Kelebihan dan Kekurangan Vivo V17 Pro

HP Vivo
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Vivo V17 Pro
  • Rilis November 2019
  • Layar 6.44 inch Super AMOLED ~409 ppi
  • Chipset Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 (11 nm)
  • GPU Adreno 612
  • Internal 8/128 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 13 MP (telephoto), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide), 8 MP (ultrawide)
  • Baterai Li-Po 4100 mAh, Fast charging 18W
Selengkapnya : Spesifikasi dan Harga Vivo V17 Pro
Vivo V17 Pro adalah ponsel yang diperkenalkan oleh Vivo sebagai pengganti Vivo V15 Pro. Ponsel ini hadir dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, tetapi pertanyaannya, apakah Vivo V17 Pro layak dipilih? Apakah ponsel ini memiliki peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan Vivo V15 Pro?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari kita bahas tentang kelebihan dan kekurangan Vivo V17 Pro berikut ini. Namun, sebelum itu, mari kita lihat spesifikasi dari Vivo V17 Pro terlebih dahulu.

Kelebihan Vivo V17 Pro

Jika Anda berencana untuk membeli Vivo V17 Pro, sebaiknya Anda juga mengetahui beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh ponsel ini. Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh Vivo V17 Pro? Berikut adalah ulasannya!

Kinerja Quad Camera yang Handal

Empat kamera belakang, ini menjadi tren saat ini. Bahkan, kehadiran empat kamera sudah menjadi hal yang biasa karena ada ponsel di kelas harga terjangkau yang sudah dilengkapi dengan empat kamera. Pertanyaannya, bagaimana kualitas keempat kamera yang ditawarkan oleh ponsel yang memiliki empat kamera ini? Apakah hanya sebagai gimmick atau memang benar-benar menawarkan fungsi yang baik?

Jelas, dalam kelas harganya, Vivo V17 Pro tidak hanya menawarkan gimmick semata. Keempat kamera yang ditawarkan memiliki fungsinya masing-masing. Kamera pertama adalah kamera 48 MP yang umum ditemui. Kamera ini memiliki bukaan f/1.8 dan dukungan PDAF. Sensor kamera yang digunakan adalah Sony IMX582.

Kamera kedua adalah kamera 8 MP yang berfungsi sebagai kamera ultra-wide. Kamera ketiga adalah kamera telefoto yang mendukung fitur PDAF dan 2x optical zoom. Sedangkan kamera keempat adalah kamera 2 MP yang berfungsi sebagai depth sensor.

Bagaimana dengan kualitas keempat kamera yang ditawarkan oleh Vivo V17 Pro ini? Mari kita lihat contoh hasil foto dari Vivo V17 Pro berikut ini.

Terlihat bahwa hasil foto dari Vivo V17 Pro ini cukup bagus, baik dalam kondisi cahaya cukup maupun minim cahaya. Seperti yang dinyatakan oleh situs Indiatoday.in, kualitas foto yang dihasilkan oleh Vivo V17 Pro cukup baik, dengan detail yang luar biasa, dan warna yang tampak alami. Rentang dinamisnya juga cukup bagus.

Situs Tabloid Pulsa juga menyatakan bahwa secara keseluruhan, hasil foto dari ponsel ini cukup baik. Menurut mereka, kualitas foto yang dihasilkan oleh Vivo V17 Pro baik saat digunakan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Hasil foto bokeh juga terlihat bagus.

Situs AndroidAuthority juga memuji kualitas kamera belakang Vivo V17 Pro. Menurut mereka, kamera 48 MP dan kamera telefoto pada ponsel ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas fantastis dalam kelas harganya. Foto-fotonya memiliki kualitas HDR, eksposur, dan tingkat warna yang baik.

Berdasarkan berbagai pendapat tersebut, terlihat bahwa kamera belakang Vivo V17 Pro memiliki kualitas yang baik. Bisa dikatakan bahwa keempat kamera belakang ponsel ini benar-benar berkualitas.

Dua Lensa Kamera Selfie

Jika pada kamera belakang terdapat empat kamera, pada bagian depan terdapat dua kamera selfie. Hal ini membuat Vivo V17 Pro menjadi ponsel dengan enam kamera, dan tentu saja hal ini patut diapresiasi.

Dua kamera depan Vivo V17 Pro terdiri dari kamera utama 32 MP dan kamera kedua 8 MP yang berfungsi sebagai kamera ultra-wide. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan selfie dengan sudut pandang yang lebih luas. Selain itu, dua kamera selfie pada ponsel ini menggunakan mekanisme pop-up.

Desain yang Elegan

Vivo V17 Pro hadir dengan desain yang cantik dan terasa mewah. Seperti yang diungkapkan oleh Youtuber AD REVIEW, desain Vivo V17 Pro terasa mewah berkat adanya lapisan kaca di bagian belakang. Selain itu, tidak adanya gradasi warna membuat tampilan desain Vivo V17 Pro terlihat lebih unik dibandingkan dengan ponsel lainnya.

Selain memiliki desain yang cantik, ponsel ini juga terasa kokoh dan berkualitas. Hal ini ditegaskan oleh Tabloid Pulsa, yang menyatakan bahwa Vivo V17 Pro memiliki bodi ponsel yang terasa kokoh dengan rancangan yang sangat baik.

Layar dengan Panel Super AMOLED

Vivo V17 Pro menawarkan layar berukuran 6,44 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel dan kerapatan layar 409 ppi. Layar ini memiliki rasio 20:9, yang berbeda dengan ponsel lain yang umumnya memiliki rasio 18:9 atau 19:9. Vivo V17 Pro juga memiliki screen-to-body ratio sebesar 91,65%.

Teknologi layar yang digunakan pada Vivo V17 Pro adalah Super AMOLED dengan teknologi E3 OLED. Vivo mengklaim layar ini sebagai Ultimate All Screen. Hal ini tidak berlebihan karena ponsel ini memiliki bezel yang tipis.

Menurut ulasan dari channel YouTube AD REVIEW, layar Super AMOLED pada Vivo V17 Pro memberikan tampilan yang hidup dan warna yang kaya. Ulasan yang sama juga diungkapkan oleh AndroidAuthority, yang menyebut layar Vivo V17 Pro bagus dengan rasio 20:9 dan tingkat kecerahan yang baik.

Sensor Finger Print di Layar yang Akurat

Vivo V17 Pro dilengkapi dengan sensor sidik jari di dalam layar atau in-display fingerprint. Meskipun teknologi ini bukan lagi sesuatu yang unik, banyak ponsel yang telah mengadopsinya.

Pertanyaannya, seberapa baik performa sensor sidik jari di dalam layar ini? Menurut AndroidAuthority, performa sensor sidik jari di dalam layar Vivo V17 Pro fantastis dan dapat diandalkan. Pengguna jarang menggunakan Face Unlock karena performa sensor sidik jari di ponsel ini sudah cukup baik.

Daya Tahan Baterai yang Dapat Diandalkan

Vivo V17 Pro dilengkapi dengan baterai Li-Po berkapasitas 4.100 mAh. Meskipun kapasitas baterai di atas 4.000 mAh sudah umum, yang penting adalah seberapa lama baterai dapat bertahan.

Menurut Indianexpress.com, baterai Vivo V17 Pro dapat bertahan lebih dari satu hari dan bahkan mencapai dua hari dengan penggunaan normal. Menurut Indiatoday, dengan penggunaan seperti WhatsApp, media sosial, pengiriman email, dan lainnya, baterai ini bisa bertahan sepanjang hari.

Dengan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa daya tahan baterai Vivo V17 Pro cukup baik untuk kelasnya. Meskipun tidak terlalu istimewa, hal ini tetap menjadi kelebihan tersendiri.

Fitur Dual Engine Fast Charging

Selain memiliki daya tahan baterai yang baik, ponsel ini juga dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat Dual Engine Fast Charging. Dengan teknologi ini, Vivo V17 Pro dapat mengisi baterainya dengan cepat. Menurut Indiatoday, Vivo V17 Pro dapat terisi penuh hanya dalam waktu 90 menit, yang tergolong cepat.

Kekurangan Vivo V17 Pro

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Vivo V17 Pro juga memiliki beberapa kekurangan. Apa saja kekurangan tersebut? Berikut adalah beberapa kekurangan dari Vivo V17 Pro:

Masih Menggunakan Snapdragon 675

Vivo V17 Pro menggunakan chipset Snapdragon 675. Chipset ini terdiri dari delapan inti prosesor, yaitu dua inti prosesor Kryo 460 Gold 2.0 GHz untuk kinerja tinggi dan enam inti prosesor Kryo 460 Silver 1.7 GHz. GPU yang digunakan adalah Adreno 612. Dengan spesifikasi tersebut, Vivo V17 Pro mencapai skor Antutu sekitar 210 ribu.

Meskipun skor Antutu tersebut menunjukkan performa yang baik untuk bermain game, penggunaan Snapdragon 675 pada ponsel ini terasa tidak spesial. Hal ini disebabkan karena chipset Snapdragon 675 juga digunakan pada Vivo V15 Pro. Dengan demikian, tidak ada peningkatan performa yang signifikan dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Audio dengan Speaker Mono

Salah satu kekurangan lain dari Vivo V17 Pro adalah pada speaker. Ponsel ini hanya dilengkapi dengan satu speaker mono. Di kelas harga ponsel ini, kehadiran speaker mono menjadi kekurangan karena banyak ponsel lain di kelas harga yang bahkan memiliki speaker stereo.

Funtouch OS yang Kurang Memuaskan

Kekurangan lain dari Vivo V17 Pro terletak pada antarmuka pengguna Funtouch OS. Antarmuka ini terasa kurang nyaman. Seperti yang dikatakan oleh AndroidAuthority, Funtouch OS bukanlah antarmuka yang menyenangkan dan terkadang terasa seperti salinan dari iOS.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Vivo V17 Pro adalah ponsel yang menarik. Ponsel ini menawarkan banyak kelebihan, terutama di sektor kamera. Namun, jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, yaitu Vivo V15 Pro, tidak ada peningkatan yang signifikan pada sektor lainnya.

Vivo V17 Pro lebih cocok bagi pengguna yang memprioritaskan kamera yang unggul. Sebagai catatan, jika Anda sudah memiliki Vivo V15 Pro, mungkin agak disayangkan untuk membeli ponsel ini. Jika Anda berminat membeli Vivo V17 Pro, silakan beli melalui toko online melalui link yang tersedia.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn