkan kamera depan memiliki resolusi yang lebih tinggi, yaitu 32 MP.

Hal ini menunjukkan bahwa ponsel ini memang lebih ditujukan untuk pemotretan selfie daripada fotografi belakang. Selain untuk selfie, kamera depan yang beresolusi tinggi ini juga cocok untuk mendukung pembelajaran jarak jauh atau pertemuan online.

Pada kamera belakang, tersedia fitur autofokus untuk lensa utama, serta Quad-LED Flash dan mode HDR. Sedangkan pada kamera depan, terdapat Dual-LED Flash yang membantu meningkatkan cahaya pada kondisi cahaya rendah. Kedua kamera juga mendukung video recording hingga 1080p pada kecepatan 30 FPS.

Berdasarkan beberapa contoh foto di atas, Tecno Spark 9T mampu menghasilkan foto yang cukup layak untuk kelasnya. Meski begitu, kualitas HDR-nya masih dapat ditingkatkan lagi.

Untuk kamera depannya, ponsel ini juga menawarkan mode potret selfie. Namun, efek blur pada latar belakang kurang terlihat dan terlihat mirip dengan hasil foto selfie biasa.

Untungnya, kamera belakang masih menawarkan mode potret dengan efek blur yang lebih terlihat. Secara keseluruhan, untuk ponsel entry-level, kamera Tecno Spark 9T masih dapat dianggap baik.

Memori yang Luas

Meskipun ponsel entry-level seringkali dikritik karena kapasitas memori internal yang minim, Tecno Spark 9T justru memiliki opsi memori internal yang lega. Ponsel ini tersedia dalam dua pilihan kapasitas, yaitu 64 GB dan 128 GB pada standar eMMC 5.1.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan RAM 4 GB LPDDR4X yang memungkinkan pengguna untuk menginstal banyak aplikasi dan bermain game tanpa masalah multitasking.

Tecno Spark 9T juga menyediakan fitur Memory Fusion yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kapasitas RAM secara virtual dengan meminjam kapasitas hingga 3 GB dari memori internal. Dengan begitu, total kapasitas RAM-nya bisa mencapai 7 GB.

Selain itu, ponsel ini juga memiliki slot kartu memori eksternal terpisah, sehingga pengguna dapat meningkatkan penyimpanan dengan menyelipkan kartu microSD dan tetap menggunakan fitur Dual SIM LTE secara bersamaan.

Antarmuka yang Estetik dan Fungsional

Yang cukup menyenangkan dari HP ini juga terletak pada sisi antarmukanya. Ya, ponsel ini dirilis dengan Android 12 (saat HP ini diluncurkan) berselimutkan antarmuka HiOS 8.6. Antarmuka ini punya salah satu tampilan paling elegan dan aesthetic secara keseluruhan.

Menurut YouTuber bernama Oscarmini, tidak akan ada pembaharuan update versi Android sama sekali di HP ini. Sehingga, Anda akan selamanya menggunakan Android 12 tanpa bisa di-update ke Android 13 dan seterusnya.

Antarmuka OS ini juga cenderung hadirkan bloatware dan iklan notifikasi yang cukup intrusif. Namun, tampaknya hal ini cukup umum untuk ponsel entry-level.

HiOS 8.6 ini punya tampilan ikon dan wallpaper yang elegan namun minimalis. Ini untuk tidak memberatkan mata pengguna dengan elemen visual yang bisa mengganggu. Konsep desainnya mengambil inspirasi dari gerakan awan dan efek tetesan air hujan untnuk berikan kesan kehidupan yang menyejukkan.

Sistem operasi ini juga sudah menyediakan fitur konverter media dari video ke mp3. Juga, terdapat fitur Photo Video yang dapat menyulap sekumpulan foto jadi video dengan hanya menyeleksi dan memilih template.

Fitur-fitur bawaan lainnya pun turut hadir, seperti App Twin untuk melakukan cloning aplikasi (agar satu aplikasi bisa pakai dua akun berbeda), video editor, fitur optimasi, penerjemahan dari wajah ke wajah, dan masih banyak lagi.

Hadir dengan Sensor Sidik Jari di Samping

Tecno Spark 9T tak hanya menyuguhkan fitur face unlock sebagai fitur pembukaan layar yang cepat, aman, dan praktis. Melainkan, ponsel juga menyediakan fitur sensor pemindai sidik jari.

Tidak tanggung-tanggung, sensor pemindai tersebut tidak diletakkan di belakang, melainkan di samping! Untuk ponsel entry-level, ini merupakan sebuah fitur yang jarang.

Sensor di samping yang menyatu dengan tombol daya ini memberikan sensasi penggunaan yang alami. Rata-rata pengguna pasti sering meletakkan jari di tombol daya, sehingga tidak terasa asing lagi saat memindai sidik jari.

Sensor ini bahkan berjalan dengan begitu cepat, nyaris tidak terasa ada jeda dari momen jari menyentuh sensor hingga saat kunci layar terbuka.

Menggunakan USB Type-C

Saat melihat ponsel murah, seringkali kita menemukan port microUSB yang dianggap sudah usang. Hal ini disebabkan oleh sulitnya memasukkan kabel ke dalam port microUSB karena bentuknya yang trapesium dan tidak simetris.

Namun Tecno Spark 9T berhasil membuktikan bahwa dirinya merupakan pilihan yang tepat karena menggunakan port USB Type-C 2.0 yang lebih modern. Selain mendukung pencolokan blind mating (dapat dimasukkan dari dua sisi), USB Type-C juga mendukung kecepatan transfer data yang tinggi.

Kekurangan Tecno Spark 9T

Setelah membaca kelebihannya di atas, mungkin Anda tertarik untuk membeli Tecno Spark 9T. Namun, ada beberapa kekurangannya yang perlu diperhatikan:

Chipset Helio G37 Kurang Bertenaga di Kelasnya

Tecno Spark 9T menggunakan chipset Helio G37, yang dirilis pada kuartal keempat tahun 2021. Meski tergolong baru saat ponsel ini diluncurkan, chipset ini kurang bertenaga dibandingkan dengan chipset pesaing yang sudah lebih gahar untuk bermain gim.

Helio G37 tidak dibekali dengan Cortex A7x, sehingga tidak siap untuk menunjang gim berat. Hanya cocok untuk penggunaan ringan sehari-hari seperti multi-tasking, browsing, streaming, dan lain-lain.

Tanpa Fast Charging

Meskipun Tecno Spark 9T memiliki port USB Type-C, namun ponsel ini tidak didukung dengan fitur fast charging. Paket penjualan HP ini sudah mencakup casan 10 W, karena ponsel memang tidak mendukung pengisian daya cepat sama sekali. Diketahui, waktu pengisian ponsel dari 0-100% memakan waktu cukup lama yaitu 3 jam.

Kesimpulan

Tecno Spark 9T memberikan pengalaman penggunaan yang nyaman dari sisi ketahanan baterai dan kameranya. Antarmukanya pun cukup menyenangkan dengan fitur-fitur yang beragam dan tampilan estetik.

Namun, chipset yang kurang bertenaga dan tanpa fitur fast charging bisa menjadi kelemahan bagi ponsel ini. Jadi, pastikan untuk mempertimbangkan kekurangan-kekurangan tersebut sebelum membeli.

Spark 9T
Rilis : Juni 2022
4/64 GB - Rp 1.500.000
4/128 GB - Rp 1.800.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn