Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A01

Samsung merupakan merek HP yang terkenal di seluruh dunia. Perusahaan ini berasal dari Korea Selatan dan telah berhasil mendominasi pasar ponsel pintar dalam berbagai segmen harga. Dalam artikel ini, kita akan membahas Samsung Galaxy A01, sebuah HP yang memiliki harga sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp1 jutaan.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A01
  • Rilis Januari 2020
  • Layar 5.7 inci PLS TFT ~294 ppi
  • Chipset Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
  • GPU Adreno 505
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 2/16 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Ion 3000 mAh
  • Harga Rp1.150.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A01 dan Harganya
Meskipun harganya murah, Samsung Galaxy A01 memiliki beberapa keunggulan yang mungkin akan mengejutkan Anda, meskipun ada juga beberapa kelemahan. Jika Anda penasaran, mari kita bahas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A01 berikut ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A01

Ada beberapa kelebihan menarik yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A01 yang patut diperhatikan. Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal ini jika Anda ingin tahu tentang keunggulan HP Samsung yang satu ini.

Performa yang Cukup Tangguh

Tentu saja, performa adalah salah satu hal yang paling penting ketika memilih HP. Umumnya, HP dengan harga terjangkau memiliki performa yang biasa-biasa saja. Namun, hal ini berbeda dengan Samsung Galaxy A01.

HP Samsung ini ditenagai oleh Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 yang cukup baik untuk kelasnya. Hal ini membuat Anda dapat menjalankan aplikasi dengan cepat dan lancar dalam aktivitas sehari-hari seperti menonton YouTube dan menggunakan media sosial.

Slot MicroSD dengan Kapasitas Hingga 512 GB

Samsung Galaxy A01 juga dilengkapi dengan slot microSD yang mendukung kapasitas hingga 512 GB. Memori eksternal memiliki keuntungan tersendiri sebagai tempat penyimpanan file-file selain game dan aplikasi, seperti film, file aplikasi mentah, atau foto-foto dengan resolusi tinggi.

Kelebihan ini cukup menarik, karena tidak banyak HP sekelasnya yang menyediakan dukungan memori eksternal sebesar ini. Jika Anda suka bermain game atau mengedit foto, dukungan slot microSD yang besar ini akan sangat berguna.

Menjalankan Android 10

Seringkali, HP dengan harga terjangkau hanya mendukung versi Android yang lebih lama. Namun, Samsung Galaxy A01 hadir dengan Android 10 dan mencoba mengubah stereotip bahwa HP dengan harga sejutaan hanya memiliki fitur terbatas.

Selain itu, HP murah ini juga dilengkapi dengan fitur pengenalan wajah untuk keamanan. Android 10, juga dikenal sebagai Android Q, memiliki pengembangan dari fitur-fitur lama dan menambahkan beberapa fitur baru.

Sebagai contoh, Android 10 memiliki pengaturan privasi yang lebih baik dengan memungkinkan pengguna mengendalikan izin aplikasi untuk mengakses informasi sensitif seperti IMEI dan nomor seri. Selain itu, Android 10 juga memiliki fitur kedalaman dinamis yang meningkatkan kinerja aplikasi kamera pihak ketiga untuk mengambil foto dengan efek blur yang lebih baik.

Bayangkan, HP dengan harga terjangkau seperti Samsung Galaxy A01 memiliki kelebihan-kelebihan di atas. Sungguh menakjubkan, bukan?

Menggunakan Teknologi Dual Kamera

Salah satu faktor yang sering menjadi pertimbangan utama dalam membeli HP adalah kamera. Saat peluncuran Samsung Galaxy A01, sedang tren memiliki banyak kamera belakang di HP canggih.

Meskipun Samsung Galaxy A01 merupakan HP dengan harga terjangkau, ia memiliki dua kamera belakang dengan resolusi yang cukup tinggi untuk kelasnya, yaitu 13 MP dan 2 MP. Selain itu, lensa kamera Samsung Galaxy A01 juga berjenis wide, sehingga dapat menangkap gambar yang lebih luas dalam satu jepretan.

Fitur live focus yang ada pada Samsung Galaxy A01 juga memungkinkan Anda mengambil foto dengan efek bokeh. Kamera depannya memiliki resolusi 8 MP dan dilengkapi dengan Selfie Focus untuk menghasilkan foto yang lebih jelas.

Bukan hanya untuk foto, HP ini juga mampu merekam video dengan resolusi HD yang berkualitas. Secara keseluruhan, Samsung Galaxy A01 cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan fotografi, terutama jika dilihat dari kelasnya.

Desain Ergonomis yang Nyaman Digenggam

Jika Anda mengutamakan portabilitas dalam memilih HP, Samsung Galaxy A01 tidak akan mengecewakan. Dengan ketebalan 8,3 mm, HP ini nyaman digunakan dengan satu tangan dan mudah dibawa ke mana saja.

HP ini didesain dengan sentuhan matte finish yang tidak licin dan nyaman digenggam tanpa risiko terjatuh. Selain itu, layarnya berukuran 5,7 inci, tetapi tetap menyisakan ruang yang cukup saat disimpan di kantong. Layar pada HP ini juga memiliki desain Infinity V yang memberikan kesan modern dan nyaman untuk dilihat.

Kekurangan Samsung Galaxy A01

Selain kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan sebelumnya, Samsung Galaxy A01 juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan pada HP dengan harga terjangkau ini.

Kapasitas Baterai Terbatas

Dalam era yang serba cepat seperti sekarang ini, HP menjadi alat yang sangat penting untuk menjawab kebutuhan kita. Oleh karena itu, kapasitas baterai menjadi faktor utama dalam memilih HP. Sayangnya, Samsung Galaxy A01 hanya memiliki kapasitas baterai yang terbatas, yaitu 3000 mAh.

Dari segi daya tahan baterai, HP ini hanya dapat bertahan selama sekitar 4-5 jam (screen-on time) dan 10-12 jam dalam penggunaan normal. Jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 8A yang memiliki harga yang sama, Redmi 8A memiliki kapasitas baterai yang lebih besar, yaitu 5000 mAh dan dapat bertahan hingga 2 hari dalam penggunaan normal.

Jika Anda menginginkan HP dengan kapasitas baterai yang lebih besar, mungkin perlu mempertimbangkan penggunaan power bank sebagai tambahan.

Tidak Dilengkapi dengan Pelindung Layar

Layar merupakan salah satu komponen HP yang paling rentan terhadap kerusakan, terutama untuk HP dengan layar sentuh. Oleh karena itu, ketahanan layar menjadi pertimbangan penting dalam memilih HP yang tepat. Sayangnya, Samsung Galaxy A01 tidak dilengkapi dengan pelindung layar apapun. Namun, Anda dapat menambahkan lapisan pelindung tambahan seperti tempered glass untuk mengatasi hal ini.

Tidak Memiliki Fitur Pemindai Sidik Jari

Meskipun Samsung Galaxy A01 memiliki banyak keunggulan dibandingkan HP lain pada segmen harga yang sama, HP ini tidak dilengkapi dengan fitur fingerprint. Padahal, fitur fingerprint sudah banyak ditemukan pada HP dengan harga sekitar Rp1 jutaan.

Meskipun kelemahan ini dapat dikompensasi dengan adanya fitur face recognition yang juga hadir pada HP ini untuk keamanan, namun fungsi lain dari sensor fingerprint seperti quick gesture tidak dapat digunakan dengan adanya kekurangan ini.

Fitur fingerprint juga berguna untuk mengambil selfie dengan cepat hanya dengan sentuhan jari. Jadi, bagi yang ingin mengambil selfie dengan mudah, fitur fingerprint akan dirindukan. Sayangnya, Samsung Galaxy A01 tidak dilengkapi dengan fitur fingerprint.

Tidak Mendukung Sensor Barometer dan Temperature

Sensor merupakan salah satu aspek penting dalam sebuah HP. Meskipun Samsung Galaxy A01 memiliki dukungan sensor seperti gyroscope dan accelerometer, namun tidak dilengkapi dengan sensor barometer dan temperature pada HP dengan harga sekitar Rp1 jutaan ini.

Sensor barometer berguna untuk mendeteksi tekanan udara dan membantu dalam mendeteksi kecenderungan cuaca. Sensor temperature juga penting untuk mengetahui suhu perangkat yang digunakan, terutama bagi pengguna yang sering bermain game yang dapat menyebabkan perangkat cepat panas.

Tanpa adanya sensor temperature, pengguna tidak dapat mengetahui suhu perangkat yang digunakan dan mengambil tindakan yang tepat. Kehilangan sensor ini dapat dianggap sebagai kelemahan bagi pengguna HP.

Baterai Tidak Dapat Dilepas

Beberapa orang menginginkan HP dengan baterai yang dapat dilepas. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membawa baterai cadangan saat bepergian jauh, mengganti baterai dengan mudah jika rusak, serta mencegah HP dari kerusakan akibat kelembaban dengan melepas baterai saat terkena air.

Terutama untuk Samsung Galaxy A01 yang memiliki kapasitas baterai 3000 mAh, adanya baterai cadangan dapat menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan kapasitas baterai. Namun, secara umum, HP ini tidak terlalu fokus pada daya tahan baterai.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy A01 memiliki banyak keunggulan yang melebihi beberapa HP pada segmen harga yang sama. Namun, ada juga beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan, seperti kapasitas baterai yang terbatas. Jadi, sebelum membeli Samsung Galaxy A01, pertimbangkan baik-baik kelebihan dan kelemahan yang telah dijelaskan. Jika Anda tertarik untuk membelinya, Anda dapat mengunjungi tautan ini.

Harga
2/16 GB - Rp 975.000

Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk harga terupdate selengkapnya, kunjungi halaman daftar harga HP Samsung terbaru.

Disclaimer - Ponselhub.com tidak menjamin informasi pada halaman ini 100% akurat. Baca selengkapnya