Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y12i

HP Vivo
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Vivo Y12i
  • Rilis Juli 2020
  • Layar 6.35 inch IPS LCD ~268 ppi
  • Chipset Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
  • GPU Adreno 505
  • Internal 3/32 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 13 MP, 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 10W
Selengkapnya : Spesifikasi dan Harga Vivo Y12i
Vivo Y12i merupakan salah satu ponsel yang terjangkau yang ditawarkan oleh Vivo. Dengan harga yang terjangkau, Vivo Y12i menawarkan sejumlah fitur menarik. Namun, seperti halnya perangkat lainnya, Vivo Y12i juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya. Dalam artikel ini, kita akan membahas kelebihan dan kekurangan Vivo Y12i.

Kelebihan Vivo Y12i

Meskipun memiliki harga yang terjangkau, Vivo Y12i menawarkan sejumlah fitur menarik yang membuatnya layak dipertimbangkan sebagai pilihan bagi pengguna dengan anggaran terbatas. Berikut ini adalah daftar kelebihannya:

Desain yang Elegan

Vivo Y12i memiliki desain yang menarik dengan bodi ramping berbahan polikarbonat dan tampilan yang bersih. Desain ergonomisnya membuatnya nyaman digenggam dan digunakan dalam waktu yang lama.

Panel Layar yang Luas

Vivo Y12i dilengkapi dengan layar IPS LCD berukuran 6,51 inci dengan resolusi HD+. Layar yang luas ini memberikan pengalaman menonton yang baik, baik saat menonton video, bermain game, maupun menjelajahi konten online. Meskipun resolusinya bukan yang tertinggi di kelasnya, tetapi tetap mampu memberikan tampilan yang jelas dan tajam.

Kinerja yang Handal

Vivo Y12i ditenagai oleh chipset MediaTek Helio P35 dan RAM 3GB. Meskipun tidak termasuk dalam kategori perangkat kelas atas, Vivo Y12i mampu menjalankan aplikasi sehari-hari dan tugas multitasking dengan lancar. Chipset yang cukup tangguh ini mampu menghadapi tugas-tugas harian seperti menjalankan aplikasi media sosial, browsing web, atau bermain game ringan tanpa masalah.

Kapasitas Penyimpanan yang Luas

Vivo Y12i dilengkapi dengan penyimpanan internal 32GB yang dapat diperluas hingga 256GB dengan kartu microSD. Ini memberikan ruang yang cukup untuk menyimpan berbagai file, foto, video, dan aplikasi tanpa khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Kamera Berkualitas

Vivo Y12i dilengkapi dengan kamera belakang ganda, yaitu kamera utama 13MP dan kamera kedalaman 2MP. Kamera ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang baik dalam berbagai kondisi pencahayaan. Fitur-fitur seperti mode malam, mode potret, dan perekaman video hingga 1080p juga hadir untuk memungkinkan pengguna mengambil foto dan video yang lebih kreatif.

Baterai Berkapasitas Besar

Salah satu kelebihan Vivo Y12i adalah baterainya yang berkapasitas 5000mAh yang cukup besar. Dengan kapasitas baterai yang besar ini, perangkat ini dapat bertahan sepanjang hari dengan penggunaan normal. Anda tidak perlu khawatir kehabisan daya ketika sedang menggunakan ponsel untuk kegiatan sehari-hari.

Dilengkapi Fitur-Fitur Tambahan

Vivo Y12i dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan yang berguna. Misalnya, pemindai sidik jari di bagian belakang untuk keamanan perangkat yang cepat dan mudah, radio FM untuk mendengarkan siaran radio favorit, dan konektor jack audio 3,5 mm untuk mendengarkan musik dengan earphone tradisional. Selain itu, Vivo Y12i juga mendukung teknologi Dual SIM, yang memungkinkan pengguna menggunakan dua kartu SIM secara bersamaan.

User Interface yang Mudah Digunakan

Vivo Y12i menggunakan antarmuka pengguna Funtouch OS yang didasarkan pada sistem operasi Android. Antarmuka ini menawarkan pengalaman pengguna yang intuitif dan mudah digunakan, dengan berbagai fitur dan pengaturan yang dapat disesuaikan sesuai dengan preferensi pengguna.

Harga yang Terjangkau

Salah satu kelebihan utama Vivo Y12i adalah harganya yang terjangkau. Dengan kisaran harga yang lebih rendah dibandingkan dengan perangkat sekelasnya, Vivo Y12i merupakan pilihan yang baik bagi pengguna dengan anggaran terbatas yang ingin memiliki ponsel dengan fitur-fitur yang cukup lengkap.

Kekurangan Vivo Y12i

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, seperti desain menarik, layar luas, dan baterai besar, Vivo Y12i juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya:

Kinerja Masih Terbatas

Vivo Y12i memiliki kinerja yang terbatas. Meskipun menggunakan chipset MediaTek Helio P35 dan RAM 3GB, perangkat ini mungkin mengalami keterbatasan dan kinerja yang lambat saat digunakan untuk tugas yang lebih berat, seperti menjalankan game berat atau aplikasi yang membutuhkan daya komputasi tinggi. Jika Anda menginginkan kinerja yang cepat dan responsif, Vivo Y12i mungkin bukan pilihan terbaik.

Resolusi Layar Rendah

Meskipun layar Vivo Y12i cukup luas dengan ukuran 6,51 inci, resolusinya hanya HD+ (720 x 1600 piksel). Meskipun masih dapat memberikan tampilan yang cukup jelas dan tajam, resolusi rendah dapat mengakibatkan kurangnya detail dan ketajaman pada konten visual, terutama saat melihat teks atau gambar dengan ukuran kecil.

Kualitas Kamera Terbatas

Vivo Y12i dilengkapi dengan kamera belakang ganda, yaitu kamera utama 13MP dan kamera kedalaman 2MP. Meskipun kamera ini dapat menghasilkan foto yang baik dalam kondisi pencahayaan yang baik, kualitas fotografi mungkin kurang memuaskan dalam situasi pencahayaan yang rendah. Selain itu, fitur-fitur fotografi yang lebih canggih seperti mode malam atau mode potret mungkin kurang optimal pada Vivo Y12i.

Antarmuka Pengguna yang Kurang Menarik

Vivo Y12i menggunakan antarmuka Funtouch OS yang didasarkan pada sistem operasi Android. Meskipun antarmuka ini menawarkan sejumlah fitur dan pengaturan yang dapat disesuaikan, beberapa pengguna mungkin menganggap antarmuka ini kurang intuitif dan terlalu berbeda dengan antarmuka Android murni. Selain itu, adanya bloatware (aplikasi yang tidak diperlukan) yang sudah terinstal di perangkat juga dapat mengganggu pengalaman pengguna.

Tidak Dilengkapi Fitur NFC

Vivo Y12i tidak mendukung teknologi NFC (Near Field Communication). NFC adalah fitur yang semakin populer, digunakan untuk berbagai keperluan seperti pembayaran nirkontak atau berbagi file dengan cepat. Ketidakhadirannya dalam Vivo Y12i dapat menjadi kekurangan bagi pengguna yang menginginkan kemampuan NFC pada perangkat mereka.

Kualitas Audio yang Kurang Memuaskan

Meskipun Vivo Y12i dilengkapi dengan speaker yang cukup baik, kualitas suara yang dihasilkan mungkin tidak selalu memuaskan. Suara dapat terdengar agak tinny atau kurang kaya dalam hal kedalaman dan detail. Jika Anda mengutamakan kualitas suara yang baik, mungkin perlu mempertimbangkan opsi lain.

Kurangnya Pembaruan Perangkat Lunak: Vivo tidak terkenal dengan dukungan pembaruan perangkat lunak yang konsisten dan cepat. Hal ini berarti Vivo Y12i mungkin tidak menerima pembaruan perangkat lunak secara rutin atau dalam jangka waktu yang lama, yang dapat mempengaruhi pengalaman pengguna dalam hal keamanan dan fitur terbaru.

Kesimpulan

Vivo Y12i adalah ponsel yang terjangkau dengan beberapa kelebihan, tetapi juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Kinerja terbatas, resolusi layar rendah, kualitas kamera terbatas, antarmuka pengguna yang kurang menarik, ketidakmampuan NFC, kualitas suara yang kurang memuaskan, dan kurangnya pembaruan perangkat lunak adalah beberapa kekurangan Vivo Y12i. Penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi sebelum memutuskan apakah Vivo Y12i merupakan pilihan yang tepat. Jika Anda menginginkan kinerja yang lebih tinggi, tampilan yang lebih tajam, kualitas kamera yang lebih baik, atau fitur-fitur seperti NFC, mungkin perlu mempertimbangkan pilihan lain yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda di pasar.